Snake Eyes merupakan film yang digadang-gadang akan memulai ulang waralaba G.I. Joe. Film ini menceritakan asal usul karakter Snake Eyes dan awal mula perselisihannya dengan Storm Shadow. Walau tidak sepenuhnya diadaptasi dari materi aslinya, filmnya tetap berfokus pada pertempuran antara G.I. Joe dan Cobra seperti di komiknya. Di akhir film, Snake Eyes ingin mencari Tommy alias Storm Shadow yang pergi meninggalkan klan, sebelum akhirnya bergabung dengan G.I. Joe.

Di awal film, Snake Eyes yang berhasil menyelamatkan Tommy dibawa ke markas klan Arashikage di Jepang. Di sana Snake mengetahui bahwa Tommy adalah pewaris klan ninja Arashikage yang telah melindungi Bumi sejak 600 tahun yang lalu. Kemudian dia mulai berlatih sebagai ninja di markas Arashikage tersebut, dengan bimbingan Sen (Eri Ishida) dan dua master andalannya yaitu Blind Master (Peter Mensah) dan Hard Master (Iko Uwais). Tampaknya sebagai Hard Master, Iko Uwais memerankan peran yang penting di film Snake Eyes, tetapi apakah karakternya akan kembali di Snake Eyes2?

Dengan status Hard Master di klan Arashikage, kemungkinan besar dia akan kembali di film sekuelnya nanti. Hard Master adalah satu dari dua kepercayaan Sen yang setia terhadap klan, di awal film juga dia adalah orang yang mengetes kelayakan Snake dengan misi mangkuk air. Hard Master mempunyai karakter yang keras dan suka bercanda, tetapi dia selalu serius saat memegang nilai-nilai Arashikage. Hal itu yang membuatnya bisa menjadi pemimpin klan Arashikage berikutnya, seperti kisahnya di komik G.I. Joe.

Di komik G.I. Joe, Hard Master adalah pemimpin klan Arashikage yang telah melatih banyak ninja, termasuk Snake Eyes dan Storm Shadow, jadi kehebatannya sudah tidak diragukan lagi. Jika di film Snake Eyes 2 nanti Hard Master mengambil alih kepemimpinan klan atas perintah Sen, kemungkinan dia akan memainkan peran yang jauh lebih penting lagi di film sekuelnya. Hubungannya dengan Snake dapat dibangun lebih dalam lagi di sekuelnya nanti. Bahkan jika ingin mengambil materi lebih jauh lagi dari komiknya, kematian Hard Master bisa diadaptasi untuk membangun cerita yang lebih dramatis terhadap kehidupan Snake Eyes dan perselisihannya dengan Storm Shadow.

Saat Hard Master tewas dibunuh oleh seorang anggota Cobra bernama Zartan di komik G.I. Joe, Snake Eyes dan Storm Shadow sempat saling menyalahkan dan membuat pertikaian mereka makin panas. Jika cerita ini di adaptasi di Snake Eyes 2 nanti, kematian Hard Master oleh Zartan akan membuat sekuelnya makin menarik lagi, sekaligus membuka jalan untuk film-film G.I. Joe berikutnya karena melibatkan Zartan dan organisasi Cobra. Bisa saja akhir film ditutup dengan kematian Hard Master dan Snake Eyes yang ingin membalaskan dendam pada orang yang telah membunuhnya, dan itu menjadi fondasi awal mengapa Snake membenci Cobra dan segera bergabung dengan G.I. Joe.

Sementara belum jelas apakah Snake Eyes 2 akan dibuat, tetapi misi Snake untuk mencari Tommy bisa saja dikembangkan untuk plot sekuel tersebut, sebelum akhirnya ditutup dengan kematian Hard Master. Atau bisa saja akhir Snake Eyes 2 memperlihatkan keruntuhan klan Arashikage sementara Hard Master masih hidup, dia bisa saja menjadi mentor berjalan bagi Snake Eyes di film-film G.I. Joe berikutnya. Apa pun itu, yang jelas peran Iko Uwais sebagai Hard Master sangat sayang jika tidak dikembangkan, karakternya mempunyai potensi untuk diekplorasi pada masa depan waralaba G.I. Joe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.