Tony Stark alias Iron Man adalah salah satu karakter sentral sekaligus karakter pertama yang membangun Marvel Cinematic Universe. Setelah kematian heroiknya di film Avengers: Endgame, dengan melakukan pengorbanan agar Thanos dan pasukannya musnah, banyak penggemar yang merasa kehilangan sosok penting di MCU ini. Bukan hanya penggemarnya saja yang merasa kehilangan, bahkan para anggota Avengers lain yang bertempur bersamanya di akhir Infinity Saga. Sekarang dengan terbukanya multiverse di Fase 4 MCU, apakah Iron Man dapat kembali di MCU?

Akhir serial Loki season 1, memperlihatkan Silvie yang membunuh He Who Remains dan menyebabkan Sacred Timeline pecah, akibatnya banyak cabang timeline yang tercipta dengan cerita dan karakternya masing-masing. Hal ini secara tidak langsung membuka kemungkinan untuk kembalinya Iron Man di Sacred Timeline, baik Iron Man lama maupun Iron Man baru. Contoh kejadian cabang timeline bahkan diperlihatkan di serial animasi What If…?, di mana Steve Rogers yang gagal menjadi Captain America, menggunakan armor besi pertama yang mirip dengan armor Iron Man mark I.

Sementara armor tersebut dibuat oleh ayah Tony yaitu Howard Stark, armor yang diberi nama Hydra Stomper ini mempunyai kemampuan yang mirip seperti Iron Man, hanya saja ditenagai oleh Tesseract. Jadi bisa saja perkembangannya nanti Steve Rogers menemukan tenaga lain yang bisa menghidupkan armornya tanpa Tesseract. Di sisi lain, dengan terbukanya multiverse yang berpotensi menghadirkan varian Kang lain, potensi kemunculan Iron Lad sama besarnya dengan kemunculan Kang the Conqueror. Iron Lad adalah Kang muda yang mengenakan kostum canggih yang mirip dengan Iron Man.

Mempunyai nama asli Nathaniel Richards, Iron Lad mengenakan kostum dari abad 31 yang jauh lebih canggih dari kostum Iron Man biasa. Iron Lad melakukan debutnya di komik Young Avengers #1 pada tahun 2005, sejak kemunculannya sebagai salah satu anggota Young Avengers, banyak penggemar yang merasa bahwa Iron Lad adalah karakter yang cocok untuk menjadi penerus Iron Man. Cerita yang sama bisa saja diadaptasi ke MCU, di mana Iron Lad hadir mengisi kekosongan yang ditinggalkan Tony Stark. Dan mungkin akan banyak penggemar yang setuju dengan hal itu.

Ditambah lagi, kabarnya Disney juga sedang mengembangkan tayangan serial lain yang akan menceritakan karakter Ironheart, salah satu penerus Iron Man yang asli. Dengan dikonfirmasinya aktris cilik Dominique Thorne sebagai Riri Williams alias Ironheart, sudah dipastikan bahwa Ironheart akan menjadi bagian dari Fase 4 MCU. Sekarang tinggal bagaimana, Marvel Studios membangun karakternya sebagai penerus Iron Man Tony Stark, bisa saja dengan A.I. Tony yang membimbing Riri, atau flashback Riri yang sudah dibimbing sejak lama oleh Tony.

Dengan kehadiran banyak Iron Man lain di masing-masing timeline maupun di Sacred Timeline, sekarang besar sekali potensi Iron Man untuk kembali di Marvel Cinematic Universe, walaupun bukan versi Tony Stark. Atau jika memang harus tetap Tony Stark, sekarang dengan adanya multiverse, hal tersebut bukan hal yang mustahil. Tony dari timeline lain bisa saja menyebrang ke Sacred Timeline dan mengambil alih posisinya kembali sebagai Iron Man. Siapa pun itu, cukup jelas bahwa posisi Iron Man dipastikan tidak akan kosong lagi pada masa depan MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.