Captain America adalah pahlawan super ikonik dari Marvel. Hampir semua literasi Marvel mempunyai Captain America-nya sendiri. Steve Rogers adalah pemegang identitas Captain America yang paling terkenal, baik di Marvel Comics maupun di Marvel Cinematic Universe. Setelah kepergiannya di Avengers: Endgame karena memutuskan untuk hidup menua bersama Peggy Carter di timeline lain, identitas Captain America berikutnya diambil alih oleh Sam Wilson.

Sam mengukuhkan posisinya sebagai Captain America baru di serial The Falcon and the Winter Soldier yang tayang di Disney+ beberapa bulan lalu. Namun, dengan terbukanya multiverse di akhir serial Loki season 1, ada banyak kemungkinan Captain America lain yang bisa muncul. Salah satunya yang sudah dikonfirmasi adalah Captain Carter dari serial What If…?, yang menggantikan Steve menerima serum prajurit super di realitas alternatif. Selain Steve Rogers, Sam Wilson, dan Peggy Carter, berikut Captain America lain di Marvel Comics yang akan menarik dan keren jika muncul di MCU kedepannya! Siapa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Daniella Cage

Daniella adalah anak dari dua pahlawan super yaitu Luke Cage dan Jessica Jones. Dengan darah dari kedua orang tuanya, Daniella mewarisi kekuatan yang luar biasa, apalagi sejak dia mengambil identitas sebagai Captain America. Di komik U.S. Avengers #2-3 pada tahun 2017, Daniella bersama musuh bebuyutannya Golden Skull pergi ke masa depan dan terjebak di timeline utama Marvel. Sebagai Captain America, Daniella mempunyai kekuatan yang sama seperti Steve, yaitu kekuatan dan kecepatan yang ditingkatkan. Selain itu Daniella Cage juga memiliki healing factor yang membuatnya kebal terhadap luka-luka kecil.

Kiyoshi Morales

Pada masa depan Marvel Comics, seorang pemuda keturunan Luke Cage bernama Kiyoshi Morales mengambil identitas Captain America baru. Namun, ia lebih dikenal sebagai Commander A. Berbeda dengan kebanyakan Captain America yang menggunakan perisai asli, Kiyoshi memakai dua buah perisai energi yang tidak kalah hebatnya dari perisai lama, salah satunya bahkan merupakan replika dari perisai Captain America pertama. Penampilan Kiyoshi sebagai Captain America terlihat lebih futuristik dibandingkan dengan Captain America lainnya, sehingga akan sangat menarik untuk melihatnya di MCU.

Samantha Wilson

Di alam semesta di mana Gwen Stacy adalah Spider-Man, Samantha Wilson adalah salah satu kandidat Captain America selain Steve Rogers, Isaiah Bradley, dan Bucky Barnes. Namun saat Nazi menyerang Project Rebirth, Samantha adalah satu-satunya yang selamat dan menjadi calon tunggal Captain America. Sayangnya, tidak lama setelah menjadi Captain America, dia harus terjebak di antara dimensi paralel selama 75 tahun, kisah yang hampir mirip seperti Steve Rogers, sampai akhirnya dia berhasil kembali dan bergabung dengan S.H.I.E.L.D. dan mulai membela kebenaran dengan membantu menciptakan dunia yang lebih baik lagi.

Shannon Carter

Shannon Carter merupakan keponakan dari Sharon Carter. Ia tumbuh sebagai karakter yang sangat mengidolakan Captain America. Dan saat dia dewasa, Shannon menjadi Captain America yang baru setelah dirinya berusaha keras untuk mencapai hal tersebut. Menamai dirinya sebagai American Dream, Shannon berhasil menembus batas fisiknya dan diundang untuk menjadi anggota Avengers baru. Saat Steve bertemu dan diselamatkan oleh Shannon, Steve mengakui kelayakan Shannon dan mewariskan perisai miliknya kepada Shannon.

Zombie Captain America

Di komik Marvel Zombies dan Marvel Zombies 2, diceritakan bahwa wabah penyakit menyerang Bumi dan mengubah para pahlawan menjadi zombi, tanpa terkecuali Steve Rogers. Sampai akhirnya rasa lapar Zombie Cap terpuaskan, kepribadian asli Steve muncul kembali dan dia merasa sangat bersalah serta malu atas apa yang telah dia perbuat. Sayangnya, dia tidak pernah bisa menebus kesalahannya sendiri dan menyesal sampai akhir hidupnya. Baru-baru ini, bahkan trailer What If…? memperlihatkan Zombie Cap yang kemungkinan akan muncul di salah satu episode animasinya, mengisyaratkan bahwa kemungkinan seperti Zombie Cap pun bisa terjadi di MCU.

5 Captain America Local 

Di komik United States of Captain America yang saat ini sedang berlangsung, ada lima orang Captain America lokal yang diperkenalkan. Masing-masing dari mereka mewakili budaya dan kelompoknya sendiri, dan mereka memiliki julukannya masing-masing. Aaron Fischer misalnya yang dijuluki Defender of the Destitute atau pembela kaum miskin. Juga, ada Nichelle Wright yang dijuluki Vanguard of a Brighter Future, Joe Gomez yang dijuluki Champion of the Overlooked, Ari Agbayani yang dijuluki A Bully’s Worst Nightmare, dan yang terakhir adalah Jeremy Merrick yang dijuluki Protector of Soldiers, seorang kapten militer tentara Amerika yang membela sesamanya. Tentunya jika mereka dapat muncul di MCU, mereka akan memberikan warna baru.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.