Uatu the Watcher pertama kali muncul di komik Fantastic Four #13 karya Stan Lee dan Jack Kirby pada tahun 1963. Dia mengawasi pertarungan antara Fantastic Four dan Red Ghost di bulan. Kisah ini sekaligus menetapkan Uatu sebagai makhluk misterius dengan kekuatan kosmik yang tidak dapat diketahui, meskipun pada akhirnya dia terungkap sebagai anggota tunggal dari ras alien kuno yang perkasa. Sejak saat itu dia sering menjadi narator di beberapa cerita Marvel Comics, termasuk komik What If…?, dan sekarang dia kembali menjadi narator di serial What If…? yang sedang tayang di Disney+.

Di episode perdana serial animasi What If…?, Uatu The Watcher yang disuarakan oleh Jeffrey Wright, mengundang penonton untuk bergabung dengannya dalam mengamati dunia di mana Peggy Carter (Hayley Atwell) menjadi prajurit super pertama di dunia menggantikan Steve Rogers. Namun, sebenarnya Uatu mampu melakukan lebih dari sekadar membawakan narasi sederhana, meski jarang berperan aktif dalam peristiwa yang dia amati, sepertinya dia harus mengambil langkah drastis di akhir serial ini. Berikut uraian mengenai Uatu the Watcher dan kekuatan fantastis yang dimiliki olehnya!

Watcher di Marvel Comics

Tidak diketahui secara pasti berapa usia para Watcher, tetapi yang jelas mereka mampu melakukan perjalanan antarplanet miliaran tahun sebelum ras lain lahir. Setelah memecahkan sebagian masalah di planet asal mereka, para Watcher pergi melihat ke alam semesta dan memutuskan bahwa tugas mereka adalah untuk berbagi teknologi dan pengetahuan mereka. Ketika upaya pertama mereka justru menghasilkan perang nuklir yang menghancurkan planet Prosilicus, para Watcher kemudian bersumpah untuk tidak pernah lagi ikut campur dalam urusan ras lain.

Uatu adalah Watcher yang ditugaskan di Bumi, tetapi dia terbukti melanggar sumpahnya beberapa kali di komik Age of Heroes. Sementara pertemuan pertamanya dengan Fantastic Four dan Red Ghost dianggap sebagai pertahanan diri, dia kemudian mendekati Fantastic Four untuk memperingatkan mereka tentang ancaman dari Molecule Man dan Kang the Conqueror. Pada akhirnya Uatu lebih dari sekadar memberi peringatan, dia mengambil peran aktif dalam pertahanan Bumi selama pertempuran dengan Galactus dengan membantu Fantastic Four untuk mendapatkan Ultimate Nullifier.

Kekuatan Watcher

Jika pengetahuan adalah kekuatan, maka Uatu adalah mahkluk terkuat di alam semesta. Sama seperti semua Watcher, Uatu adalah maha tahu dan memiliki kesadaran kosmik atas apa yang telah terjadi, sedang terjadi, dan mungkin terjadi. Terlepas dari pengetahuan fantastisnya, Uatu juga merupakan pengguna energi psionik yang kuat, mampu menggerakkan objek dengan pikiran, membaca pikiran makhluk hidup mana pun, memproyeksikan pikirannya ke pikiran orang lain, dan mengubah persepsi mereka dengan mudah.

Uatu juga dapat berteleportasi ke mana saja sesuka hati dia, dia bisa mengubah bentuk fisiknya seukuran manusia. Dia dapat memanipulasi energi hampir seperti Galactus. Selain kemampuan luar biasanya, Uatu juga memiliki tubuh yang sebagian besar kebal, abadi, dan dapat menyembuhkan lukanya hanya dengan menggunakan kekuatan pikiran. Bahkan bisa dikatakan bahwa Watcher dapat mengubah kenyataan sesuka hati dan bisa terus bangkit dari kematian, sampai dirinya memilih untuk benar-benar mati.

Watcher dan Kekuasaannya di What If…?

Mengingat kekuatan kosmik dan keabadian mereka yang fenomenal, Watcher adalah makhluk pasif yang menganggap diri mereka di atas semua makhluk hidup. Uatu adalah Watcher yang paling sering melanggar sumpahnya untuk tidak ikut campur dalam urusan ras lain. Hal ini karena Uatu telah mengembangkan rasa suka pada makhluk yang diamatinya. Watcher bahkan pernah diadili lebih dari satu kali karena melanggar sumpahnya sebagai Watcher dan juga pernah dilucuti dari kekuasaannya pada satu kesempatan.

Masih harus dilihat apakah Uatu di serial What If…? akan terus menjadi narator pasif seperti di komik What If…?, atau pada akhirnya dia mungkin akan mengambil peran yang lebih besar daripada sekadar narator. Mengingat keadaan di Marvel Cinematic Universe saat ini, dengan multiverse yang pecah di akhir serial Loki season 1 dan semua ancaman Fase 4 MCU yang akan datang, sepertinya Uatu mungkin harus sekali lagi melanggar sumpahnya untuk melindungi alam semesta, khususnya Bumi. Karena jika Bumi dan alam semestanya hancur, apa yang harus dia amati lagi?

*Catatan: artikel ini lebih dulu tampil dan disadur dari Screenrant.com oleh Matt Morrison

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.