Diperkenalkan di film Spider-Man: Far From Home pada tahun 2019, Quentin Beck alias Mysterio (Jake Gyllenhaal) memperkenalkan dirinya sebagai sekutu Peter Parker (Tom Holland) yang konon berasal dari dimensi lain. Tetapi, seperti yang diketahui penggemar Marvel Universe sejak awal, hal itu adalah sebuah kebohongan. Quenting hanyalah seorang mantan karyawan Stark Industries yang tidak puas dan ingin mencuri E.D.I.T.H. milik Tony Stark (Robert Downey Jr.), yang diwariskan kepada Peter sebagai anak didiknya.

Film Spider-Man: Far From Home ditutup dengan Mysterio yang mengungkap identitas asli Spider-Man, dan menuduh Peter sebagai pembunuh dirinya. Sementara awalnya film ketiga Spiderman MCU yang berjudul Spider-Man: No Way Home diharapkan untuk menangani masalah tersebut, justru rumor yang akhir-akhir beredar mengatakan bahwa film ketiga Spider-Man akan mengangkat tema Spider-Verse. Beberapa karakter dari waralaba Spider-Man sebelumnya sudah dipastikan akan kembali, ditambah lagi film ini juga akan terhubung ke Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Namun, terlepas dari fakta bahwa Spider-Man: No Way Home akan menyinggung kejadian multiverse, dan juga fakta bahwa Quentin telah mati di Far From Home, sebuah suvenir pemasaran No Way Home justru mengungkapkan peran Mysterio di filmnya nanti. Setelah pengungkapan identitas rahasia Spider-Man oleh Mysterio, tampaknya di film ketiga nanti masyarakat akan terbagi menjadi dua, mereka yang percaya pada kebohongan Mysterio dan mereka yang berpihak pada Spider-Man. Dan bagi yang mempercayai Mysterio, mereka akan membuat logo dan slogan bertuliskan “We Believe Mysterio”, seperti yang terlihat di suvenir pemasaran No Way Home.

Marvel Studios tentu saja tidak bisa mengabaikan ending Spider-Man: Far From Home, walaupun ancaman multiverse yang harus dihadapi Peter jauh lebih besar dari masalah pribadinya. Seperti yang terlihat di akhir serial Loki season 1, multiverse yang tak terhitung jumlahnya sudah saling tumpang tindih, dan dapat berakibat pada perang mutiverse berikutnya. Mengingat hal ini, Marvel Studios perlu menemukan cara untuk memadukan kedua narasi tersebut di film Spider-Man: No Way Home nanti.

Sangat mengherankan melihat beberapa cerita yang dibawa oleh Mysterio, pada akhirnya menjadi faktor penting dalam proyek MCU kedepannya. Seperti yang kita tahu, dia berbohong menganai dirinya yang berasal dari universe lain, dan sekarang multiverse MCU terbukti benar-benar ada. Mengatasi Spider-Verse itu sendiri sudah merupakan tugas besar bagi Peter, maka dari itu dia akan sangat membutuhkan semua bantuan yang bisa dia dapatkan, termasuk dengan menghubungi Doctor Strange (Benedict Cumberbatch), untuk meminta bantuan Sanctum Sanctorum setelah identitasnya terungkap.

Melanjutkan akhir cerita Far From Home di No Way Home mendatang bukan berarti Marvel Studios harus mengubah cerita dengan menghidupkan kembali Mysterio. Penjahat tersebut telah melakukan kerusakan besar dengan mengungkapkan identitas Spider-Man dan menjebaknya atas kematian dirinya. Peter akan terus dihantui olehnya bahkan tanpa kehadiran fisik Mysterio. Ditambah lagi, sekarang banyak masyarakat yang percaya kepada Mysterio, dan hal tersebut akan menjadi ancaman yang cukup berdampak untuk petualangan Peter Parker di Spider-Man: No Way Home nanti.

*Catatan: artikel ini lebih dulu tampil dan disadur dari Screenrant.com oleh Ana Dumaraog

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.