Ada banyak pertanyaan penggemar tentang siapa karakter terkuat antara Broly dan Jiren. Jiren adalah pejuang terkuat dari Semesta 11, dan ia adalah lawan terakhir Goku di Turnamen Kekuatan. Meskipun awalnya Jigen digambarkan sebagai pelindung di Semesta 11, tetapi Jiren menjadi villain setelah ia melancarkan serangan mematikan kearah penonton di Turnamen Kekuatan. Serangan itu dilakukan karena Jiren takut akan kekalahan

Setelah pertarungan Goku dengan Jiren, Goku dan Vegeta harus bekerja sama melawan sesama Saiyan di film Dragon Ball Super: Broly. Film tersebut memperlihatkan saat Frieza memiliki niat jahat untuk membuat Goku dan Vegeta bertarung melawan Broly, seorang Saiyan yang mampu mengakses tingkat kekuatan yang sangat besar. Setelah melihat kemampuan Broly, Frieza percaya bahwa ia dapat memanfaatkan Broly untuk membalaskan dendamnya terhadap Goku dan Vegeta.

Ketika Goku dan Vegeta harus melawan Broly, mereka berdua tidak dapat mengalahkannya dalam bentuk Super Saiyan biasa. Mereka berdua bahkan harus mengakses Super Saiyan Blue Gogeta untuk mengalahkan secara bersama-sama. Akhirnya di akhir film, Broly berhasil dikalahkan. Biasanya, franchise Dragon Ball akan menghadirkan formula yang sama, di mana setiap villain baru yang muncul, akan lebih kuat dari sebelumnya. Dengan logika itu, Broly seharusnya lebih unggul dari Jiren.

Tapi ada kasus yang unik. Pasalnya Goku harus mengakses kekuatan Ultra Instinct untuk mengalahkan Jiren, tetapi Goku tidak dapat mencapai level Ultra Instinct saat melawan Broly. Jadi tidak jelas apakah kekuatan Ultra Instinct mampu untuk mengalahkan Broly atau tidak. Sementara film Dragon Ball Super: Broly tidak memberikan jawaban yang jelas tentang karakter mana yang lebih kuat. Tetapi beberapa pertarungan sebelumnya menunjukkan bahwa Jiren adalah yang terkuat.

Pentunjuk itu muncul saat Turnament Kekuatan, di mana saat Jiren masih memiliki kekuatan penuh, Jiren mampu mengalahkan Golden Frieza hanya dengan satu pukulan. Kejadian berbeda terjadi saat Broly melawan Golden Frieza. Sambil menunggu Goku dan Vegeta kembali dari berlatih teknik fusion mereka, Frieza harus melawan Broly selama satu jam penuh. Faktanya Broly tidak bisa menyakiti Frieza, apalagi untuk menang. Pertarungan tersebut membuktikan bahwa Frieza dapat bertahan lebih lama saat bertarung dengan Broly dibanding dengan saat bertarung dengan Jiren. Itu membuktikan bahwa Jiren lebih kuat dari Broly.

Goku sendiri mengatakan bahwa Broly mungkin lebih kuat dari Beerus. Tetapi harus diingat bahwa Goku juga pernah mengatakan bahwa Beerus sangat mudah dikalahkan oleh Jiren. Jika itu benar, maka Jiren memiliki kekuatan dewa, dan benar-benar bisa membuat semua karakter lain dikalahkan dengan mudah oleh Jiren. Jika Jiren harus melawan Broly, sangat masuk akal jika Jiren yang lebih berpengalaman akan memenangkan pertarungan tersebut.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.