Terlepas dari Batman yang memperingatkan Amanda Waller bahwa dia akan “menutup” Task Force jika dia tidak melakukannya, ternyata Batman sendiri tidak terlihat di film The Suicide Squad Squad. Lalu, di mana posisinya? Film ini memang bukan sekuel langsung dari film sebelumnya, namun merubah dari apa yang ada dan melanjutkannya dalam timelineyang sama.

Buktinya adalah Captain Boomerang bertanya kepada Harley bagaimana dia bisa kembali brgabung dengan tim bentukan pemerintah ini. Berdasarkan hal tersebut, pertanyaanya kemudian bagaimana kelompok ini masih tetap ada, meskipun di akhir film sebelumnya Bruce Wayne sudah memberikan ultimatum terhadap Amanda Waller untuk menghentikan program tersebut.

Dan Amanda Waller sendiri mengetahui fakta tentang identitas rahasia dari Bruce Wayne. Dengan dibentuk kembali tim Task Force X, artinya Amanda Waller tidak mengindahkan peringatan dari Batman, dan hal ini tidak sempat dihadirkan di filmnya. Alasan yang paling logis mengapa kemudian Batman “absen” di filmnya adalah karena Ben Affleck sudah menyerahkan peran tersebut kepada Robert Pattinson.

Karena hal itu, untuk sekedar muncul sebagai camo pun dirasa sangat sulit. Jika kemudian Ben Affleck muncul di filmnya, hal ini akan menimbulkan kebingungan di kalangan fans saat Robert Pattinson muncul. Di sisi lain, menghadirkan Robert Pattinson di film ini juga akan dianggap sebagai keputusan yang aneh. Pasalnya, Robert menggambarkan sosok Bruce Wayne muda.

Tidak hadirnya Batman di film ini juga memberikan petunjuk bahwa Batman mungkin sedang melakukan sesuatu yang lebih penting. Bagaimana Amanda Waller mengumpulkan para villain untuk menghancurkanancaman yang ada memang juga sangat mengkhawatirkan. Namun, tentunya masih ada ancaman yang jauh lebih besar yang terjadi di universe tersebut pada saat itu.

Bruce Wayne & Justice League | Suicide Squad - YouTubeMungkin ini juga alasan mengapa film The Suicide Squad Squad bisa dibilang tidak menghadirkan karakter yang memiliki pengaruh besar. Di film sebelumnya kita bisa melihat Batman, Joker, dan bahkan Enchantress. Tim yang baru sekarang tidak terlalu mencolok. Bahkan kejadiannya sendiri sedikit mundur di bandingkan dengan film sebelumnya, artinya bisa jadi Amanda Waller memilih para villain yang jauh lebih eksentrik untuk menghindari bertemu dengan Batman.

Absennya Batman memberikan nilai lebih bagi filmnya, di mana James Gunn bisa lebih fokus untuk menghadirkan cerita dari para karakternya yang merupakan karakter kurang populer. Dengan reaksi yang muncul tentang filmnya, bukan tidak mungkin WB akan memberikan lampu hijau untuk film Suicide Squad 3.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.