King Shark merupakan salah satu karakter yang menjadi sorotan utama dalam film The Suicide Squad karya James Gunn. Karakter yang suaranya diisi oleh Sylvester Stallone tersebut menjadi karakter yang unik dan memberikan warna yang berbeda bagi Task Force X. King Shark sendiri merupakan karakter yang bisa memangsa manusia.

Disebutkan bahwa karakter King Shark dihadirkan dengan menggunakan pendekatan dari Groot dalam film Guardians of the Galaxy, hanya saja King Shark sedikit lebih pintar. King Shark sendiri seharusnya muncul di film karya Suicide Squad David Ayer, sayangnya rencana tersebut gagal dan digantikan oleh Killer Croc. Lalu, siapa sebenarnya King Shark?

Asal-Usul King Shark

King Shark pertama kali muncul di komik Superboy Vol 4 #0 pada 1994 sebagai sosok manusia yang bernama Nanaue yang harus ditahan di Hawaii. Dia kemudian kabur dari penjara berkat bantuan sebuah sindikat kriminal. Namun, ironisnya dia justru membunuh para kriminal yang sudah membantunya kabur. Setelah kejadian itu, dia pun menjadi sosok villain di DC.

Namun, ada lagi cerita asal-usul King Shark versi lainnya. Diceritakan bahwa dia adalah anak dari seorang wanita dan dewa hiu Pasifik bernama Chondrakha. Hal inilah yang membuatnya menjadi sosok setengah dewa. Meskipun, sering kali King Shark bertindak layaknya seorang iblis dibandingkan dewa. Atas semua kejahatan dan kematian yang dia akibatkan, akhirnya dia pun dipenjara berkat bantuan rekan dari Superboy, Sam Makoa.

Ada juga teori yang menyebutkan bahwa King Shark adalah Wild Man dari Wild Lands, yang berasal dari komik Superboy. Terlepas dari bagaimana asal-usulnya, DC tetap melanjutkan gambaran tentang Nanaue sebagai makhluk setengah hiu, setengah manusia, setengah dewa dengan kemampuan dahsyat. Dalam beberapa komik Aquaman, King Shark pernah juga bertarung demi sang ayah.

Menjadi bagian dari Suicide Squad

Momen yang terjadi di Hawaii menjadikannya sebagai sosok villain epik di DC. Namun, tentunya DC memberikan kesempatan lain kepada King Shark untuk kemudian bergabung dengan tim Suicide Squad dan bekerja sama dengan orang yang memenjarakannya sebelumnya. Dengan kemampuan dahsyat yang dia miliki, menjadikannya target utama dari Amanda Waller untuk bergabung dengan Task Force X.

Selain dari kekuatan dahsyat yang sering ditemui seperti kekuatan fisik yang di atas rata-rata dan kecepatan yang luar biasa, dia juga memiliki beberapa kemampuan lain. Dengan tubuhnya yang setengah hiu, membuatnya bisa menggunakan giginya yang tajam serta kukunya untuk menghabisi musuh. Dia juga memiliki kemampuan sonar, yang membuat indranya jauh lebih peka dibandingkan manusia.

Dia juga memiliki kemampuan regenerasi dan karena dia adalah hiu, dia juga memiliki kemampuan berenang yang dahsyat. Semua kekuatan ini membuat Amanda Waller berusaha mempertahankannya, meskipun dia sering kali memakan anggota baru dari tim ini. Kemudian yang menarik adalah pada 2011, sosok Nanue sempat mendapatkan perubahan karakter di mana dia digambarkan sebagai hiu kepala palu. Namun, pada akhirnya desainnya kembali menjadi hiu putih.

King Shark Versi DCEU

DCEU sepertinya berusaha menghadirkan sosok King Shark semirip mungkin dengan versi komiknya, setidaknya untuk asal-usulnya. Diyakini bahwa King Shark versi DCEU ini merupakan keturunan dari Kamo, sosok dewa penjaga laut Hawaii. Dari segi kekuatan, Nanaue versi DCEU ini memiliki kekuatan yang dahsyat dan juga memiliki daya tahan yang tinggi. Kulitnya juga sangat sulit untuk dilukai.

Dia memiliki gigi-gigi tajam yang biasa dimiliki hiu dan memiliki cakar, yang mana menariknya lengannya tidak seperti lengan hiu. Seperti di komiknya, King Shark juga memiliki hasrat yang tinggi terhadap daging manusia. Yang berbeda dari sosok King Shark versi DCEU adalah seperti disebutkan di atas, King Shark dihadirkan seperti halnya Groot. Dia hanya mampu berbicara beberapa patah kata saja.

Masa Depan King Shark di DCEU

Sampai sejauh ini tidak ada konfirmasi atau informasi apa pun yang menyebutkan bahwa King Shark akan kembali muncul pasca film The Suicide Squad, meskipun dengan ada kemungkinan multiverse yang dihadirkan oleh film The Flash. Jika Warner Bros. cukup cerdas, mereka bisa melihat bagaimana sambutan dari Nanaue, yang mana kemudian bisa saja mereka membuat sebuah seri spinoff di HBO Max seperti seri Peacemaker yang sudah dikonfirmasi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.