Di chapter 1019 kemarin Nico Robin sempat mengatakan kepada Black Maria bahwa Sanji adalah orang yang baik. Robin juga mengatakan bahwa dia adalah “sayap sang raja bajak laut”. Apa arti dari ucapan Robin tersebut? Geeks semua mungkin sudah mengetahui bahwa kru Topi Jerami memiliki trio monster. Mereka adalah Luffy, Zoro, dan Sanji.

Meskipun begitu, sayangnya, Sanji sering kali menjadi sosok yang “underrated” dibandingkan dengan Luffy dan Zoro. Hal inilah yang kemudian disadari oleh para fans, dan sebagian fans merasa bahwa hal tersebut tidak adil bagi Sanji. Bahkan, kini kru Topi Jerami kedatangan kru baru yaitu Jinbe, yang mana kedatangan Jinbe dianggap sebagai “penganggu” dari trio monster.

Harus diakui memang, dibandingkan Zoro dan Luffy, perkembangan karakter dari Sanji jauh lebih lambat. Misalnya dari masalah kekuatan. Tidak diketahui apa yang menjadi penyebab dari hal tersebut, namun mungkin Oda sengaja melakukannya. Oda bisa jadi sengaja menunggu momen yang tepat untuk menghadirkan perkembangan karakter dari Sanji.

Contohnya adalah ketika Sanji ditahan oleh Black Maria. Sanji, yang biasanya tidak ingin melibatkan wanita, pada akhirnya mau meminta bantuan Robin. Dan ini menjadi sebuah lompatan besar bagi perkembangan karakter Sanji. Apakah artinya Sanji adalah sosok yang penting bagi Luffy? Selain Zoro, Sanji adalah sosok penting dalam hidup Luffy. Jika tidak, bagaimana mungkin Luffy rela tidak makan saat di arc Whole Cake Island. Dia juga tidak mungkin mau menyelamatkannya dari Big Mom.

Lalu, apa kaitannya dengan perkataan Robin mengenai Sanji yang merupakan “sayap sang raja bajak laut”? Menurut salah seorang fan di akun Twitter Sandman_AP, terjemahan “sayap” dari apa yang diucapkan oleh Robin sebenarnya merujuk pada 2 orang dan bukan satu orang. Hal ini bisa dilihat dari pemilihan kanji ‘sayap’ yang digunakan oleh Oda Sensei.

one piece sanji and luffy - Anime Top WallpaperYang menarik, Oda Sensei juga pernah mereferensikan Sanji dan Zoro sebagai “dua sayap” bagi Luffy di kolom SBS Volume 73. Ada kemungkinan bahwa Oda Sensei kembali menghadirkan tentap “sayap raja bajak laut” ini dikarenakan dia menyadari bagaimana reaksi para fans, terkait kehadiran sosok Jinbe di kelompok Topi Jerami. Oda menyadari bahwa para fans berpikir bahwa kehadiran Jinbe menggeser posisi Sanji sebagai sosok penting di kru Topi Jerami, seperti yang disebutkan di atas.

Namun, pada kenyataanya hal itu tidaklah benar. Melalui ucapan Nico Robin tersebut Oda seolah ingin kembali mengonfirmasi bahwa Sanji tetaplah Sanji. Dia tetap menjadi sosok penting dalam kru Topi Jerami dan bagi Luffy. Dialah salah satu sayap Luffy yang akan membawanya menjadi sosok sang raja bajak laut. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan kisah Sanji pada chapter yang akan datang.