Darkhold pada akhirnya disebutkan di akhir episode WandaVision dan kemunculannya membuat banyak fans Marvel terkejut. Meskipun begitu, sebenarnya ini bukan pertama kalinya buku kegelapan legendaris tersebut muncul di Marvel Cinematic Universe. Salinan dari bukunya sempat muncul di Agents of S.H.I.E.L.D., dan pada saat itu para fans sendiri terkejut dengan kemunculan buku tersebut.

Namun, sebagian Geeks mungkin masih ada yang belum mengetahui apa sebenarnya Darkhold. Secara singkatnya, dalam cerita komik, Darkhold merupakan “kitab suci” dari berbagai teknik dan mantra sihir kegelapan. Semua hal yang ada di buku tersebut dikumpulkan oleh Elder God Chthon, seorang sosok jahat yang sebenarnya memberikan kekuatannya kepada Wanda Maximoff saat dia lahir.

Hal tersebut dia lakukan demi membuat Wanda menjadi wadah yang sempurna baginya, ketika sewaktu-waktu Chthon membutuhkan tubuh Wanda. Meskipun sosok Chthon sendiri masih belum disebutkan di MCU, namun dengan menghadirkan buku mantra buatannya bisa menjadi langkah awal untuk memperkenalkan sosok mengerikan itu. Bisa jadi, kemunculan dari Darkhold di MCU ini menjadi jalan untuk memperkenalkan Chthon sebagai antagonis utama pada masa yang akan datang.

Apa Sebenarnya "Darkhold" Buku Sihir Paling Bahaya dan Populer di MCU? Halaman 1 - Kompasiana.comDengan petunjuk bahwa Wanda akan muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, dan bagaimana Wanda mempelajari Darkhold di akhir episode WandaVision, bukan tidak mungkin Chthon akan muncul dan menjadi sosok penting di film itu. Mungkinkah kacaunya multiverse di MCU diakibatkan oleh kombinasi dari kekuatan sihir Wanda dan juga pengaruh dari Chthon?

Dan apakah Doctor Strange yang akan memperkenalkalkan identitas Chthon dan juga tentang Darkhold? Apakah sebenarnya Wanda dalam pengaruh Chthon – dengan media Darkhold – untuk kemudian menghancurkan semua realita? Marvel sepertinya memberikan petunjuk jelas bahwa Darkhold akan memiliki peran penting pada masa yang akan datang di Marvel Cinematic Universe.

Dalam post-credit scene di seri WandaVision, kita melihat Wanda sedang mempelajari Darkhold dalam bentuk astralnya – seperti yang pernah dilakukan oleh Stephen Strange. Multiverse sendiri akan menjadi bagian dari film Spider-Man: No Way Home dan Doctor Strange 2. Ada kemungkinan besar bahwa Darkhold akan mengungkapkan kepada Wanda rahasia dari seluruh multiverse dan membuka gerbang menuju realita tidak terbatas.

How Marvel's Darkhold event fits into comics continuity | GamesRadar+Setelah Infinity Stones, Darkhold bisa jadi benda yang sangat penting bagi MCU karena nasib dari seluruh realita ada di dalamnya. Di komiknya sendiri, Darkhold memiliki berbagai mantra yang kuat. Contohnya adalah mantra untuk bisa mengakses Limbo, menguasai Darkforce, menghidupkan para manusia serigala atau pun vampir, dan sebagainya. Dan berbicara mengenai vampir, mungkin ini juga bisa menjadi jalan bagi MCU untuk memperkenalkan vampir sebelum film Blade muncul.

Seperti yang dijelaskan oleh Agatha Harkness, dalam Darkhold tersebut terdapat bab yang memang dikhususkan bagi Wanda yang “dipilih” sebagai Scarlet Witch. Ramalannya sendiri menyebutkan bahwa Scarlet Witch akan menghancurkan dunia. Dan sekarang, Wanda sendiri sedang mempelajari buku tersbeut dan akan digunakan untuk menyelamatkan anaknya dari kehancuran.

Artinya kita akan melihat MCU akan menghadirkan kekuatan sihir dalam skala yang jauh lebih masif dari sebelumnya. Dan mengingat selama ini Wanda belum pernah disebut sebagai Scarlet Witch, mungkin pada momen inilah pada akhirnya Wanda akan memperkenalkan dirinya sebagai Scarlet Witch.