Dari seluruh franchise Transformers, mungkin tidak ada sosok yang paling ditakuti selain sosok Megatron. Pemimpin dari para Decepticons – dan juga rerkadang Predacons – tersebut sudah muncul dan menjadi bagian dari Cybertron sejak 1984. Megatron selalu memiliki rencana untuk menghancurkan dan menyebabkan kematian di alam raya ini. Karena itulah, Megatron memiliki julukan “Emperor of Destruction”.

Namun, sosok Megatron yang mengerikan ini – yang selama ini kita kenal – nampaknya tidak lagi muncul di era modern. Hal ini bisa dilihat dalam seri Beasts Wars versi IDW Publushing. Apa yang dihadirkan di komiknya, justru memperlihatkan bagaimana Megatron menjadi sosok yang paling menyedihkan. Ada beberapa kejadian yang menjadi bukti dari hal ini.

Kekalahan Megatron

Pertarungan besar pertama Megatron menghadapi Maximals menjadi sebuah pertempuran yang cukup “adil” dimana kedua belah pihak berhasil saling melukai. Bahkan, Megatron sendiri mampu dengan baik menunjukan kemampuannya, dengan bertarung melawan Optimus Primal. Sayangnya, situasi mulai berubah ketika mantan Predacons, Dinobot, ikut dalam pertempuran.

Ketika perisai Axalon sudah berhasil kembali dan Predacons sudah menjauh, mereka kemudian mulai menghabisi Dinobot. Namun, kapal dari Maximal ternyata memiliki pertahanan jarak jauh, yang mana hal ini membuat Megatron tidak diuntungkan. Akhirnya, menyadari bahwa mereka akan kalah, Megatron dan pasukannya memilih untuk mundur.

Pengkhianatan Predacon

Ini mungkin menjadi sebuah kejadian yang paling berat dan mengerikan yang dialami Megatron, apalagi dia belum mengalami hal yang baik. Selama ini, sosok Megatron digambarkan berkuasa dan menjadi pemimpin dari para Predacons. Namun, yang mungkin tidak banyak diketahui, Megatron memimpin mereka dengan ancaman dan kekuasan yang besar.

Berdasarkan hal tersebut, para Predacons sendiri tidak benar-benar menghormati atau peduli terhadap Megatron. Mereka mengikuti perintah Megatron karena rasa takut. Para Predacons bahkan sudah memiliki rencana untuk melawan pemimpin mereka tersebut. Di serinya sendiri diperlihatkan bagaimana Tarantulas dan Terrorsaur memiliki agendanya sendiri.

Semua hal yang menyedihkan yang dialami Megatron ini tentunya sangat disayangkan oleh para fans. Banyak yang berharap kedepannya, IDW bisa menghadirkan sosok Megatron yang seperti dahulu, sosok yang mengerikan yang selalu menebar teror dan kehancuran. Megatron juga diharapkan bisa menghadirkan pertarungan yang epik saat menghadapi Maximals.