Meski pun Superman sudah sering kali dihadirkan dalam versi live-action dengan aktor yang berbeda-beda, beberapa TV seri dan film tidak jarang juga menghadirkan versi jahat dari Superman, seperti halnya versi komik. Sejak pertama kali Superman diperkenalkan ke publik dalam versi live-action, dia sudah sering menghadapi banyak sekali karakter villain yang ikonik.

Beberapa diandaranya adalah Doomsday, Brainiac, Lex Luthor, General Zod, atau Metallo. Para villain tersebut mampu memberikan tantangan yang berbeda kepada Superman. Namun, musuh yang paling kompleks yang pernah Superman hadapi adalah dirinya sendiri dalam versi jahat. Ada beberapa contoh ketika Superman dalam versi live-action berubah menjadi jahat. Berikut ulasannya.

Evil Superman dalam Superman III

Film yang dibintangi oleh Christoper Reeve ini adalah film pertama yang menghadirkan Superman versi jahat di layar lebar. Dalam filmnya, Clark Kent diceritakan terkena radiasi Kryptonite buatan yang mana hal itu memberikan efek yang mengerikan kepada Superman. Dibandingkan dengan membuatnya lemah, Clark justru berubah menjadi jahat, berbahaya, egois, menghancurkan apa yang dikenal oleh orang-orang tentang Clark Kent. Pada akhirnya, Superman “terbagi” menjadi dua, dengan versi jahat dari Superman memiliki tubuhnya sendiri. Pada akhirnya, tentu Superman diperlihatkan mampu untuk menghadapi dan menghancurkan versi jahat dari dirinya tersebut.

Kloning dari Superman dan Lois Lane

Dalam episode 18 di musim perdana dalam seri Lois Lois & Clark: The New Adventures of Superman yang berjudul “Vatman”, para penonton melihat sesuatu yang luar biasa. Dalam episodenya diperlihatkan bagaimana sosok Superman baru yang misterius mengambil alih tugas dari Clark untuk menyelamatkan Metropolis. Padahal, Clark sendiri ada dan heran dengan situasi tersebut.

Pada akhirnya diketahui bahwa Lex Luthor berhasil membuat kloning Superman, dan kemudian diprogram untuk melakukan apa yang dilakukan oleh yang aslinya. Selain itu, kloning ini juga dipersiapkan untuk menghancurkan dan menggantikan Clark Kent yang asli. Yang menarik, Clark tidak mengalahkannya. Justru mereka saling bermaafan setelah mengetahui apa yang terjadi. Kloning Superman tersebut pun kemudian tewas.

Bizzaro di Musim Ketujuh Smallvile

Smallvile musim keenam dan ketujuh memperkenalkan versi baru dari Bizarro, dengan Tom Welling juga menjadi aktor pemeran kembaran Superman yang jahat tersebut. Bizarro sendiri merupakan hasil eksperimen dari lab di planet Krypton, yang memiliki kekuatan untuk bisa mengendalikan atau mengambil alih tubuh seseorang. Dan hal ini dia lakukan ketika tiba di bumi.

Sosok tersebut tidak bisa begitu saja berada di bumi. Dia harus tinggal di tubuh seseorang. Ketika melakukan kontak dengan Clark Kent, sosok tersebut akhirnya mampu menyalin DNA milik Clark. Dan dengan memiliki DNA milik Clark, Bizzaro pun memiliki kekuatan dan ingatannya. Berbeda dengan Clark, Kryptonite justru yang menjadi sumber kekuatannya. Sedangkan cahaya matahari adalah kelemahannya. Bizzaro kemudian tewas setelah terlalu banyak menyerap kekuatan dari Kryptonite biru.

Ultraman di Smallvile Season 10

Bizarro bukanlah satu-satunya Superman jahat yang muncul di seri Smallvile. Di musim ke 10, dalam episode “Luthor” dan “Kent,” Tom Welling memerakan Clark Kent versi Earth-2. Dalam realita ini, tidak ada Kent. Kal-El dibesarkan oleh Lionel Luthor, yang justru membesarkannya untuk menjadi sosok yang kejam dan sadis. Dia pun kemudian berubah menjadi sosok Ultraman.

Clark di realita ini berhasil membunuh Lex Luthor, dan menjalin cinta rahasia dengan adik angkatnya, Tess Mercer. Dalam cerita akhirnya, Clark Kent berusaha untuk membuat “kembarannya” tersebut kembali ke jalan yang benar. Meski pun memang Ultraman berusaha untuk berubah menjadi baik, namun dalam tie-in komik untuk musim 11, diperlihatkan bahwa apa yang dilakukan oleh Clark Kent tersebut justru akan semakin buruk ketika dia kembali ke realitanya.

Knightmare Superman DCEU

Superman dalam versi DCEU memang tidak pernah berubah menjadi jahat. Namun, Zack memperlihatkan sebuah realita alternatif di mana Kal-El berubah menjadi jahat dan menghancurkan umat manusia. Hal ini dimulai dari Batman v Superman: Dawn of Justice, di mana Bruce Wayne memiliki penglihatan tentang masa depan yang mengerikan di mana Superman yang berkuasa di planet ini.

Sebelum SnyderVerse pada akhirnya dibatalkan oleh Warner Bros., dijelaskan bahwa Darkseid adalah sosok yang bertanggung jawab atas perubahan Superman tersebut. Darkseid membunuh Lois Lane dan bayinya dengan Omega Beam. Hal ini membuat Superman hancur. Keadaan Superman tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Darkseid untuk membuat Superman berada di bawah kendalinya dengan menggunakan Anti-Life Equation.

Earth-1 Superman di Arrowverse

Superman jahat juga kembali muncul di TV seri setelah Smallvile. Diperankan oleh Tyler Hochlin, dia sudah beberapa kali memerankan berbagai varian Superman di franchise Arrowverse. Pada event crossover 2018 yang bertema Elseworlds, Hoechlin memerankan karakter Superman jahat dari Earth – 1. Namun, ada sedikit perubahan yang dihadirkan dalam ceritanya.

Dibandingkan menjadi kembaran dari Clark Kent, sosok Superman jahat ini muncul berkat ulah John Deegan alias Doctor Destiny, yang menggunakan Book of Destiny untuk merubah realita dan membuatnya menjadi Superman di universe tersebut. Dalam momen inilah kostum hitam dan peran dari seri Reign of Superman diperkenalkan di serinya.  Setelah Book of Destiny hancur, semuanya pun kembali seperti semula.

Evil Superman di Superman & Lois

Setelah di Elseworlds, Hoechlin kemudian kembali menjadi sosok Superman jahat dalam seri Superman & Lois, yang berasal dari universe lain. Di musim perdana, dalam arc John Henry Irons, dia mencoba untuk memperingatkan orang-orang di Earth-Prime bahwa akan muncul sosok Superman jahat yang akan membuat mereka sengsara. Terdapat juga momen flashback yang mendukung hal tersebut.

Sosok Superman jahat tersebut ternyata sudah membunuh Lois Lane, yang dalam universenya diketahui adalah istri dari John. Inilah yang membuat kostum klasik hitam dan peran Superman kembali setelah muncul di Elseworlds. Dalam episode 11, Clark berhasil dibuat jahat oleh saudara angkatnya, Morgan Edge alias Tal-Rho. Morgan menggunakan mesin Eradicator untuk membuat Superman menjadi jahat. Meskipun tidak permanen, ini menjadi penampilan sosok Superman jahat paling baru dalam versi live-action.