Marvel Studios memang memiliki tradisi membuat tiga film solo pahlawan super yang akan menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe. Namun aturan tersebut tidak sepenuhnya mengikat dan berlaku untuk beberapa pahlawan, salah satunya kepada Natasha Romanoff alias Black Widow yang diperankan oleh aktris Scarlett Johansson, yang pertama kali diperkenalkan di film Iron Man 2 dan kemudian muncul di semua film Avengers, termasuk di film Captain America: Civil War. Butuh waktu bertahun-tahun bagi Marvel Studios untuk memberinya film solo yang akhirnya tayang pada tanggal 9 Juli kemarin.

Sayangnya, karakter Natasha mendapatkan film solonya setelah diceritakan meninggal di Avengers: Endgame, ketika dia mengorbankan diri di Vormir agar Hawkeye (Jeremy Renner) bisa mendapatkan Soul Stone, dan para Avengers bisa membalik jentikan Thanos. Film yang berlatar waktu di antara peristiwa Captain America: Civil War dan Avengers: Infinity War ini, menceritakan kisah Natasha saat dia dalam pelarian setelah kejadian Civil War dan kembali ke Rusia, di mana dia bersatu kembali dengan keluarganya angkatnya untuk menghancurkan Red Room dan pemimpinnya yang ternyata masih hidup.

Pemimpin Red Room yang bernama Dreykov ternyata selama ini masih hidup di markas Red Room yang baru, di mana markas ini tidak terdeteksi oleh siapa pun karena berada di atmosfer. Film Black Widow, banyak membahas latar belakang Natasha yang sebelumnya tidak pernah diceritakan di tayangan MCU lainnya, salah satunya adalah hubungan Natasha dengan keluarga angkatnya. Namun, dengan semua yang diceritakan di filmnya, ada satu misteri yang belum terpecahkan, yaitu misteri tentang orang tua kandungnya.

Black Widow dimulai dengan membawa pemirsa kembali ke tahun 1995 untuk bertemu dengan Natasha muda yang tinggal di Ohio bersama orang tua dan saudara perempuannya, tetapi ternyata itu semua adalah bagian dari misi penyamaran keluarga palsu tersebut di Amerika. Peran ayah diisi oleh Alexei Shostakov alias Red Guardian (David Harbour), peran ibu diisi oleh Melina Vostokoff (Rachel Weisz), dan Yelena Belova (Florence Pugh) berperan sebagai adik Natasha. Setelah misi selesai, mereka semua kembali berpisah sebelum akhirnya berkumpul kembali 20 tahun kemudian.

Sampai film Black Widow selesai, tidak disebutkan siapa sebenarnya orang tua Natasha. Sementara nama Ivan Romanoff disebutkan oleh Red Skull di film Avengers: Endgame, ketika Natasha dan Hawkeye tiba di Vormir, sangat sedikit yang diketahui tentang karakter tersebut. Kemudian di film Black Widow, saat Natasha bertanya kepada Dreykov tentang ibu kandungnya yang dibunuh oleh Dreykov karena mencoba untuk mengekspos Red Room, tidak terungkap siapa nama asli ibu kandungnya.

Berdasarkan yang terungkap di film MCU sebelumnya, identitas ibu kandung Natasha tidak pernah diketahui, karena dia meninggalkan Natasha muda kepada seorang pria bernama Ivan Petrovich, sampai akhirnya menjadi mata-mata Red Room. Sementara film Black Widow melakukan yang terbaik untuk memberi Natasha latar belakang yang tepat dan keluarga angkat yang beranggotakan Yelena, Alexei, dan Melina, misteri orang tua kandung Natasha di MCU menambah tragedi dalam kisah hidupnya. Tetapi di akhir hidupnya Natasha tahu bahwa dia merupakan bagian dari Avengers dan keluarga angkatnya Rusianya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.