Selama masa-masa awal Marvel Cinematic Universe, Marvel Studios dikenal sebagai studio yang sering “membunuh” atau membuang para villain mereka setelah muncul di satu film. Hal ini tentunya sangat disayangkan oleh banyak fans, karena karakter mereka kurang begitu dikembangkan. Padahal, mereka memiliki potensi yang besar menjadi sebuah karakter penting di MCU.

Namun, sepertinya Marvel mendengar keluhan dari para fans dan mereka mulai merubah kebiasaan tersebut. Pasalnya, ada beberapa karakter villain yang sempat muncul di film sebelumnya akan kembali tayang di berbagai proyek MCU. Sebagian karakter ini bahkan ada yang berasal dari universe lainya. Lalu, siapa saja mereka? Berikut adalah ulasannya.

The Mandarin

Sudah sejak lama the Mandarin dikenal sebagai salah satu musuh utama bagi Tony Stark dalam cerita komiknya. Di Iron Man 3, para fans sempat sangat excited dengan kabar jika karakter villain ini akan muncul di MCU. Sayangnya, harapan mereka untuk karakter tersebut pun musnah ketika mengetahui jika ternyata yang muncul bukanlah Mandarin yang asli.

Hal ini membuat para fans “marah” dan protes kepada Marvel. Kevin Feige pun kemudian merubah semuanya. Bos Marvel tersebut pada akhirnya mencoba menjelaskan bahwa Mandarin yang asli masih hidup. Dan dia tidak senang namanya digunakan oleh Killian. Pada tahun ini, sosok Mandarin yang asli akhirnya muncul di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Mandarin akan diceritakan sebagai ayah dari Shang-Chi dan memiliki nama asli Wenwu.

 Abomination

Terakhir kali muncul di film The Incredible Hulk, Abomination akan kembali muncul di MCU. Emil Blonsky, yang diperankan oleh Tim Roth, adalah salah satu anak buah dari Jendral Ross yang menjadi sukarelawan untuk disuntikan serum tentara super, demi bisa menyaingi Hulk. Namun, yang terjadi justru Emil malah berubah menjadi sosok monster, yang kita kenal sebagai Abomination.

Abomination sendiri pada akhirnya berhasil dikalahkan oleh Hulk dan kemudian di bawa oleh pihak Pemerintah. Dalam trailer resmi film Shang-Chi, kehadiran Abomination dan juga Wong dalam adegan sebuah pertarungan ilegal mengejutkan para fans. Dan yang juga tidak kalah mengejutkan adalah penampilannya semakin mirip dengan versi komik. Abomination sendiri sudah dikonfirmasi akan hadir dalam seri She-Hulk.

Doctor Octopus dan Electro

Mungkin kabar tentang bergabungnya dua villain ini menjadi yang paling heboh di kalangan para fans. Bagaimana tidak, mereka berdua dijadwalkan akan muncul di film Spider-Man: No Way Home. Doc Ock dan Electro sendiri merupakan dua villain yang berasal dari dua film Spider-Man berbeda. Artinya universe keduanya pun berbeda dengan Spider-Man versi MCU.

Mengingat kedua karakternya berasal dari universe yang berbeda, kehadiran mereka memunculkan banyak sekali pertanyaan di kalangan fans, terutama mengenai multiverse. Doc Ock sendiri merupakan villain di film Spider-Man 2 yang dibintangi Tobey Maguire. Sedangkan Electro adalah villain di film The Amazing Spider-Man 2 yang dibintangi Andrew Garfield. Kehadiran kedua villain ini juga memunculkan spekulasi mengenai munculnya dua bintang Spider-Man lain selain Tom Holland.

Karl Modo

Karl Modo sebenarnya bukanlah sosok villain pada awalnya. Namun, di akhir film Doctor Strange kita melihat bagaimana dia sudah muak dengan banyaknya penyihir atau ahli sihir di bumi ini. Hal itulah yang membuatnya berubah menjadi villain. Di filmnya, dia adalah rekan dan murid dari Stephen Strange dan juga murid dari Ancient One. Mordo kecewa karena sosok yang dia kagumi selama ini, Ancient One, ternyata melakukan apa yang seharusnya tidak dilakukan – menarik kekuatan dari Dark Dimension.

Karl Mordo sendiri dikonfirmasi akan kembali di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, dan akan kembali diperankan oleh aktor Chiwetel Ejiofor. Dan sudah dikonfirmasi juga bahwa salah satu alasannya bergabung dengan MCU sedari awal adalah karena dia ingin memerankan karakter Mordon yang berevolusi menjadi jahat.

Yellowjacket

Sosok Darren Cross yang muncul di film Ant-Man merupakan mantan anak buah sekaligus penerus dari Hank Pym yang berusaha untuk mengambil alih perusahaan milik Pym dan mencoba untuk menciptakan Pym Particles versinya sendiri. Scott Lang kemudian bekerja sama dengan Hank Pym dan putrinya, Hope Van Dyne, untuk menggagalkan upaya Darren tersebut.

Darren kemudian berusaha menghadapi Scott degan menggunakan kostum yang memiliki kemampuan sama dengan Scott, yang bernama Yellowjacket. Ketika Scott merubahnya ke ukuran subatomik, Darren Cross sepertinya sudah tewas dan kostum Yellowjacketnya sendiri sudah hancur. Namun, muncul rumor bahwa Yellowjacket akan kembali di Ant-Man 3.

Tetapi, sepertinya rumor tersebut menjadi kenyataan. Laporan dari Vanity Vair menyebutkan bahwa aktor Corey Stoll, memang akan kembali memerankan karakter tersebut. Di episode 5 dari seri Loki, terdapat versi raksasa dari helm Yellowjacket yang ada di the Void.

Ayesha

Ayesha sendiri merupakan salah satu antagonis yang muncul di film Guardians of the Galaxy Vol. 2. Dia adalah pemimpin dari sebuah ras alien yang bernama Sovereign, yang menyatakan perang terhadap para Guardians setelah Rocket Racoon mencuri beberapa Anulax Batteries. Setelah pasukannya berhasil dikalahkan, Ayesha memutuskan untuk membuat sebuah makhluk kuat yang mampu menaklukan para Guardians, yang disebut sebagai “Adam”.

Setelah perilisan filmny, James Gunn mengonfirmasi bahwa bahwa dia berencana untuk menghadirkan kembali Ayesha dan aktor Elizabeth Debicki untuk film ketiganya. Sosok makhluk yang diciptakan oleh Ayesha tersebut banyak dirumorkan sebagai kelahiran Adam Warlock, salah satu makhluk paling kuat di alam raya Marvel. Tentunya akan sangat menarik melihat kehadiran kembali Ayesha di film ketiga nanti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.