Film Thor: Love and Thunder merupakan film solo keempat Thor yang akan menyatukan kembali aktor Chris Hemsworth dengan sutradara Taika Waititi, dalang di balik sekuel Marvel Cinematic Universe yang sangat populer yaitu Thor: Ragnarok. Dengan keberhasilan film Thor: Ragnarok yang menghidupkan kembali waralaba tersebut, masuk akal jika Waititi dan Marvel Studios akan kembali dengan formula Ragnarok untuk film Love and Thunder nanti. Selain itu juga, film keempat Thor nanti akan membawa kembali beberapa karakter favorit penggemar dari tiga film Thor sebelumnya.

Setelah dua film solo pertamanya dianggap tidak terlalu berhasil mengangkat potensi kisah Thor, Thor: Ragnarok akhirnya membuktikan bahwa film solo yang dibintangi oleh Hemsworth ini adalah tayangan yang sangat menarik. Film ini juga memperkenalkan karakter baru yang cukup populer, seperti pahlawan wanita Valkyrie yang diperankan oleh Tessa Thompson, dan penjahat Grandmaster yang diperankan oleh Jeff Goldblum. Film Thor: Love and Thunder telah menyelesaikan syutingnya pada awal bulan Juni lalu, namun rumor tentang kembalinya Grandmaster di film keempat Thor nanti tidak juga hilang.

Saat proses syuting Thor: Love and Thunder sedang berlangsung di Australia, aktor Goldblum dikabarkan terlihat beberapa kali sedang berada di Australia juga. Bahkan sebuah foto memperlihatkan dirinya sedang menonton pertandingan rugby dengan Hemsworth, Waititi, dan pemeran film lainnya yang hadir. Meskipun hal itu tidak mengonfirmasi keterlibatannya secara langsung, tetapi banyak penggemar yang berspekulasi bahwa Grandmaster MCU akan kembali dalam waktu dekat ini melalui film Thor: Love and Thunder.

Film Thor: Ragnarok meninggalkan karakter Grandmaster dalam situasi genting. Setelah para penduduk planet Sakaar melakukan revolusi, sebuah adegan pasca-kredit menunjukkan Grandmaster sedang dikelilingi oleh para mantan rakyatnya yang sangat marah. Sudah tidak ada lagi yang bisa dia lakukan selain mengucapkan selamat kepada para pemberontak yang telah berhasil menggulingkan kekuasaannya. Karena filmnya tidak memperlihatkan lanjutan dari pemberontakan tersebut, tidak jelas bagaimana nasib akhir Grandmaster.

Sebuah adegan komedi pendek yang muncul di Blu-Ray Thor: Ragnarok, menunjukkan bahwa Grandmaster hidup dan tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat. Sementara kisah Los Angeles tersebut tidak ada hubungannya dengan cerita di MCU, cukup jelas bahwa karakternya memang tidak pernah diperlihatkan mati, sehingga cukup menarik melihat Grandmaster masih hidup di Los Angeles dan mempunyai kesempatan untuk kembali di MCU kedepannya.

Di Marvel Comics, Grandmaster adalah salah satu makhluk hidup tertua yang pada dasarnya abadi. Di antara kemampuan Grandmaster lainnya, dia adalah ahli strategi yang brilian dan dapat membangkitkan orang mati. Ditambah lagi, dia juga memiliki sejarah komik dengan beberapa karakter yang akan muncul pada masa depan MCU, termasuk Kang the Conqueror yang akan menjadi masalah di Multiverse Saga. Sehingga membawa kembali karakter Grandmaster dapat memberi potensi cerita yang bisa Marvel ekplorasi lebih jauh lagi untuk diadaptasi ke MCU.

Bahkan dengan fakta Goldblum yang terlihat di Australia, untuk saat ini kembalinya Grandmaster masih sebatas teori. Mengingat reputasi Marvel Studios yang terkenal pandai menjaga kerahasiaan filmnya, tidak mustahil karakter Grandmaster akan tiba-tiba muncul di film Thor: Love and Thunder nanti. Kita berharap saja, semoga penampilan karakter Grandmaster yang diperankan oleh Jeff Goldblum, di Thor: Ragnarok bukanlah penampilan terakhirnya, karena faktanya masih terbuka kesempatan bagi Grandmaster untuk muncul pada masa depan MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.