Seri selanjutnya dari Marvel Studios yaitu What If…? bisa jadi jalan untuk memperkenalkan Guardians of the Multiverse. Selain itu, serinya juga bisa menjadi landasan cerita untuk proyek film Spider-Man: No Way Home. Seri What If…? akan menghadirkan sesuatu yang berbeda di MCU, di mana ini akan menjadi seri animasi pertama yang diproduksi Marvel Studios.

Serinya sendiri diadaptasi dari judul komik populer di Marvel Comics dengan nama yang sama. Ceritanya sendiri berfokus pada berbagai “alternatif” cerita dari berbagai momen penting yang terjadi di timeline Marvel. Misalnya ketika Peggy Carter yang justru mendapatkan serum tentara super dan menjadi Captain Britain, dibandingkan Steve Rogers. Meskipun masing-masing episode kemungkinan akan menjadi sebuah cerita lepas, namun ada kemungkinan juga cerita tersebut berpengaruh ke proyek Marvel lainnya.

Memperkenalkan Guardians of the Multiverse

Sebuah petunjuk besar diberikan pengisi suara dari Uatu the Watcher, yaitu Jeffrey Wright. Dalam cerita komiknya, Uatu merupakan makhluk kosmik yang ditugaskan untuk mengawasi bumi dan juga berbagai planet yang ada di timeline tersebut. Uatu dilarang untuk ikut campur dalam urusan apa pun. Namun, pada kenyataanya dia sering kali melanggar sumpahnya tersebut.

Uatu sering kali membantu tim Fantastic Four untuk mencari keberadaan senjata yang bisa mengalahkan Galactus. Namun, menurut Wright, di MCU sosok Uatu akan jauh ikut campur lebih jauh. “Di sini (di seri What If…?), di musim perdananya, dia memulai sebagai seorang pengawas, namun perlahan dia berubah menjadi lebih dari sekedar pengawas bumi dan planet-planetnya.”

Hal tersebut mmeberikan petunjuk mengenai karakter Uatu, yang mana dia kemudian bukan hanya sekedar menjadi pengawas yang pasif saja. Uatu biasanya mengutus seseorang untuk mewakili dirinya, mulai dari Nick Fury sampai Fantastic Four. Berdasarkan bocoran pernak-pernik yang sempat beredar, Uatu sepertinya akan membawa sebuah tim pahlawan ke berbagai dimensi, yang artinya ada kemungkinan dia akan kembali muncul di Doctor Strange 2.

Demi melindungi dunia ini, Uatu kemudian mengumpulkan para pahlawan yang ada mulai dari Star-Lord versi T’Challa, versi lain dari Thor, Gamorra, Black Widow, dan Doctor Strange, serta Captain Britain Peggy Carter. Mereka kemudian membentuk itm pahlawan yang disebut sebagau Guardians of the Multiverse. Tim ini bisa menjadi perwakilan dari Uatu ketika ada ancaman yang terjadi secara multiverse.

Sebenarnya di komiknya sendiri ada tim pahlawan yang mirip seperti Guardians of the Multiverse, yaitu Exiles. Mereka adalah tim pahlawan yang memang dipersiapkan untuk menghadapi berbagai ancaman multiverse, melompat dari satu dimensi ke dimensi yang lain. Salah satu kelompok Exiles dibentuk oleh makhluk yang bernama the Unseen, Nick Fury versi Marvel Comics, yang menggantikan sosok Uatu the Watcher untuk sementara waktu pada saat itu. Marvel Studios mungkin saja mengadaptasi tema dan konsep yang sama untuk masa yang akan datang.

Menjadi Landasan Cerita No Way Home

Dengan tema multiverse, rasanya seri What If…? akan sangat pas dengan film Spider-Man: No Way Home. Seperti yang kita ketahui, No Way Home akan menghadirkan konsep multiverse dengan menghadirkan berbagai karakter dari berbeda universe, misalnya Electro dari film The Amazing Spider-Man 2 dan Doc Ock dari Spider-Man 2.

Bagaimana kemudian What If…? bisa menjadi landasan cerita No Way Home? Seri What If…? akan memperkenalkan kita dengan konsep “kekacauan” di multiverse Marvel, dengan menghadirkan berbagai hal yang “seharusnya” tidak terjadi. Dengan adanya kekacauan multiverse tersebut, akan terjadi konseksi dengan Doctor Strange 2. Namun, selain itu, dengan adanya kekacauan di multiverse, hal ini menjadi jalan bagi karakter villain seperti Electro dan Doc Ock untuk kemudian masuk ke MCU. Kita nantikan saja ya Geeks seberapa kacau multiverse MCU sehingga membuat kedua villain dari dua universe berbeda bisa masuk ke MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.