Setelah Tony Stark alias Iron Man mati saat melakukan pengorbanan heroik di Avengers: Endgame, banyak penggemar yang bertanya-tanya siapa yang akan menggantikan peran Tony, lebih tepatnya yang ‘bisa’ mengisi kekosongannya di Marvel Cinematic Universe. Bukan hanya kaya raya, Tony juga merupakan salah satu pahlawan super yang paling genius di MCU, sehingga banyak penggemar yang berspekulasi bahwa karakter genius lainnya kemungkinan bisa menggantikan peran Tony sebagai pahlawan super terpintar di Bumi.

Salah satu kandidat yang tampaknya sudah dipersiapakan sejak lama oleh Marvel Studios adalah karakter Peter Parker yang pernah dibimbing langsung oleh Tony Stark, untuk menjadi pahlawan super bahkan seorang Avengers. Di film Spider-Man: Far From Home, Tony memang menyerahkan salah satu teknologinya yang disebut EDITH kepada Peter, namun tampaknya Peter belum sepenuhnya siap untuk menggantikan Tony. Karena selain membutuhkan kecerdasan, orang yang akan mengisi kekosongan Tony harus bisa memimpin tim juga, seperti yang dilakuka Tony di Captain America: Civil War.

Dengan MCU yang sudah memasuki Fase 4, ada satu karakter lain yang sepertinya lebih tepat untuk menjadi pengganti Tony Stark. Karena Marvel Studios sedang mengembangkan Fantastic Four versi MCU, kehadiran Reed Richards sebagai pemimpin tim Fantastic Four sekaligus salah satu orang paling genius di komik Marvel, bisa menjadikannya sebagai calon pengganti Tony yang paling kuat. Sementara belum dipastikan kapan Mr. Fantastic dan anggota Fantastic Four lainnya akan bergabung dengan MCU, cukup jelas bahwa peran mereka akan cukup penting pada masa depan MCU.

Persamaan yang paling jelas antara Reed Richards dan Tony Stark adalah kecerdasan dan bakat teknik mereka. Di Marvel Comics, Reed bukan hanya seorang pahlawan super yang memiliki kemampuan tubuh elastis, tetapi dia juga mempunyai tingkat kecerdasan yang sangat tinggi. Mengingat ancaman MCU yang semakin menggila, memiliki pahlawan super dengan tingkat kecerdasan yang tinggi merupakan salah satu keuntungan yang dimiliki oleh Avengers, karena Profesor Hulk dan Spider-Man tidak mungkin bisa melakukan semuanya sendiri.

Selain kecerdasan, Reed dan Tony juga memiliki persamaan lainnya yaitu ketenaran. Tony sangat menikmati statusnya sebagai pahlawan super pertama di MCU dan Reed sudah tidak asing lagi dengan ketenarannya sebagai salah satu anggota Keluarga Pertama Marvel. Aspek ketenaran ini sangat penting kaitannya dengan status publik Avengers. MCU telah berulang kali menggambarkan pentingnya persepsi publik, dan dengan perginya Iron Man, Avengers membutuhkan pemimpin yang sangat percaya diri untuk dapat menjaga hubungannya dengan masyarakat.

Iron Man mungkin telah memperkenalkan MCU kepada penggemar sampai Infinity Saga berakhir, dan Mr. Fantastic bisa saja memperkenalkan saga baru MCU dengan Fase 4 dan seterusnya. Fantastic Four erat sekali hubungannya dengan ancaman intergalaksi, sehingga Reed kemungkinan akan mendapatkan peran penting menjelang kedatangan Galactus, dan hubungannya sebagai leluhur Kang alias Nathaniel Richards, dapat membuat karakternya menjadi fokus saga MCU berikutnya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.