Gomu Gomu no Mi merupakan salah satu buah iblis paling kuat dalam cerita One Piece. Monkey D. Luffy merupakan pengguna dari buah iblis tersebut, dimana seluruh tubuhnya bisa berubah menjadi karet. Dengan kekuatan buah iblis tersebut Luffy kini berubah menjadi sosok yang mengerikan, di mana dia sudah mampu mengalahkan banyak orang.

Buah iblis Gomu Gomu sebenarnya terlihat unik dibandingkan dengan buah iblis lainnya. Kita bisa lihat bagaimana buah iblis lain memiliki kekuatan dahsyat. Misalnya buah iblis Gura Gura yang memiliki kaitan dengan getaran, dan bahkan mampu membuat tsunami besar. Atau buah iblis Soru Soru no Mi milik Big Mom, yang mampu mencuri jiwa milik orang lain.

Kekuatan Gomu Gomu memang terlihat biasa saja, bahkan cenderung konyol. Dan hal ini juga yang disadari oleh para fans. Melalui kolom SBS, salah seorang fan sempat bertanya mengenai hal ini kepada Oda Sensei. Fan tersebut bertanya, “Dalam cerita One Piece sekarang ini, ada banyak sekali pengguna kemampuan buah iblis yang sangat kuat yang bahkan membuat Luffy tidak mampu untuk tandingi. Dalam kebanyakan cerita anime atau manga, para protagonis sering menjadi yang terkuat diantara yang lain, tetapi mengapa kau memutuskan untuk membuat Luffy terlihat sangat lemah dengan menjadi pengguna buah iblis karet?

Dan Oda Sensei sendiri menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakan bahwa dia tidak ingin Luffy sama seperti karakter protagonis kebanyakan. Oda Sensei ragu bahwa jika dia mengikuti “selera pasar,” maka seri One Piece tidak akan laku untuk jangka waktu yang lama.

Ahaha, itu benar. Rasanya mungkin mengherankan ketika kita melihat kemampuan yang keren dan luar biasa lainnya. Jawabannya sendiri sangat sederhana. Aku memiliki kemampuan yang paling konyol. Jika sang protagonis adalah sosok yang kuat seperti kebanyakan karakter lain, aku ragu jika aku bisa meneruskan ceritanya untuk jangka waktu yang lama. Tidak peduli seberapa serius ceritanya akan berlangsung, Luffy akan terus membesar dan melebar. Dia memberikanku kesempatan untuk bermain-main. Dan itulah jenis manga yang ingin aku hadirkan.

One Piece Romance Dawn page 20 | Manga anime one piece, One piece manga, One piece chapterMeskipun harus diakui bahwa kemampuan Gomu Gomu Luffy pada awalnya memang terlihat konyol, namun seiring berjalannya waktu kini kemampuan Gomu Gomunya sudah meningkat tajam. Pasca time-skip, Luffy belajar untuk bisa menggunakan Haki dan kemudian melapisinya dengan kekuatan Gomu Gomu miliknya. Dan hasilnya sangat luar biasa.

Luffy mampu mengalahkan berbagai musuh kuat, seperti sosok Doflamingo di Dressrosa atau Katakuri. Selain mampu melapisi dengan Haki, Luffy juga berhasil mengembangkan kekuatan dari Gomu Gomu no Mi. Contohnya adalah bagaimana Luffy sekarang memiliki empat Gear yang bisa dimanfaatkan dalam pertanyan. Gear 4 jadi Gear terkuat untuk sekarang.

Dan yang menarik adalah ternyata Gomu Gomu bukanlah buah iblis sembarangan. Buah iblis yang sekarang dimiliki oleh Luffy tersebut ternyata merupakan buah iblis yang sangat penting, khususnya bagi Pemerintah Dunia. Bahkan, buah iblis ini dijaga oleh salah satu anggota CP-9 yang sekarang membelot ke kelompok bajak laut Beasts. Hal ini diketahui dari chapter 1017 kemarin.

Buah iblis Gomu Gomu mungkin terlihat konyol dengan kemampuan yang dimiliki. Namun, pada kenyataanya buah iblis ini memiliki kemampuan dan efek yang dahsyat. Masih belum diketahui apa yang menjadi alasan mengapa Pemerintah Dunia sangat menginginkan buah iblis ini. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter berikutnya ya Geeks!