Teknik Delapan Gerbang Hachimon atau yang biasa dikenal sebagai Eight Gate adalah sebuah teknik taijutsu yang sangat hebat dan memiliki resiko tinggi. Karena teknik ini merupakan jenis taijutsu, maka resiko yang diterima penggunanya adalah kerusakan fisik, oleh sebab itu sangat jarang orang yang bisa menguasai atau bahkan mau belajar teknik ini. Dalam serial Naruto hingga Boruto, hanya Lee, Guy dan Metal saja yang bisa menguasai teknik ini dalam mode maksimal.

Kekuatan teknik Eight Gate sangatlah luar biasa. Bahkan selama Perang Dunia Ninja Keempat, Guy berhasil mengimbangi Madara yang saat itu telah menjadi Jinchuriki Juubi. Bahkan menurut Kakashi, bagi siapapun yang bisa menguasai teknik ini maka kekuatannya akan setara dengan Hokage. Lantas menurut kalian adakah jutsu yang bisa mengimbangi teknik Eight Gate? Berikut Empat Jutsu yang bisa mengimbang teknik Eight Gate.

Six Path Sage Mode

Teknik Six Path Sage Mode merupakan jutsu yang dimiliki oleh Naruto setelah mendapat kekuatan dari Rikudo Sennin. Teknik ini menjadi penyelamat Aliansi Shinobi karena setelah Guy menang dari Madara, nyawanya hampir saja melayang karena telah membuka semua gerbang dalam teknik Eight Gate. Six Path Sage Mode menggabungkan dua jenis chakra yaitu milik para Biju dan juga dari Sage Mode, kemudian dua kekuatan itu mendapat tambahan kekuatan dari Rikudo Sennin yang sebelumnya telah diskusi dengan Naruto.

Six Path Sage Mode juga bisa melakukan hal-hal di luar batas wajar, seperti memberikan nyawa kepada orang sekarat, membuat mata seperti yang dilakukan oleh Naruto pada Kakashi, dan lain-lain. Teknik ini juga bisa membuat Naruto merasakan keberadaan sesuatu yang tidak bisa dirasakan oleh manusia normal, hal ini terjadi saat dia bertarung melawan Madara. Saat itu Naruto bisa merasakan kehadiran Limbo Madara yang berada di dimensi lain.naru Di dunia nyata, keberadaan Limbo ini hanya bisa dirasakan oleh Rinnegan dan Six Path Sage Mode milik Naruto.

Rinnegan

Rinnegan merupakan Dojutsu yang berasal dari mendiang Rikudo Sennin dan adalah teknik mata terkuat dalam serial Naruto. Teknik ini bisa membuat penggunanya melakukan pekerjaan layaknya dewa seperti memantulkan serangan apapun, menghidupkan orang mati, menyembuhkan orang sekarat, mengontrol orang dari jauh, dan lain-lain. Pertama kali teknik Rinnegan diperlihatkan oleh Pain dari Akatsuki. Saat itu Jiraiya yang berusaha mengimbangi teknik Rinnegan milik Pain sangat kewalahan, sehingga membuktikan bahwa Dojutsu satu ini sangatlah kuat.

Selain itu dengan Rinnegan, membuat penggunanya bisa menguasai semua elemen dengan sangat mudah. Terbukti saat Nagato belajar ninjutsu pada Jiraiya di masa lalu, dia adalah satu-satunya murid Jiraiya yang bisa menguasai semua teknik elemen di umur yang masih sangat muda. Sehingga saat dia dewasa, Nagato bisa menggabungkan beberapa elemen itu untuk menghasilkan elemen baru yang jauh lebih kuat.

Baryon Mode

Baryon Mode merupakan sebuah bentuk terakhir yang dihasilkan dari chakra Kurama. Teknik ini sangatlah luar biasa sebab bisa mengimbangi teknik milik Isshiki yang saat itu terkenal sebagai anggota Otsutsuki terkuat. Teknik ini memiliki chakra yang sangat besar dan menghasilkan serangan yang luar biasa, bahkan Isshiki hampir bisa dikalahkan oleh Naruto dalam waktu singkat.

Sayangnya resiko dari Baryon Mode kurang lebih mirip seperti Eight Gate, yaitu sama-sama mempertaruhkan nyawa. Namun yang berbeda adalah Baryon Mode memiliki potensi untuk menghilangkan keberadaan Bijuu yang ada di dalam tubuh Jinchuriki. Sehingga setelah Naruto selesai bertarung melawan Isshiki dalam bentuk Baryon Mode, Kurama langsung pamit dan menghilang dari tubuh Naruto.

Karma

Salah satu kekuatan terlarang yang telah muncul dalam serial Boruto adalah Karma. Teknik ini merupakan sebuah tanda yang diberikan oleh seorang Otsutsuki pada manusia pilihan agar suatu saat nanti sang pemilik Karma bisa menjadi wadah yang baik untuk sang Otsutsuki tersebut. Ketika seorang manusia memiliki sebuah Karma, maka dia akan memiliki kekuatan Otsutsuki hampir 100%. Boruto adalah salah satu manusia yang memiliki Karma, dan sesekali dia sempat lepas kendali dan membiarkan Otsutsuki dalam tubuhnya menguasai dirinya.

Karma yang dimiliki oleh Boruto saat ini adalah milik Momoshiki, dia merupakan salah satu musuh yang cukup merepotkan dan berasal dari klan Otsutsuki. Kekuatan Karma sangatlah luar biasa, sebab bisa menyerap segala macam jenis ninjutsu dan bisa mengembalikannya dalam mode kekuatan berkali-kali lipat. Sayangnya hingga sekarang Boruto masih takut untuk menghadapi Karmanya sendiri, sehingga sangat jarang dia menggunakan Karma saat dalam kesadaran penuh.

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.