Geeks mungkin sudah tahu bahwa seperti yang disebutkan oleh Sengoku, kelompok bajak laut Shanks adalah yang paling rata dalam hal kekuatan dibandingkan para kru bajak laut lainnya. Hampir semua kru memiliki kemampuan yang sama dahsyatnya dengan sosok Shanks. Namun, tentunya Shanks adalah sosok yang paling kuat di antara mereka. Salah satu hal yang membuat Shanks disegani adalah kemampuan Hakinya yang luar biasa.

Dibandingkan dengan karakter kuat lainnya, Shanks adalah salah satu karakter yang mampu menjadi sosok legendaris tanpa ada bantuan dari buah iblis. Selama petualangannya menjadi bajak laut, diketahui Shanks hanya mengandalkan kemampuan kekuatan Haki miliknya. Bahkan, kemampuan Haki miliknya ini banyak diakui oleh karakter legendaris lain seperti Whitebeard.

Namun, dari semua jenis Haki, banyak yang beranggapan bahwa Shanks memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan berkat level tertinggi Observation Haki atau Haki Pengamatan yang dia miliki. Seperti yang kita ketahui, melihat ke masa depan merupakan sesuatu yang bisa dilakukan. Hal ini diperlihatkan oleh Charlotte Katakuri dan Luffy.

One Piece: Shanks Adalah Keluarga Ace? | GreensceneHal itu bisa dilakukan jika pengguna Observation Haki sudah berada di level tertentu. Namun, berbeda dengan Katakuri dan Luffy yang hanya bisa melihat ke masa depan untuk waktu beberapa saat saja, Shanks sudah bisa melihat apa yang terjadi di beberapa bulan yang akan datang atau bahkan beberapa tahun yang akan datang.

Bukti-buktinya sendiri memang tidak terlalu kuat dan jelas, namun ada beberapa hal yang dianggap bisa menjadi pertimbangan untuk hal tersebut. Pertama, Shanks memperingatkan Whitebeard bahwa pertarungan antara Ace dan Blackbeard bukannya membuat masalah selesai namun justru akan membawa bencana kepada kelompok Whitebeard.

Yang menarik adalah Shanks mengatakan hal tersebut beberapa bulan sebelum perang puncak di Marineford antara Whitebeard beserta kelompoknya melawan seluruh pasukan angkatan laut terjadi. Mungkin ada yang beranggapan bahwa hal itu merupakan sekedar prediksi yang tepat dari sosok Shanks, dan memang tidak salah.

Namun, jika itu memang prediksi saja, Shanks tidak mungkin mau repot-repot datang untuk menemui Whitebeard dan menjelaskan semuanya dengan sangat serius. Bahkan, Shanks sendiri pada akhirnya harus bertarung melawan Whitebeard di kapal Moby Dick. Kemudian ketika Shanks mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Coby mampu mengubah masa depan.

Kembali, mungkin apa yang diungkapkan oleh Shanks tersebut bisa jadi hanya sekedar prediksi atau sekedar kata-kata biasa saja. Namun, bagaimana jika sebenarnya apa yang diungkapkan Shanks tersebut benar – dan memang hal tersebut terbukti. Berdasarkan hal tersebut, bisa diasumsikan bahwa sebenarnya apa yang dilakukan Shanks adalah merubah masa depan.

Shanks tahu bahwa Ace akan mengalami masalah saat menghadapi Blackbeard, dan kemungkinan tewas. Karena itulah dia kemudian pergi menemui Whitebeard untuk mencegah hal itu terjadi. Shanks tentu tidak akan mengatakan bahwa dia bisa meramalkan semuanya, karena bukan tidak mungkin Whitebeard menganggap apa yang diungkapkan oleh Shanks adalah bualan kosong.

Marineford Spoilers] Noticed something about a certain captain.: OnePieceKemudian momen yang terjadi di Marineford, Shanks tahu bahwa jika dia tidak datang untuk menyelamatkan Coby, maka masa depan Luffy akan hancur. Dan jika masa depan Luffy akan hancur, perubahan besar tidak akan terjadi. Karena itulah dia kemudian bergegas pergi ke Marineford, dan tiba di saat waktu yang tepat untuk menghadang serangan Sakazuki.

Jika saja Shanks tidak datang dan menghalangi serangan dari Sakazuki, Coby akan tewas. Kemudian Luffy juga kecil kemungkinan untuk selamat. Di arc Reverie kemarin, Shanks bertemu dengan Gorosei untuk membahas tentang seorang bajak laut dengan para Gorosei. Banyak yang berspekulasi bahwa sosok bajak laut yang dimaksud adalah Blackbeard.

Dengan asumsi bahwa spekulasi tersebut benar adanya, Shanks kemungkinan sudah mengetahui apa yang akan terjadi dengan Blackbeard di masa yang akan datang. Karena itulah, dia kemudian bertemu dengan para Gorosei untuk membahas masalah tersebut dan mencegah apa yang dia lihat untuk terjadi – seperti yang dia lakukan terhadap Whitebeard.

Sampai sejauh ini, Oda Sensei memang masih belum memberikan penjelasan detail mengenai kekuatan dari Shanks. Oda seolah mempersiapkan Shanks untuk sesuatu yang jauh lebih besar. Karena itulah banyak para fans yang kemudian mencoba berspekulasi mengenai sosok Shanks, dan mampu merubah masa depan adalah salah satu kekuatan yang dispekulasikan bisa dilakukan oleh Shanks. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.