Pokemon adalah waralaba video game terlaris keempat sepanjang masa. Waralaba Pokemon melakukan debutnya dengan sebuah video game yang rilis pada tahun 1996 berjudul Pocket Monsters: Red and Green, kemudian berganti judul menjadi Pokemon Red and Blue. Sampai sekarang waralaba Pokemon telah berkembang menjadi berbagai serial anime, film animasi, film, kartu hobi, manga, dan berbagai sovenir lainnya.

Sebuah film Pokemon live-action berjudul Detective Pikachu dirilis pada tahun 2019 lalu. Film yang dibintangi oleh Ryan Reynolds, Justice Smith, Kathryn Newton, dan Suki Waterhouse ini telah meraup pendapatan sekitar $433 juta atau Rp6,2 triliun di box office dan mendapat banyak pujian dari para kritikus. Sementara untuk saat ini nasib film sekuel Detective Pikachu masih belum jelas.

Walau nasib sekuel Detective Pikachu masih menggantung, tetapi baru-baru ini, Variety melaporkan bahwa Netflix sedang mengembangkan serial live-action Pokemon. Karena serial live-action ini masih dalam tahap pengembangan, belum jelas akan seperti apa plot serialnya nanti. Sebagai produser dan penulis serialnya nanti, Joe Henderson mengatakan bahwa serialnya terinspirasi gaya film Detective Pikachu. Tentu saja Pokemon sudah tidak asing lagi dengan format tayangan serial, mengingat waralaba Pokemon memilki berbagai serial anime-nya sendiri. Dengan serialnya nanti, tampaknya Netflix akan serius dalam membuat Pokemon live-action ini.

Cukup jelas bahwa serial live-action Pokemon ini akan menjadi peristiwa penting bagi waralaba dan juga penggemar setia Pokemon, karena untuk pertama kalinya serial Pokemon akan dihadirkan dalam bentuk live-action. Keberhasilan serialnya nanti akan sangat bergantung pada upaya Netflix dalam memadukan CGI dan para Pokemon-nya. Jika serialnya nanti benar-benar akan mengambil referensi dari Detective Pikachu, tampaknya serial live-action Pokemon ini cukup menjanjikan untuk kita saksikan.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.