The Punisher merupakan tokoh anti-hero Marvel yang sangat disukai oleh penggemar.  Punisher sering digambarkan sebagai manusia biasa yang tidak mempunyai kekuatan super, tetapi sering mengalahkan penjahatnya dengan cara yang super brutal. Mempunyai nama asli Frank Castle, Punisher selalu mempunyai berbagai cara kreatif dan sadis untuk mengalahkan musuh-musuhnya, bahkan kesadisannya bisa melebihi penjahat yang sedang dihadapinya.

Namun, ternyata perjalanannya tidak selalu mulus dan berakhir dengan kekalahan musuhnya, Punisher juga pernah mengalami kematian yang lebih mengerikan daripada sebagian besar pahlawan atau penjahat lainnya. Sebagai akibat dari betapa sulitnya pertempuran Punisher sebagai manusia biasa, dan seringnya dia dibangkitkan lagi untuk tujuan tertentu, cukup masuk akal jika Punisher telah dibunuh dan kembali hidup lebih dari satu kali. Berikut adalah beberapa kematian Punisher dan bagaimana dia dihidupkan kembali.

Suicide Run

Kisah Suicide Run pernah beberapa kali menjadi bagian cerita dari komik The Punisher, The Punisher: War Journal, dan The Punisher: War Zone, berfokus pada pertemuan keluarga kriminal yang sangat kuat di Manhattan Tower, yang sebenarnya dirancang sebagai jebakan untuk Punisher. Sadar akan bahaya sekaligus yakin bahwa dirinya bisa membunuh banyak bos kriminal sekaligus, Frank Castle menyelinap ke dalam gedung tersebut dan meledakan gedung tersebut saat dirinya terjebak dengan para bos kriminal. FBI palsu mengklaim bahwa telah menemukan tubuh Frank di bawah reruntuhan.

Kenyataannya, Frank berhasil selamat dari ledakan dan pulih di kota kecil Laastekist. Sementara itu, karakter Outlaw, seorang anti-hero Inggris yang terinspirasi oleh Punisher pergi ke Amerika untuk menyelidiki. Dia datang melawan sejumlah Punisher palsu yang bermunculan setelah berita kematian Punisher, sampai akhirnya Outlaw bekerja bersama Punisher asli untuk melawan koalisi musuh yang mengetahui kebenaran tentang kematian palsu Punisher dan mencoba membunuh Frank di Laastekist.

Angel Punisher

Volume kelima Punisher karya Christopher Golden, Tom Sniegoski, dan Bernie Weightson, dimulai dengan Frank Castle yang telah dimanipulasi untuk membunuh dirinya sendiri oleh segerombolan setan. Di antara para setan tersebut ada setan yang memiliki hubungan dengan penjahat yang telah membunuh keluarganya. Setelah dihidupkan kembali oleh malaikat Gabriel, Punisher diberi kekuatan gaib untuk melanjutkan perangnya sebagai agen surga, yang kali ini berfokus pada setan yang telah memanipulasi hidupnya.

Di kisah ‘Welcome Back, Frank’ karya Garth Ennis dan Steve Dillon, Punisher akhirnya dipulihkan kembali menjadi manusia biasa. Punisher yang tampaknya sudah lelah dengan misi surga, dia akhirnya dikirim kembali ke kehidupan sebelumnya sebagai bentuk hukuman. Namun, Punisher justru dengan santai menerima kepulangannya, karena ingin segera kembali ke cara sebelumnya di mana dia membalas dendamnya sebagai seorang manusia.

Dark Reign

Selama peristiwa Dark Reign, Norman Osborn diceritakan berusaha untuk menyelesaikan banyak misi untuk memperbesar kekuasaannya. Salah satu misinya adalah membunuh Frank Castle. Di komik Dark Reign: The List — Punisher karya Rick Remender dan John Romita Jr, dia memerintahkan Daken untuk memimpin pasukan tentara untuk membunuh Frank. Setelah pertempuran panjang, Daken mampu melemahkan Punisher dan memenggalnya.

Namun, sisa-sisa tubuh Frank ditemukan oleh Man-Thing dan Moloid, yang membawanya ke Morbius di Monster Metropolis bawah tanah. Frank terlahir kembali sebagai Franken-Castle, seorang pria yang dirancang untuk membantu mempertahankan komunitas monster dari serangan. Dia akhirnya bertemu kembali dengan Daken dan bertarung bersama para Monster. Ketika akhirnya berhasil mengalahkan Daken, Elsa Bloodstone memberinya Bloodstone, yang mengembalikannya sebagai manusia biasa.

Multiverse Marvel

Di multiverse versi Marvel, banyak varian Frank yang juga tewas dengan caranya masing-masing. Misalnya di komik Punisher: The End karya Garth Ennis dan Richard Corben, Frank diceritakan sebagai salah satu orang yang berhasil selamat dari perang nuklir. Dia kemudian membunuh semua pejabat pemerintah dalam sebuah ruangan karena berpotensi kembali untuk menghancurkan umat manusia, sebelum dirinya berjalan ke dalam api radioaktif. Di komik Punisher: MAX karya Jason Aaron dan Steve Dillon, Frank yang terluka parah, mati di rumah yang pernah dia tinggali bersama keluarganya.

Di komik Punisher Kills The Marvel Universe karya Ennis dan Doug Braithwaite, Frank juga mati dengan cara menembak dirinya sendiri setelah berhasil menyapu bersih sebagian besar pahlawan dan penjahat Marvel. Kemudian setelah secara tidak sengaja membunuh keluarga yang tak berdosa di komik Earth X #1/2 karya Alex Ross, Jim Krueger, dan Bill Reinhold, Punisher memutuskan mengakhiri hidupnya sendiri. Ada juga di cerita What If? Wolverine Was Lord of the Vampires? karya Roy Thomas dan Tom Morgan, Punisher mati saat melakukan misi sebagai seorang pemburu vampir.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.