Menjadi Asal-Usul Spider-Verse

Multiverse adalah poin utama dari What If…? dan seri komik tersebut menjadi awal mula munculnya Spider-Verse di Marvel Comics, yang muncul perdana pada 2010. Dalam What If…? #7, kita disuguhkan dengan pertanyaan “bagaimana jika ada seseorang selain Peter Parker juga digigit oleh laba-laba radioaktif?” Pertanyaan ini kemudian menghadirkan dua manusia laba-laba yang baru. Pertama adalah Silk, yang diketahui digigit oleh laba-laba yang sama dengan Peter. Dan sosok lainnya adalah Gwen Stacy.

Jane Foster Jadi Thor Untuk Pertama Kali

Cerita lainnya yang sudah diberikan petunjuk sejak lama oleh seri What If…? adalah Jane Foster yang menjadi Thor. Dalam What If…? 10 pada 1978 silam, para pembaca melihat bagaimana jika Jane Foster yang kemudian menemukan Mjolnir dan bukan Dr. Donald Blake. Jane pun kemudian menjadi sosok Thor untuk pertama kalinya selain Odinson.

Jane sendiri kemudian kembali menjadi Thor pada 2014, namun kali ini ceritanya menjadi bagian dari timeline utama Marvel. Ketika Thor merasa dirinya tidak layak, pada akhirnya dia kehilangan kemampuan untuk mengangkat dan menggunakan Mjolnir. Di sisi lain, Jane kemudian menemukan palu tersebut dan kemudian menjadi Thor baru selama beberapa waktu.

Storm Vs Throg

Salah satu Easter egg yang ada di episode kelima dari seri Loki menghadirkan Throg, variant dari Thor yang merupakan seekor kodok. Penampilan singkatnya di MCU tersebut seolah menghadirkan cerita yang muncul di What If…? #12, di mana Storm diceritakan menjadi Thor dan kemudian dia bertarung menghadapi Thor versi kodok, Throg.

Cerita ini juga mengembangkan dari cerita sebelumnya yang muncul di New Mutants Special Edition #1, di mana para New Mutants dan X-Men pergi ke Asgard. Storm sendiri sudah menjadi salah satu mutan terkuat yang ada di universe Marvel, dan ditambah adanya kekuatan dari Mjolnir, membuatnya menjadi semakin kuat.

Memberikan Petunjuk Tentang Clone Saga

What If…? #30 menjadi petunjuk atau menjadi landasan cerita bagi salah satu storylines Spider-Man di era 90an, yaitu The Clone Saga. Crossover epik tersebut terinspirasi dari komik The Amazing Spider-Man #149, di mana Jackal melakukan kloning dari sosok Peter Parker. Meskipun kloningnya tewas, dalam sebuah retcon yang dihadirkan, ternyata kloning tersebut belum tewas.

Sosok kloning tersebut kemudian menjadi Ben Reily, Scarlet Spider. Seri What If…? sendiri menghadirkan cerita di mana kloning dari Peter Parker tersebut mencoba untuk menjalani hidup yang sama seperti Peter Parker yang asli. Dan pada akhirnya kedua karakter tersebut saling bertarung satu sama lain.

King Loki

Salah satu variant Loki yang paling epik yang muncul di MCU, Boastful Loki, muncul di episode lima kemarin. Yang menarik adalah dia memiliki Mjolnir versinya sendiri. Dalam What If…? #47 di ceritakan bahwa Loki berhasil menemukan Mjolnir dan kemudian menjadi Thor dan juga berhak akan kekuatannya. Cerita berbeda kemudian dihadirkan dalam seri komik Journey Into Mystery #83, di mana kita melihat Donald Blake yang menjadi Thor. Ini menjadi cerita awal yang mengeksplor berbagai versi dari Loki, sesuatu yang sangat penting bagi keberlangsungan ceritanya di MCU.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.