Thor Odinson adalah salah satu pahlawan super Marvel yang sering terlihat mengenakan jubah klasik yang menjadi ciri khasnya, dan sekaligus membuatnya terlihat lebih gagah. Selain Thor, hanya ada beberapa pahlawan super yang mengenakan jubah, seperti Doctor Strange dan Vision, selain mereka kebanyakan pahlawan super lain tampaknya memang tidak berniat mengenakan jubah.

Kostum yang dikenakan oleh Thor sebenarnya sudah sering berganti-ganti untuk mengikuti tren pada masanya. Kostum barunya terkadang membuat penggemar terkesan dan terkadang pilihan busananya membuat penggemar bingung. Berikut perubahan kostum Thor dari tahun ke tahun!

Klasik Thor (1962)

Thor pertama kali diciptakan oleh Stan Lee, Larry Lieber, dan Jack Kirby. Saat pertama kali Thor muncul, dia mendapatkan kostum ramping berwarna biru dengan jubah berwarna merah menyala. Dia juga mengenakan helm bersayap, dan juga desain melingkar di bagian dadanya. Sebenarnya kostum debut Thor ini bukan versi pertama Thor yang digambar Kirby. Awalnya, Thor memiliki kostum Viking dengan janggut, namun desainnya dibatalkan. Menariknya tidak lama setelah Thor debut dengan kostum yang biru merahnya, Spider-Man juga diluncurkan dengan tema warna yang hampir sama persis.

Mighty Thor (1984)

Komik Thor karya Walter Simonson, sejauh ini adalah salah satu komik paling sukses yang diterima dengan baik oleh para penggemar Marvel. Meskipun Thor tidak terlihat memiliki perubahan besar pada kostumnya, Thor jelas terlihat lebih besar dalam penampilan sebelumnya. Satu tambahan yang terlihat menonjol adalah bantalan lutut berwarna hitam. Pada tahun 1984, Thor diceritakan sedang dalam misi untuk menyelamatkan Asgard dari Surtur. Sebelum kekacauan dimulai, sang Dewa Petir harus menghentikan Surtur mewujudkan rencananya.

Thor Emas (1987)

Di tahun 1987, kostum Thor memiliki lebih banyak warna emas di lengannya. Dari ujung kepala hingga ujung kaki, dan lengan emasnya tampak berkilauan dan kostumnya benar-benar terlihat seperti yang dipakai oleh seorang Dewa. Dia juga memiliki helm bersayap yang lebih rumit dibanding sebelumnya. Tentu saja, bukan hanya Loki yang suka pamer, tetapi hampir semua Asgardian termasuk Thor sangat suka tampil dengan kostum yang membuatnya terlihat gagah dan berani.

Destroyer (1987)

Destroyer awalnya adalah armor Asgardian yang bisa hidup sendiri dengan menggunakan ilmu sihir, dia juga selalu ditampilkan sebagai lawan Thor yang hebat. Dan di komik The Mighty Thor #381 pada tahun 1987, melihat Destroyer sekali lagi melawan Thor. Dalam pertarungannya kali ini, Thor diasumsikan mati dan Destroyer mencoba untuk menyerap jiwanya ke dalam Armor-nya, tetapi Thor justru dengan cepat membalikkan proses dan mengambil alih Destroyer. Thor Destroyer terlihat menggunakan helm bersayap, jubah merah, dan ikat pinggang emas, yang sering menjadi ciri khas Thor.

Seksi Thor (1996)

Sejauh ini Thor adalah salah satu pahlawan Marvel yang tampan. Di komik Thor #502, Thor terlihat mengenakan kostum yang lebih terbuka, khususnya di perutnya. Mike Deodato Jr. sangat terinspirasi dengan pakaian pada tahun 90-an, sehingga desain Thor nya terlihat mengenakan crop top, bantalan bahu kulit, dan rambut panjang.

Thunderstrike (1993)

Pada tahun 1993, Thor mendapatkan perubahan besar-besaran dan tampak seperti bintang Rock. Eric Masterson memperkenalkan Thor sebagai manusia normal pada tahun 1988, secara bertahap dia menggabungkan Thor dengan seorang rockstar, sampai akhirnya karakter bernama Thunderstrike lahir. Helmnya hilang, rambutnya dikuncir kuda, dan dia mengenakan rompi kulit berkerah tinggi tanpa lengan. Citra Thor dalam versi Thunderstrike ini membuatnya tampak seperti seorang manusia.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.