Apakah pertarungan epik yang terjadi di arc Thriller Bark di mana kelompok Topi Jerami melawan Oars dan Gecko Moria akan kembali terjadi di arc Wano? Bagaimana hal itu bisa terjadi? Pertarungan melawan Kaido menjadi pertarungan yang paling berat dan sulit yang pernah dihadapi oleh Luffy di sepanjang petualangannya menjadi seorang bajak laut.

Hal ini wajar, karena Kaido memang bukanlah sosok sembarangan. Dia merupakan salah satu dari empat penguasa samudra alias Yonko. Artinya level kekuatannya pun jauh di atas bajak laut biasa, bahkan di atas level bajak laut Shichibukai. Belum lagi status Kaido sebagai makhluk paling kuat di dunia, membuat Luffy sangat kesulitan untuk menghadapi Kaido.

Bahkan, apa yang diperlihatkan sejak chapter 1000 membuktikan bagaimana level kekuatan dari Kaido. Lima orang Supernova sekaligus menghadapi Kaido – dan Big Mom – namun, tidak ada satu pun dari mereka yang berhasil melumpuhkan Kaido. Padahal, kelima Supernova tersebut sudah mengeluarkan kemampuan yang mereka miliki. Sayangnya, semua serangan tersebut tidak mempan.

Chapéus de Palha vs Oars - (Legendado/Subtitled) - YouTubeJustru yang terjadi malah sebaliknya. Para Supernova yang harus kewalahan, bahkan sampai terluka parah akibat serangan Kaido. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Zoro dan juga Luffy. Bahkan, Luffy tiga kali dikalahkan oleh Kaido. Melihat situasi ini, banyak dari fans yang bertanya-tanya bagaimana kemudian Kaido bisa dikalahkan, mengingat Kaido masih bertahan dan sama sekali tidak terlihat kewalahan menghadapi mereka yang mencoba membunuhnya.

Beberapa kemungkinan pun muncul. Namun, salah satu yang bisa dibilang menarik adalah kemungkinan kelompok Topi Jerami akan kembali bersatu dan bersama-sama menghadapi Kaido. Hal ini kembali mengulang apa yang terjadi di arc Thriller Bark, ketika mereka bersama-sama mengalahkan Gecko Moria dan Oars. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Berdasarkan dari apa yang sudah diperlihatkan sejauh ini, beberapa kelompok Topi Jerami terlihat sudah selesai bertarung, contohnya adalah Usopp dan Nami. Mereka sudah berhasil mengalahkan Page One dan Ulti – meskipun masih belum diketahui apakah mereka berdua bisa bangkit kembali mengingat mereka adalah pengguna Zoan. Kemudian Franky, yang berhasil mengalahkan Sasaki.

One Piece Chapter 1010 – Luffy VS Kaido | 12DimensionBeberapa kru Topi Jerami lain memang masih sibuk bertarung. Contohnya Robin dan Brook yang masih menghadapi Black Maria. Kemudian Sanji baru saja mulai bertarung menghadapi Queen. Jinbe juga masih bertarung melawan Who’s Who, meskipun peluang menangnya sangat besar. Hanya Zoro dan Luffy yang statusnya saat ini dalam keadaan gawat. Luffy baru saja sadar setelah tenggelam, dan kesehatan Zoro belum pulih sepenuhnya.

Meskipun begitu, ada kemungkinan kelompok Topi Jerami akan kembali berkumpul dan pergi ke atap istana Kaido setelah mereka selesai dengan pertarungan atau urusan yang sedang dilakukan. Mereka kemudian akan bersama-sama menghadapi Kaido, seperti halnya ketika mereka menghadapi Oars dan Gecko Moria. Dengan kekuatan fisik yang mengerikan, Kaido pun rasanya tidak jauh berbeda dengan sosok Oars.

One Piece Goes All Out with an Epic Straw Hats ReunionDan jika ini terjadi, maka kita akan melihat kembali kerja sama luar biasa dari para kru Topi Jerami dalam mengalahkan satu musuh yang sama. Seperti yang diperlihatkan di arc Thriller Bark, salah satu dari mereka akan menjadi penentunya. Dan sosok tersebut bisa jadi adalah Luffy. Luffy akan menggunakan kekuatan terakhirnya untuk mengalahkan Kaido.

Ini juga bisa menjadi bukti nyata bahwa kelompok Topi Jerami memang pantas untuk dianggap menjadi salah satu kelompok bajak laut papan atas, kelompok bajak laut yang kekuatannya setara dengan para kru Yonko. Namun, yang paling penting dari pertarungan antara Topi Jerami dan Kaido ini adalah bagaimana kerja sama mereka sebagai sebuah kelompok bajak laut besar, seperti yang diperlihatkan sebelumnya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.