Gorosei adalah salah satu kelompok yang ada di Pemerintah Dunia dan terdiri dari lima orang tua yang hingga sekarang masih belum terungkap namanya. Para Gorosei adalah orang-orang penting di Pemerintahan Dunia dan memiliki jabatan yang lebih tinggi dari pada Tenryuubito, bahkan mereka adalah orang-orang yang memiliki akses langsung dengan Im Sama. Lantas apa tujuan dan tugas yang dimiliki oleh para Gorosei?

Melihat gerak-gerik mereka selama ini, nampaknya para Gorosei memiliki tugas untuk menjaga kestabilan dunia. Walaupun cara yang mereka gunakan cukup licik, namun cara ini bertujuan untuk menjaga kestabilan dunia hingga sekarang. Salah satu upaya yang dilakukan Gorosei demi menjaga kestabilan dunia adalah dengan melakukan Buster Call ke pulau Ohara beberapa tahun yang lalu. Meski cara ini membuat banyak korban jiwa, namun tujuan dari Buster Call ini bisa membuat banyak orang kembali takut pada kekuatan yang dimiliki oleh Pemerintah Dunia.

Selain itu Gorosei nampaknya juga bertanggung jawab atas beberapa tindakan rahasia yang dilakukan atas nama Pemerintah Dunia seperti menyebarluaskan rumor mengenai Will of D, mengancam siapapun yang berusaha mencari kebenaran mengenai Void Century, dan lain-lain. Meski peran Gorosei di Pemerintahan Dunia cukup besar, namun hingga sekarang masih banyak misteri mengenai kelompok ini.

Salah satunya adalah kekuatan dan nama-nama setiap anggota Gorosei. Meski telah diperlihatkan bentuk fisik dari para Gorosei, namun hingga sekarang masih belum diperlihatkan nama dan kekuatan yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Sehingga bisa jadi para Gorosei masih akan memperlihatkan kekuatan yang mereka miliki di masa depan, bahkan keberadaan para Gorosei hanya diketahui oleh beberapa orang saja di Pemerintahan dunia dan pihak Angkatan Laut. Oleh sebab itu hanya beberapa karakter saja yang pernah bertemu dengan para Gorosei.

Namun terlepas dari misteri yang mereka miliki, para Gorosei juga mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa pada orang-orang di Pemerintah Dunia. Bahkan Doflamingo yang merupakan salah satu orang paling ditakuti di tubuh Shichibukai, masih tunduk dan patuh pada perintah Gorosei ketika diminta untuk menghabisi Gekko Moriah setelah dikalahkan oleh Luffy. Selain itu mereka juga berusaha menutupi beberapa informasi penting agar tidak bocor ke masyarakat, seperti informasi mengenai para tahanan Impel Down Level 6 yang melarikan diri. Hingga sekarang tidak banyak masyarakat mengetahui informasi tersebut.

Sehingga Gorosei tampaknya juga memiliki peran untuk menjaga nama baik Pemerintah Dunia. Bahkan mereka rela melakukan tindakan kotor demi menutupi tindakan jahat yang dilakukan oleh Pemerintah Dunia secara diam-diam. Karena tindakan itulah, para Gorosei sering dikatakan sebagai kelompok dari Pemerintahan Dunia yang sering cuci tangan akibat tindakannya yang licik dan curang.