Dalam adegan pasca-kredit Black Widow, Yelena Belova (Florence Pugh) diberi misi oleh Contessa Valentina Allegra de Fontaine alias Val (Julia Louis Dreyfuss) untuk memburu Clint Barton (Jeremy Renner), tetapi mungkin saja hal itu merupakan bagian dari rencana Val terkait tim super baru yang sedang dia bentuk. Jika benar Val memang berencana membuat tim super baru, tampaknya tugas Yelena untuk memburu Hawkeye mempunyai tujuan lain yang cukup serius.

Penampilan Yelena berikutnya di serial Hawkeye tampaknya akan sedikit memperjelas tujuan dari Val selama ini. Sejauh ini, tujuan Val merekrut John Walker (Wyatt Russell) dan Yelena masih misteri, tetapi ada banyak hal yang mencurigakan mengenai perintahnya untuk memburu Clint Barton. Salah satunya berhubungan dengan karakter Kate Bishop (Hailee Steinfeld) yang kemungkinan menjadi kandidat perekrutan Val berikutnya. Berikut spekulasi mengenai perekrutan Kate yang dapat menyebabkan kematian Clint dalam proses.

Mengapa Val Ingin Hawkeye Mati?

Cukup jelas bahwa Val sedang merekrut pahlawan baru yang merupakan cerminan lain dari para anggota Avengers. Belum jelas apa alasan Val melakukan hal tersebut, dan apakah dia bekerja atas kemauannya sendiri atau mengikuti arahan dari sebuah organisasi tempat dia bekerja. Untuk satu hal, kematian Barton memang bisa saja membuat status Avengers menjadi semakin tidak jelas. Namun, aktivitas Clint sebagai Ronin sebelumnya mungkin saja telah memicu perintah pembunuhan Clint, karena dia mungkin telah mengeksekusi orang-orang yang terkait dengan Val.

Val mengirim Yelena untuk memburu Clint dengan motif bahwa Hawkeye adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian Natasha Romanoff di Vormir. Dan sampai pada akhirnya Yelena bertemu dengan Clint di serial Hawkeye nanti, kemungkinan akan ada sebuah twist yang mengungkap ternyata misi Yelena untuk membunuh Clint adalah strategi Val untuk melenyapkan mentor Kate sekaligus mengajaknya menjadi bagian dari tim super baru yang sedang dia bentuk.

Mengapa Val Mengincar Kate Bishop?

Di Marvel Comics, Kate Bishop adalah seorang pemanah muda yang menjadi anggota Young Avengers. Bahkan sebagai seorang penyelidik swasta di Los Angeles, Kate adalah mitra Clint Barton sebagai Hawkeye wanita. Tetapi apa yang memotivasi Kate untuk menjadi pahlawan super, sebenarnya karena pemberontakan dirinya terhadap orang tuanya yang merupakan kriminal. Serial Hawkeye nanti akan memperkenalkan Eleanor Bishop (Vera Farmiga), ibu Kate, yang tampaknya bekerja untuk sebuah bisnis gelap. Ada kemungkinan orang tua Kate adalah orang yang menyuruh Val untuk melenyapkan Clint.

Di Marvel Comics juga, Clint dan Kate memiliki sedikit hubungan cinta dan benci, di mana Kate sering jengkel kepada Hawkeye yang lebih tua. Hal itu bisa saja diadaptasi juga ke dalam serial Hawkeye nanti, sehingga bisa saja hal tersebut dimanfaatkan oleh Val untuk merekrut Kate. Tentu saja hal tersebut karena Val menyadari bahwa Kate Bishop adalah bagian dari generasi pahlawan MCU berikutnya, yang bisa dia jadikan sebagai seorang penembak jitu di tim supernya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.