Dalam dunia One Piece, level kekuatan dari seorang penjahat atau bajak laut dihitung dari seberapa besar nilai buruan yang mereka miliki. Ketika seorang bajak laut sudah mendapatkan perhatian dari angkatan laut terkait apa yang mereka lakukan, maka pihak angkatan laut akan menawarkan sejumlah uang bagi siapapun yang bisa menangkap atau membawa mereka ke pihak angkatan laut.

Semakin besar nilai buruannya, maka bisa diasumsikan semakin kuat juga sosok tersebut. Namun, pada kenyataanya memang tidak selamanya angka di poster buruan memberikan gambaran pasti mengenai kekuatan yang mereka miliki. Terkadang ada juga bajak laut atau penjahat yang memiliki nilai cukup besar padahal dia tidak terlalu kuat. Ada juga beberapa karakter yang nilai buruan kecil, padahal mereka memiliki kekuatan dan memiliki reputasi. Siapa saja?

Hatchan – 8 Juta Belly

Hatchan merupakan seorang manusia ikan berbentuk gurita, yang memiliki enam tangan. Dia merupakan mantan kru dari bajak laut Matahari yang pernah menjadi musuh bagi kelompok Topi Jerami. Dia juga pernah ikut terlibat dalam penyerangan ke desa tempat Nami tinggal, dan bahkan melukai Nami. Hatchan sendiri kemudian berhasil dikalahkan oleh Zoro, dan sekarang dia menjadi sekutu bagi Luffy.

Dengan reputasinya sebagai mantan kru bajak laut Matahari, serta bagaimana kemampuan berpedangnya yang mengerikan, rasanya nilai buruan 8 juta Belly cukup kecil. Kejahatan Hatchan paling besar adalah membantu kelompok Topi Jerami dalam menghadapi pasukan angkatan laut dan membantu mereka bersembunyi. Peristiwa tersebut tentu seharusnya menaikan nilai buruan Hatchan.

Jesus Burgess – 20 Juta Belly

Jesus Burgess merupakan wakil kapten dalam kelompok bajak laut Blackbeard, dan menjadi kapten dari kapal pertama. Dikenal sebagai the Champion, Burgess memiliki kelebihan yang sangat luar biasa dalam pertarungan jarak dekat. Kemampuan Hakinya juga sangat dahsyat, yang bisa dilihat saat dia bertarung melawan Sabo.

Saat ini, Blackbeard sedang mempersiapkan seluruh krunya untuk menjadi lebih kuat dan lebih hebat. Hal ini semata-mata untuk membuat dirinya bisa mewujudkan mimpi terbesarnya, yaitu menguasai dunia. Menjadi bagian dari salah satu kru Yonko, rasanya nilai buruannya yang hanya 20 Belly masih terlalu kecil. Setidaknya nilai buruan Jesus Burgess mencapai ratusan juta Belly.

Galdino Alias Mr. 3 – 24 Juta Belly

Galdino alias Mr. 3 adalah salah satu villain yang muncul dalam arc Alabasta. Meskipun Galdino tidak sekuat anggota Baroque Works lainnya, tetapi Galdino memiliki kecerdasan dan keuletan yang tinggi. Galdino juga memiliki kemampuan buah iblis berjenis Logia Doru Doru yang memungkinkannya untuk bisa berubah dan memanipulasi lilin sesuka hatinya.

Karena bukan sosok yang ahli bertarung, Galdino menggunakan otaknya untuk menyusun rencana dan melakukan perhitungan. Bahkan Galdino mampu menyiapkan jebakan untuk para anggota Topi Jerami, dan berhasil menjebak mereka di arc Little Garden. Mr. 3 juga merupakan sosok dibalik lolosnya Ace, dengan membuat kunci borgol cadangan yang diberikan kepada Luffy dalam perang di Marineford. Belum lagi dia adalah salah satu tahanan Impel Down yang berhasil kabur, rasanya nilai buruan 24 juta Belly sangatlah kecil.

Crocodile

Crocodile adalah villain utama di arc Alabasta. Ia merupakan pemimpin Baroque Works dan salah satu mantan Shichibukai. Gelar Shichibukainya dicopot setelah mencoba mengambil alih kerajaan Alabasta. Dengan kekuatan dan kekayaannya, Crocodile menggunakan semua semua yang dia miliki untuk menciptakan konspirasi besar untuk menggulingkan penguasa Alabasta.

Selain itu, Crocodile juga mencari senjata kuno, Pluton, untuk digunakan dalam rencananya yang jauh lebih besar daripada hanya sekedar mengambil alih seluruh kerajaan. Crocodile adalah villain pertama yang mampu mengalahkan Luffy, dan dengan semua reputasinya Crocodile hanya “dihargai” sebesar 81 juta Belly. Padahal, nilai buruannya bisa saja mencapai ratusan juta Belly.

Senor Pink – 58 Juta Belly

Ketika Senor Pink melakukan debut di One Piece, orang-orang pasti beranggapan bahwa Senor Pink bukanlah ancaman yang serius. Hal tersebut memang masuk akal mengingat penampilan Senor Pink yang cenderung kekanak-kanakan. Bagaimana tidak, di usianya yang sudah dewasa, Senor Pink masih mengenakan pakaian seperti bayi.

Apalagi ia menggunakan pakaian pink, lengkap dengan dot bayi di mulutnya. Namun, dibalik itu Senor Pink adalah seorang karakter yang sangat mematikan. Setelah bertarung melawan Franky, orang-orang kemudian sadar bahwa Senor Pink merupakan musuh yang mematikan. Ia dipersenjatai dengan buah iblis Sui Sui yang membuatnya dapat berenang di mana pun. Senor Pink juga merupakan bagian dari kelompok Donquixote Doflamingo, yang mana nilai buruan sebesar 58 juta Belly masih sangat kecil dengan reputasinya tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2