Film Black Panther merupakan salah satu film sukses Marvel Cinematic Universe yang berhasil meraup pendapatan sekitar $1,3 miliar atau Rp18,8 triliun di bioskop seluruh dunia. Sutradara Ryan Coogler dan tim produksinya menciptakan gambaran yang mewah tentang negara fiksi Wakanda di Afrika, lengkap dengan buku setebal 500 halaman yang merinci sejarah, budaya, dan geografi negara tersebut.

Cukup jelas bahwa buku Wakanda benar-benar dikemas dengan ide-ide potensial, banyak di antaranya bahkan belum disinggung di film-film MCU lain. Di komik, hutan Wakanda adalah tempat bagi segala macam kuil dan totem mistik kuno. Dan sekarang dengan berbekal buku tentang sejarah dan budaya Wakanda di MCU, Coogler tampaknya sedang mengerjakan setidaknya satu serial spin-off tentang Wakanda yang akan tayang di Disney+ nanti. Berikut 5 potensi cerita yang bisa dihadirkan di spin-off Black PantherĀ nanti.

Sejarah Wakanda

Di Marvel Comics, sejarah Black Panther membentang selama 1.000.000 tahun lamanya, dari mulai Black Panther pertama yang merupakan seorang kepala suku dan pernah bergabung dengan Avengers versi prasejarah. Di MCU, sejarah Wakanda tidak sepanjang di komiknya, bangsa Wakanda bersatu sekitar 10.000 tahun yang lalu. Gunung suci yang berisi Vibranium Wakanda dinamai Gunung Bashenga, diambil dari nama raja pertama negara itu.

Tampaknya akan cukup menarik jika serial spin-off Black Panther di Disney+ nanti, mengeksplorasi sejarah dan warisan negara tersebut. Bisa dimulai dari karakter Black Panther kuno pada masa lalu, dan mengungkap bagaimana Wakanda menemukan ramuan yang memberi kekuatan kepada para Black Panther. Atau serialnya juga bisa berlatar waktu pada awal abad ke-20, di mana Howard Stark pertama kali memperoleh sampel Vibranium untuk membuat perisai Captain America.

Suku-suku di Wakanda

Selain memperkenalkan T’Challa dan keluarganya di MCU, film Black Panther juga membawa lima suku Wakanda ke layar lebar, Suku Perbatasan, Suku Sungai, Suku Pertambangan, Suku Saudagar, dan Suku Jabari di bawah kepemimpinan M’Baku. Coogler bisa saja memilih untuk menjelajahi semua suku ini, mungkin dengan menceritakan beberapa kisah petualangan yang mengarah ke pertemuan dengan masing-masing suku. Pendekatan seperti ini dilakukan agar menambah kedalaman cerita Wakanda, sementara karakter dan latar belakangnya disempurnakan melalui sebuah tayangan serial di Disney+.

Dora Milaje

Dora Milaje adalah kekuatan militer utama Wakanda, yang berisi prajurit wanita terampil yang melindungi Wakanda dari ancaman apa pun. Para penggemar di seluruh dunia telah jatuh cinta dengan desain Dora Milaje yang menakjubkan, sehingga masuk akal jika serialnya spin-off nanti akan menceritakan petualangan mereka. Bahkan ada komik Marvel yang secara khusus menceritakan para Dora Milaje, komik tersebut berjudul Black Panther: World of Wakanda karya Ta-Nehisi Coates yang menyempurnakan beberapa karakter Dora Milaje.

Wakanda Design Group

Shuri versi MCU adalah adik perempuan T’Challa yang menjadi kepala Wakanda Design Group. Dengan Wakanda yang telah mengungkapkan teknologi canggihnya kepada dunia, cukup jelas bahwa sekarang Shuri adalah seorang penemu yang sangat terkenal. Namun, sebagai negara penghasil vibranium dan juga pengembang teknologi canggih, seperti nanoteknologi dan kecerdasan buatan, hal itu bisa membuat Wakanda dalam bahaya. Jika cerita tersebut diadaptasi menjadi serial di Disney+, kemungkinan besar Shuri dan Wakanda Design Group-nya akan membuat spin-off Black Panther semakin menarik.

Perburuan Klaw

Kemungkinan terakhir, Marvel Studios dan Coogler bisa membuat serial prekuel yang mengeksplorasi sejarah Ulysses Klaue alias Klaw yang diperankan oleh Andy Serkis di film Avengers: Age of Ultron dan Black Panther. Akhir Klaw di MCU terasa agak mengecewakan, tetapi Marvel dapat mengangkat cerita tentang pelariannya dari keadilan Wakanda pada tahun 90-an, setelah Klaw pertama kali mencuri sampel Vibranium. Selain itu juga, serialnya bisa memberikan pandangan orang luar tentang Wakanda.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.