Sudah menjadi tugas utama dari para pahlawan super untuk bertarung dan memberantas berbagai kejahatan yang ada. Dengan kemampuan yang mereka miliki, para pahlawan berusaha untuk menjaga perdamaian bumi dengan mengalahkan para villain atau penjahat yang mengancam perdamaian tersebut. Namun, dalam dunia pahlawan super tidak selamanya berjalan mulus. Ada banyak hal yang yang harus mereka lewati.

Misalnya ketika kekuatan mereka tidak sanggup untuk menghadapi penjahat yang muncul, karena kekuatannya terlalu kuat. Atau juga ketika para pahlawan harus kehilangan rekan-rekan mereka yang membuat mental mereka jatuh. Dan tidak jarang juga para pahlawan ini “salah sasaran.” Para pahlawan menganggap seorang karakter villain sebagai dalang di balik peristiwa, yang mana ternyata dugaan tersebut salah. Selain itu, ada juga kejadian yang memperlihatkan saat para villain juga “salah sasaran”. Lalu, siapa saja karakter tersebut?

Daredevil dan Mysterio – Guardian Devil

Dalam ceritanya, Mysterio berhasil menjalankan triknya untuk mengelabui seorang remaja perempuan untuk kemudian dia kendalikan. Mysterio memberikan sugesti dan berpikir bahwa dia hamil, dan pelakunya adalah Matt Murdock. Hal tersebut dia lakukan karena Mysterio diceritakan mengalami tumor otak yang tidak bisa disembuhkan. Dan untuk “menikmati masa terakhirnya” Mysterio mencoba untuk membuat Daredevil marah.

Secret Wars on Infinite Earths: The Comic Book Fight ClubSetelah beberapa kejadian gila yang terjadi, termasuk momen kematian kekasih dari Matt, Karen Page, Daredevil kemudian memburu Mysterio dan kemudian melakukan sesuatu yang buruk. Daredevil mengatakan pada Mysterio bahwa dia adalah penjahat yang kesekian kalinya yang menggunakan trik tersebut. Dan tidak ada yang berhasil. Sadar bahwa dia sudah gagal menghancurkan Daredevil, Mysterio kemudian memutuskan untuk mengakhiri nyawanya sendiri.

Superman dan Deathstroke – Superman #32

Meskipun Deathstroke merupakan salah satu musuh bebuyutan Batman, tidak jarang juga dia harus bertarung menghadapi anggota Justice League lainnya, termasuk Superman. Dalam komik Superman #32, diperlihatkan Slade Wilson membakar sebuah gedung demi membuat Lois Lane keluar dari sana. Slade sudah siap dengan senjatanya dari satu titik, dan memberikan ancaman kepada Superman.

Daredevil MysterioDeathstroke memberikan pilihan kepada Superman untuk membunuhnya atau dia yang akan membunuh Lois. Superman berhasil mengendalikan emosinya dan berpikir jernih. Dia memutuskan untuk tidak mengikuti permainan Deathstroke dan lebih memilih menyelamatkan orang-orang yang terjebak di gedung tersebut. Namun, Superman kemudian menemukan bahwa Lois berada di sebuah tempat yang aman dan dalam keadaan baik-baik saja. Terdapat sebuah catatan yang bertuliskan bahwa dia tidak pernah berusaha untuk menyakiti Los. Ternyata hal itu dilakukan oleh bawahan dari Deathstroke, dan melihat sampai sejauh mana Superman akan bertindak ketika dalam kondisi terdesak.

Justice League dan Terminus – JLA/Avengers

JLA/Avengers merupakan salah satu komik crossover terbaik dalam sejarah, di mana dua kubu besar – DC dan Marvel – saling bekerja sama dalam satu cerita. Ceritanya sendiri berfokus pada Kronos yang bekerja sama dengan Grandmaster, untuk memutuskan apakah Kronos bisa melihat asal-usulnya (dengan syarat seluruh kehidupan harus hancur terlebih dahulu).

Daredevil MysterioKemudian kita melihat bagaimana tim Justice League menghadapi salah satu villain dari Marvel, Terminus. Meskipun pada awalnya mereka mengalami kesulitan, karena baru pertama kali mereka bertarung, pada akhirnya Justice League berhasil mengalahkannya. Namun, kemudian mereka sadar bahwa Terminus bukanlah dalang utamanya. Dan cerita pun terus berkembang sampai akhirnya semua kembali seperti semula.

Captain America dan Promotheus – JLA/Avengers

Promotheus memiliki sebuah helm yang bisa memprediksi pegerakan dari musuhnya dan membaca gerak-gerik mereka. Hal inti tentunya menjadi keuntungan bagi Promotheus, karena dengan mampu membaca pergerakan lawan membuatnya bisa menyusup strategi lebih baik. Ketika dia harus berhadapan dengan Captain America, dia cukup percaya diri untuk bisa mengalahkannya.

Daredevil MysterioNamun, pada kenyataanya justru sebaliknya. Captain America sama sekali tidak terkena serangan dari Promotheus. Ironisnya, Captain America berhasil melumpuhkan Promotheus hanya dalam beberapa panel. Dan yang paling menyedihkan adalah setelah Captain America berhasil mengalahkannya, dia dibiarkan tergeletak begitu saja.

Superman dan Darkseid – Superman: The Animated Series

Superman memang sudah pernah berhadapan dengan Darkseid di komiknya. Dan Darkseid sudah sering kali memperlihatkan bagaimana dia menjadi ancaman besar bagi para pahlawan, termasuk Superman. Dalam seri animasinya, kita diperlihatkan bagaimana mengerikannya sosok Darkseid. Superman benar-benar dibuat kewalahan dalam menghadapi pemimpin planet Apokolips ini.

Daredevil MysterioPada awalnya, Superman dibuat tidak berdaya berkat Omega Beam yang menjadi senjata andalan Darkseid. Darkseid bahkan mengirimkan tubuh Superman yang terluka kembali ke Metropolis. Namun, Superman kemudian bangkit dan kembali bertarung menghadapi Darkseid dengan mempertaruhkan nyawanya. Dan pada akhirnya, Superman pun berhasil mengalahkan Darkseid. Kalau saja Darkseid benar-benar menghabisi nyawa Superman sejak awal, mungkin kekalahan Darkseid dapat dihindarkan.

Darededevil dan Kingpin – Daredevil #169-172

Kingpin memang pada awalnya merupakan villain yang dihadapi oleh Spider-Man. Namun, berkat seringnya Kingpin muncul sebagai villain di komik Daredevil, pada akhirnya dia pun banyak dikenal sebagai salah satu musuh bebuyutan dari Matt Murdock. Termasuk ketika Frank Miller dalam komiknya mencoba menghadirkan kembali sosok Kingpin untuk menghadapi Daredevil.

Daredevil (1964) #170 | Comic Issues | MarvelDalam arc Gang War, Kingpin diperlihatkan sangat berbeda. Dia berubah dari sosok yang mirip penjahat James Bond, menjadi sosok pemimpin mafia yang sangat mengintimidasi dan juga cerdas seperti yang dikenal saat ini. Lalu, di mana titik kesalahannya? Banyak yang menganggap bahwa interaksi antara Kingpin dan Daredevil jauh lebih baik dibandingkan dengan Spider-Man seperti yang diperlihatkan di komik Daredevil #169-172. Karena itulah sekarang Kingpin lebih sering muncul menjadi villain yang dihadapi oleh Matt.