Roger adalah salah satu karakter yang sangat ikonik dalam serial One Piece. Meski dia telah meninggal jauh sebelum cerita utama One Piece dimulai, namun berkat kematian Roger banyak orang yang akhirnya ingin menjadi bajak laut demi mencari One Piece. Dia memiliki nama lengkap Gol D. Roger, dan dia menjadi satu-satunya bajak laut yang bisa menuju Laugh Tale untuk menemukan One Piece untuk menjadi Raja Bajak Laut.

Namun di awal-awal serial One Piece, nama lengkap Roger masih disebut sebagai Gold Roger oleh sebagian besar karakter. Hal ini karena pihak Pemerintah Dunia sering mengebut Roger tanpa menyebutkan huruf D dalam namanya. Lantas mengapa bisa demikian? Nampaknya tujuan Pemerintah Dunia menyembunyikan nama asli Roger adalah untuk menghindari kekacauan yang tidak diinginkan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa orang-orang yang memiliki nama D dikenal sebagai Will of D dan merupakan musuh para dewa dan tergolong sebagai orang yang sangat berbahaya. Doktrin ini telah ada sejak dulu dan disebarluaskan oleh pihak Pemerintah Dunia kepada seluruh makhluk hidup di berbagai negara. Namun melihat latar belakang Pemerintah Dunia yang bertindak seenaknya sendiri, nampaknya doktrin yang disebarluaskan mengenai Will of D masih harus diselidiki kembali.

Pemerintah Dunia merupakan organisasi yang paling berkuasa di dunia One Piece, namun gerakan yang dilakukan oleh organisasi ini membuat sebagian besar masyarakat tidak bisa hidup dengan tenang. Bahkan hingga sekarang mereka melakukan pelarangan atas penelitian berbahaya yang ada hubungannya dengan Void Century seperti yang dilakukan para ilmuwan dari Ohara. Mengenai Will of D pihak Pemerintah Dunia hanya menyebarkan informasi tersebut seperti rumor, namun tidak memiliki alasan dan sebab yang jelas. namun karena pihak pemerintah yang menyebarluaskan informasi itu, banyak orang yang takut pada Will of D.

Sehingga jika orang yang sangat disegani oleh banyak orang seperti Roger diketahui bagian dari salah satu Will of D, maka bisa jadi banyak pihak masyarakat yang tidak mempercayai Pemerintah Dunia. Sebab saat itu meski Roger adalah bajak laut, namun dia juga terkenal dengan sifatnya yang bijak dan memiliki banyak teman di seluruh dunia. Saat eksekusinya dilakukan beberapa tahun yang lalu pun, banyak pihak yang merasa sedih saat kehilangan sosok Roger.

Jika di masa lalu banyak orang yang mengetahui nama asli Roger, maka mungkin sebagian besar masyarakat mempercayai bahwa Will of D adalah orang bijak seperti Roger. Selain itu usaha ini nampaknya digunakan oleh pihak Pemerintah Dunia agar para Will of D. tidak bersatu dan membentuk sebuah aliansi yang mungkin bisa membahayakan kedudukan Pemerintah Dunia. Potensi Roger bisa membentuk aliansi sangat tinggi jika nama aslinya tersebar luas ke seluruh penjuru dunia, sebab namanya sebagai Raja Bajak Laut telah terkenal dan dihormati oleh semua bajak laut di era tersebut.

Hingga sekarang hanya segelintir orang yang mengetahui nama asli Roger adalah Gol D. Roger, dan kebanyakan yang mengetahui nama asli Roger adalah mantan kru kapalnya seperti Rayleigh, Gaban dan lain-lain. Orang-orang yang mengetahui nama asli Roger juga tidak menyebarluaskan informasi itu demi kenyamanan bersama, sebab mereka juga pasti takut menjalani hidup penuh masalah jika berurusan dengan Pemerintah Dunia.

Namun bagi orang-orang seperti Rayleigh dan mantan kru kapal Roger yang lain, mereka tidak membesar-besarkan hal ini karena sang Kapten di masa lalu juga tidak mempermasalahkannya. Sehingga mereka memilih untuk diam dan melihat cerita para bajak laut muda seperti Luffy dan kawan-kawan memenuhi impian mereka menjadi Raja Bajak Laut baru dan berusaha membawa perubahan bagi dunia untuk menjadi lebih baik.

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.