Selalu ada hal menarik jika kita membahas tentang sosok Monkey D. Dragon. Pemimpin dari Pasukan Revolusi dan juga ayah dari Luffy ini, merupakan sosok yang sangat misterius. Meskipun sudah beberapa kali muncul di dalam cerita, tidak banyak yang diketahui tentang sosok ini. Kita juga tidak tahu bagaimana Dragon memulai Pasukan Revolusi, mengapa dia meninggalkan Luffy, dan sebagainya.

Salah satu hal menarik lainnya dari sosok Dragon adalah tato di wajahnya. Mengapa hal tersebut menarik, karena di chapter 0 pada saat Dragon muncul di Loguetown – sekitar 24 tahun yang lalu – untuk menyaksikan kematian Roger, dia tidak memiliki tato tersebut. Baru pada masa sekarang, Dragon memiliki tato tersebut, bahkan tatonya sudah menjadi ciri khas dari penampilan Dragon.

Tatonya benar-benar memberikan pengaruh yang besar terhadap penampilannya dan mungkin hal ini yang menjadi sangat memorable dari desain karakternya. Namun, sebenarnya tato apa yang ada di wajah Dragon? Simbol apa yang ada di wajah Dragon tersebut dan mengapa serta bagaimana caranya Dragon bisa memiliki tato ini?

Meskipun masih menjadi tanda tanya besar, para fans banyak yang berspekulasi mengenai hal ini. Salah satu teori yang populer adalah tato di wajah Dragon mirip dengan sebuah simbol yang dikenakan salah seorang karakter yang populer. Dan tato tersebut bisa jadi tanda adanya sebuah koneksi atau sesuatu. Simbol tersebut bisa dilihat di kimono milik Ryuma, pada arc Thriller Bark. Tulisan Kanji dalam pakaian Ryuma tersebut merupakan kanji untuk ryuu atau “naga.”

Koneksi Dengan Shimotsuki Koushiro

Dalam sebuah momen flashback dari Ace, sabo, dan Luffy, Dragon dan pasukannya tiba di pantai dekat desa Shimotsuki. Mereka kemudian dijamu di sebuah dojo di desa tersebut. Dojo tersebut merupakan milik Koushiro. Hal ini membuat para fans banyak membuat teori tentang adanya koneksi antara Dragon dan Koushiro, yang merupakan guru dari Zoro.

Adanya koneksi antara Dragon dan Koushiro ini didukung oleh jawaban Eiichiro Oda dalam sebuah kolom SBS. Meskipun jawaban yang dilemparkan oleh Oda Sensei harus disensor, tapi reaksi dari para fans bisa memberikan kita gambaran tentang apa yang terjadi diantara mereka. Lalu, kira-kira apa koneksi diantara mereka berdua?

Mengingat Dragon adalah manusia yang paling dicari oleh Pemerintah Dunia, dan kita sudah sering melihat dia mencari perlindungan dengan beberapa orang kepercayaannya – seperti Ivankov – rasanya masuk akal jika kemudian dia mengenal satu atau dua orang di desa Shimotsuki, sebelum dia pergi kesana untuk mengisi suplai. Jika tidak, bagaimana mungkin Dragon bisa dengan mudah kemudian tiba di wilayah tersebut.

Oda Sensei sendiri sudah mengkonfirmasi – beberapa kali – bahwa Koushiro memang adalah bagian dari klan Shimotsuki. Shimotsuki Kozaburo, salah satu anggota klan Shimotsuki yang kabur dari Wano, kemudian membentuk sebuah desa di wilayah East Blue. Desa tersebut kemudian tumbuh pesat dan kemudian diberi nama desa Shimotsuki. Koushiro sendiri adalah anak dari Kozaburo. Selain Koushiro, Oda Sensei juga memberi tahu bahwa Zoro adalah bagian dari keluarga Shimotsuki.

Dragon Berpetualang Mencari Informasi

Dragon merupakan orang yang memang bekerja untuk menghancurkan Pemerintah Dunia. tentu saja, kekuatan adalah sebuah kebutuhan yang mutlak bagi Dragon untuk mencapai tujuannya tersebut. Dan tidak ada kekuatan yang lebih kuat dari pengetahuan. Kemungkinan Dragon pernah pergi ke Wano, sekitar 18 tahun yang lalu.

Mengingat Wano memiliki koneksi dengan abad yang hilang serta Poneglyph, bisa diasumsikan bahwa Wano adalah tempat yang tepat untuk Dragon mencari informasi. Ryuma dikenal sebagai pelindung Wano yang sangat tangguh, bahkan di Wano, dia sudah dianggap sebagai dewa pedang. Lalu, mengapa 18 tahun yang lalu? Pada masa tersebut Shimotsuki Ushimaru dibunuh oleh Kaido.

Mengingat Koushiro dan Ushimaru adalah bagian dari klan Shimotsuki, meskipun mereka berbeda desa, tapi ada kemungkinan jika Ushimaru dan Koushiro merupakan saudara. Dan Dragon sendiri bisa mengenal sosok Koushiro dan wilayah desa Shimotsuki di East Blue kemungkinan berasal dari Ushimaru. Mungkin fakta ini akan terjawab di akhir arc Wano Country. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!