Film Black Widow memberikan petunjuk mengenai kemunculan sosok Ursa Major di masa depan MCU. Ursa Major sendiri merupakan salah satu karakter mutan yang ada di Marvel Comics – meskipun tidak sepopuler para mutan lainnya. Kemunculan Ursa Major, yang diperankan oleh Olivier Richter, memang hanya sebentar. Namun, bisa jadi MCU sudah mempersiapkan karakternya untuk kembali muncul.

Seperti yang kita ketahui, MCU tidak pernah bisa menghadirkan atau memunculkan para mutan atau sekedar menghadirkan sebutannya, karena hak ciptanya sendiri saat itu masih dipegang oleh rumah produksi Fox. Namun, pada 2019 akhirnya Disney resmi mengakuisisi Fox yang mana artinya X-Men atau para mutan kembali menjadi milik Marvel. Namun, siapa sebenarnya sosok Ursa Major?

Ursa Major Versi Komik

Ursa Major pertama kali muncul di komik Incredible Hulk #258 pada 1981. Nama asli dari Ursa Major sendiri adalah Mikhail Ursus. Pada saat itu, Uni Soviet membuat program untuk menghabisi para mutan, dan ketika kekuatan dari Ursa muncul, dia kemudian ditinggal di pegunungan. Dia berhasil selamat dalam peristiwa itu, dan dia kemudian memiliki sebuah kekuatan yang unik.

Ursa Major mampu berubah menjadi seekor beruang raksasa, yang mana kemampuannya cukup untuk bisa bertahan dari serangan Hulk. Ursa kemudian diam direkrut oleh seorang ilmuwan, yang berhasil meyakinkan pihak Uni Soviet bahwa menggunakan dan memanfaatkan kemampuan super mereka jauh lebih menguntungkan dan lebih baik dibandingkan dengan membantai mereka.

Uni Soviet pun bahkan membangun sebah sekolah khusus untuk para mutan. Menjadi bagian dari kelompok tentara super bentukan Uni Soviet, Ursa pada awalnya bekerja untuk pemerintah. Namun, kemudian keputusan tersebut berubah, di mana mereka akhirnya bekerja secara independen dan tidak lagi mengikuti perintah. Setelah keluar dari kelompok tersebut, Ursa kembali bergabung dengan kelompok lain: The Winter Guard.

Ketika dalam form manusia, Ursa adalah sosok yang sangat besar dan kuat. Dan ketika berubah menjadi mutan, ada berbagai keuntungan yang dia dapatkan. Meskipun masing-masing penulis memiliki perbedaan kekuatan, pada intinya dia memiliki kekuatan super dan kecepatan, serta stamina. Ketika dia terlalu lama dalam form beruangnya, maka dia akan merasakan efek negatif dan mulai kehilangan kendali.

Ursa Majors Di Black Widow

Kemunculan Ursa di Black Widow tidaklah banyak. Dia merupakan tahanan terakhir yang menantang Red Guardian dalam adu panco, sebelum kemudian dia diselamatkan oleh Natasha Romanoff dan Yelena Belova. Ursa meragukan cerita tentang pertarungan Red Guardian dengan Captain America. Menurutnya, saat itu Steve Rogers masih dalam keadaan membeku.

Red Guardian pun kemudian mengalahkan Ursa dengan mudah, sambil juga mematahkan pergelangan tangannya. Red Guardian pun kemudian mengejek Ursa dengan mengatakan “Aw. Look at the big bear. Gonna cry, little girl? (Oh. Lihat beruang besar ini. Apakah kau mau menangis, gadis kecil?)” Berdasarkan dari hal ini, sepertinya MCU sudah berusaha untuk bisa menghadirkan karakternya sesuai dengan apa yang diperlihatkan di komik.

Mengingat kekuatan super Ursa hanya bisa diakses ketika dia berubah menjadi beruang, masuk akal jika kemudian Red Guardian mampu mengalahkannya dalam pertarungan biasa. Meskipun Ursa tidak berubah menjadi beruang di Black Widow, namun dari referensi tersebut bukan hal yang mustahil jika kemudian Marvel akan menghadirkan form beruangnya.

Ursa dan Red Guardian sendiri memiliki sejarah panjang. Mereka sempat berada di satu tim yang sama. Dalam komikny, Winter Guard dibentuk pada awal 1990an setelah kejatuhan Uni Soviet dan kedua karakter ini adalah karakter penting dalam terbentuknya kelompok tersebut. Ursa kemudian dipenjara atas tuduhan pengkhianatan, yang mana hal ini mungkin bisa menjelaskan mengapa dia ada di penjara bersama Red Guardian di film Black Widow.

Pemerintah Rusia sempat membentuk kembali Winter Guard, dan Ursa Major pun mendapatkan pengampunan penuh, demi tim tersebut kembali dibentuk. Ini bisa menjadi jalan bagi kemunculan Red Guardian di film selanjutnya dan juga menjadi kesempatan bagi Ursa Major dan Winter Guard untuk muncul di MCU.

Ursa Major Jadi Mutan Pertama di MCU?

Kemunculan Ursa Major membuat para fans langsung berteori mengenai berbagai hal. Salah satunya adalah karakter Ursa Major tersebut merupakan sosok yang sama dalam versi komiknya, seorang mutan. Olivier Richter sendiri sempat menghadirkan kehebohan setelah melalui unggahan di Instagramnya, dia mengumumkan bahwa karakter Ursa Major memang adalah mutan pertama di MCU.

Meskipun pada akhirnya hak cipta dari para mutan berhasil kembali ke tangan Marvel, sebenarnya Ursa Major bukanlah mutan pertama yang muncul di MCU. Mutan pertama yang muncul di MCU adalah Wanda dan Pietro Maximoff. Seperti yang kita ketahui, di komiknya kedua saudara kembar tersebut adalah mutan, dan mereka adalah anak dari Magneto.

Berbeda dengan versi komik, di MCU mereka berdua berhasil membangkitkan kekuatannya berkat Mind Stone, demi menghindari masalah hukum dengan pihak Fox. Sejak saat itu, Wanda dan Pietro tidak lagi “dikenal” sebagai bagian dari mutan. Jadi, pada intinya, secara teknis Ursa Major memang menjadi mutan pertama yang muncul di MCU.