Guardian

Amerika memang memiliki banyak sekali tim pahlawan super, namun wilayah bagian lainnya pun tidak kalah. Alpha Flight adalah kelompok pahlawan super populer dari Kanada. Pemimpin mereka adalah Guardian. Guardian memang tidak memiliki kekuatan super, namun dia memiliki sebuah baju khusus yang bisa memberikannya berbagai macam kekuatan. Contohnya adalah kemampuan untuk terbang, menembakan energi, dan sebagainya. Guardian menggunakan super suit miliknya untuk melindungi Kanada dari berbagai ancaman yang ada. Istrinya pun menjadi bagian dari tim Alpha Flight bernama Vindicator, dan memiliki super suit yang sama.

Iron Heart

Ironheart dan Riri Williams sendiri merupakan karakter ciptaan dari Brian Michael Bendis bersama Mike Deodato dan Eve Ewing. Karakter ini pertama kali muncul pada Invicible Iron Man Vol. 2 #9, yang dirilis pada 2016 lalu. Dalam cerita komik, Riri Williams adalah seorang pelajar genius berusia 15 tahun, keturunan Afrika-Amerika.

Dia adalah sosok yang cerdas, dimana di usianya yang masih muda tersebut dia sudah diterima masuk di kampus MIT, kampus alumni dari Tony Stark. Kecerdasan Riri ini sebagian terinspirasi dari sosok Tony Stark. Iron Man merupakan idola bagi Riri, dan dia berusaha untuk menjadi seperti Iron Man. Tony pun mengangkat Riri sebagai penerusnya. Riri diajari banyak hal oleh Tony, namun yang paling epik tentunya adalah ketika Riri dengan sengaja membuat armor Iron Man yang lebih baik dan lebih modern.

War Machine

Meskipun sosoknya pada awalnya hanya menjadi “pendamping” bagi Tony Stark, James Rhodes kini sudah menjadi salah satu pahlawan Marvel yang ikonik. Rhodes dikenal sebagai sahabat dari Tony Stark dan juga dia merupakan orang dibalik kendali armor War Machine, salah satu armor yang juga buatan Tony. Meskipun dia hanya “sidekick” dari Tony, namun dia adalah pahlawan yang luar biasa.

Seperti halnya Tony Stark, Rhodes sangat mengandalkan teknologi dan juga berbagai peralatan yang ada di armor miliknya. Selain itu, sebagai petinggi militer, Rhodes juga memiliki kemampuan militer dan intelijen. Berbeda dengan armor milik Tony Stark, armor War Machine banyak dipasangi senjata berat, seperti misil dan Gatling Gun. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu sosok penting di Avengers.

Iron Man

Jika berbicara sosok pahlawan Marvel yang hebat tapi tidak memiliki kekuatan super, Tony Stark dan Iron Man pasti menjadi nama yang populer. Tony Stark merupakan salah satu aset penting bagi MCU sehingga pengaruhnya masih sangat terasa bahkan setelah kematiannya. Di komiknya pun, Tony Stark dan Iron Man merupakan salah satu karakter legendaris selain Steve Rogers.

Iron Man memang menjadi superhero dengan armor kuat yang terpopuler dalam Marvel Universe. Semuanya berkat kecerdasan yang dimiliki oleh Tony, dan berbagai riset yang dia lakukan selama ini. Tony tidak pernah berhenti untuk terus berkembang dan meningkatkan kemampuan armor miliknya. Dia bahkan sudah mempersiapkan berbagai armor untuk berbagai situasi. Ironisnya, semua itu terjadi karena rasa takut (paranoid) yang dihadapi oleh Tony.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.