Di komik The Uncanny X-Men yang rilis pada tahun 80-an, petualangan Carol Danvers dengan X-Men membuatnya tertangkap oleh ras alien Brood, yang memberinya kekuatan White Hole dan secara tidak sengaja membuatnya menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Sementara Captain Marvel memang salah satu pahlawan terkuat Avengers di Marvel Universe, tetapi akibat kejadian tersebut Carol mendapat bentuk pamungkasnya sebagai Binary dan membuktikan betapa luar biasanya kekuatannya.

Di komik The Uncanny X-Men, awalnya Carol Danvers diceritakan telah kehilangan kekuatannya, ingatannya, dan hampir mati di tangan Rogue yang telah menyerap kemampuan Ms. Marvel dan membiarkannya mati. Carol kemudian menjadi sekutu X-Men, membantu mereka dalam beberapa misi. Namun, setelah Carol ditangkap oleh ras alien Brood, secara tidak sengaja lahirlah Carol versi Binary. Kekuatan Binary bahkan jauh lebih besar dari versinya sebagai Captain Marvel yang dikenal kuat. Sebagai Binary, semua kekuatan Danvers jauh lebih meningkat lagi.

Karakter Binary lebih tepatnya memulai debut di komik The Uncanny X-Men #164 karya Chris Claremont, Dave Cockrum, Bob Wiacek, Joe Rosen, dan Janine Casey. Dalam edisi tersebut, sang pahlawan merasakan perubahan di dalam dirinya setelah mengalami modifikasi evolusi oleh Brood, membuat sesuatu di dalam diri Carol Denvers bangkit. Terungkap bahwa gen hibrida yang diperoleh Carol ketika dia mendapatkan kekuatan super sebagai Captain Marvel, berevolusi setelah dirusak oleh ras alien Brood. Mereka secara tidak sengaja membuka potensinya dan menciptakan karakter Binary yang luar biasa.

Sebagai Binary, Carol telah memperoleh kekuatan kosmik yang sangat besar dari White Hole, yang meningkatkan kemampuannya sepuluh kali lipat. Kemampuan barunya membuat dia bisa menghasilkan panas, cahaya, dan radiasi di seluruh spektrum. Dia juga bisa mengendalikan energi bintang dan memanipulasi gravitasi. Sebenarnya kemampuan Carol sebagai Binary tidak memiliki batasan, dan dia terus-menerus berkembang sampai hampir tidak bisa dikalahkan oleh siapa pun.

Karena Binary mampu memanipulasi energi dan ruang di sekitarnya, bisa dibilang dia adalah seorang senjata super. Tampaknya ras alien Brood yang menculik Carol sangat menyesali perbuatannya, karena berkat mereka seorang pahlawan super tingkat kosmik telah lahir. Tentu saja, Captain Marvel tetap merupakan salah satu pahlawan super terkuat di Avengers, tetapi kekuatannya sebagai Binary bahkan melampaui penampilannya yang paling terkenal sebagai Captain Marvel, dan menunjukkan bahwa Carol bukanlah pahlawan sembarangan.

Jika tanpa wujud Binary saja Captain Marvel mampu menandingi kekuatan Thanos, maka dapat dibayangkan akan sehebat apa Captain Marvel dengan wujud Binarynya. Jika Marvel akan menampilkan wujud Binary Captain Marvel di MCU, maka bisa jadi ia akan menjadi karakter paling kuat, dan akan menghabisi lawan-lawannnya dengan cukup mudah.