Setelah cukup lama dinantikan para fans, akhirnya Oda Sensei memperlihatkan bagimana kemampuan buah iblis dari Yamato. Di akhir chapter 1015 kemarin kita melihat pada akhirnya Yamato bertemu dengan ayahnya, Kaido. Kita tentu tahu bahwa Yamato begitu membenci sang ayah. Yamato menjelaskan bahwa ayahnya selalu berbuat kasar kepadanya, dan bahkan sempat berusaha untuk membunuhnya.

Dan baru di chapter 1016 kemarin pada akhirnya keinginan Yamato untuk bertarung menghadapi ayahnya terwujud. Para fans sendiri meyakini bahwa Yamato memiliki kemampuan buah iblis berjenis Zoan. Hal ini pertama kali diperlihatkan ketika Yamato bertemu dengan Sasaki, di mana dia mencoba untuk menyerang Momonosuke – dan juga Yamato.

Terlihat Yamato mengeluarkan taringnya, yang membuat Sasaki kaget dan ketakutan. Namun, baru di akhir chapter 1019 kemarin kita akhirnya melihat secara penuh dan jelas bagaimana bentuk hybrid dari buah iblis tersebut. Para fans banyak yang berspekulasi mengenai apa kira-kira buah iblis Zoan yang dimiliki oleh Yamato. Dan salah satu teori yang berkembang adalah Yamato kemungkinan memiliki buah iblis Mythical Zoan Neko Neko no Mi, Model: White Tiger.

Dalam mitologi Jepang, sosok makhluk harimau putih lekat dengan sosok Byakko. Byakko juga merupakan hewan yang merupakan penjaga salah satu arah mata angin, yaitu wilayah barat. Byakko sendiri memiliki kemampuan mengendalikan elemen besi. Sosok Byakko terkenal akan kekuatannya dan keberaniannya. Mengapa perwujudan Yamato adalah Byakko? Hal ini dilihat dari gigi yang muncul terlihat seperti bukan gigi naga melainkan harimau. Harimau sendiri bagi penduduk Jepang adalah musuh atau rival dari naga.

Selain Byakko, terdapat juga teori lainnya mengenai binatang yang menjadi kekuatan dari Yamato. Dalam teorinya, kemungkinan Yamato memakan buah iblis Mythical Zoan Kirin/Quilin. Kirin/Qilin merupakan makhluk mitologi yang cukup banyak dikenal dalam kebudayaan Tiongkok atau Asia Timur. Makhluk mitologi ini sering kali dikaitkan dengan berbagai hal yang baik, bahkan binatang ini digambarkan sebagai simbol keadilan dan kebijaksanaan.

Sosok Kirin ini memang memiliki bentuk yang berbeda, khususnya di wilayah Jepang, di mana bentuknya lebih mirip seperti rusa. Sedangkan dalam versi Tiongkok, Kirin lebih mirip seperti kuda. Dia juga digambarkan memiliki api yang menyelimuti seluruh tubuhnya, dan memiliki tanduk. Dalam peringkat hewan mitologi terkuat dalam hirarki Post-Qin Chinese, Kirin berada di peringkat ketiga setelah Phoenix dan naga.

Sedangkan di Jepang, diyakini Kirin erada di peringkat pertama. Lalu, apa kesamaan yang dimiliki Yamato dan juga Kirin? Bagian tanduk, meskipun Yamato juga memiliki tandung dalam form manusianya. Kemudian bagian tarung. Kirin sendiri memiliki bentuk seperti kepala naga, sehingga memiliki taring. Kemudian cakar, yang ada di keempat kakinya.

Bagian telinga, Kirin memiliki telinga yang mirip dengan bentuk rusa atau kuda. Pada bagian ekornya, Kirin dipenuhi oleh bulu. Ada juga yang menggambarkan Kirin memiliki ekor naga. Api yang menyelimuti tubuh Kirin, juga diperlihatkan mirip dengan apa yang diperlihatkan oleh Yamato. Dan yang lebih penting, buah iblis Kirin inilah yang membuat Kaido secara khusus menginginkan Yamato menjadi Shogun di Wano.

Kirin juga erat kaitannya dengan sebuah pertanda dari kemunculan seorang penguasa atau pemimpin hebat. Luffy saat ini memiliki koneksi yang cukup dekat dengan Yamato. Apakah artinya ini menjadi pertanda Luffy akan menjadi raja bajak laut? Bisa jadi. Kita nantikan saja kelanjutan cerita pada chapter yang akan datang ya Geeks!