Buah iblis merupakan sebuah misteri dan juga keunikan dalam cerita One Piece. Seseorang yang memakan buah iblis bisa dipastikan akan memiliki kekuatan unik dan mengerikan, dari buah yang dimakan tersebut. Contohnya, seseorang akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan api, magma, angin, getaran, dan sebagainya dari buah iblis yang mereka makan.

Namun, sama seperti halnya kekuatan super atau kekuatan dalam setiap cerita komik atau fiksi, selalu muncul pertanyaan tentang mana yang lebih superior dibandingkan yang lain. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mungkin tidak akan pernah ada habisnya, karena masing-masing fans memiliki buah iblis favoritnya sendiri.

Seorang fan One Piece pernah bertanya kepada Oda Sensei mengenai kekuatan buah iblis mana yang jauh lebih unggul dibandingkan yang lain dalam sebuah kolom SBS. Dan Oda Sensei pun memiliki pandangannya mengenai beberapa buah iblis. Dalam penuturan Oda Sensei, kemampuan buah iblis ini jauh di atas rata-rata.

Contohnya adalah buah iblis milik Sakazuki yaitu Magu Magu no Mi, jauh lebih kuat dibandingkan buah iblis Mera Mera no Mi yang dimiliki oleh Sabo. Jika diperhatikan mengapa buah iblis Sakazuki lebih unggul dibanding Sabo dirasa wajar, karena magma jauh lebih panas dan juga magma merupakan sumber dari api, sehingga kekuatan Magu Magu no Mi jauh lebih kuat dibandingkan Mera Mera.

Kemudian Hie Hie no Mi yang dimiliki oleh Aokiji jauh lebih unggul dibandingkan buah iblis Yuki Yuki no Mi milik Monet. Sama seperti kasus Sakazuki, jika dilihat memang wajar jika Aokiji memiliki keunggulan dibandingkan buah iblis Monet, karena Aokiji bisa merubah apapun menjadi es (bahkan daratan pun bisa dirubah menjadi es). Sedangkan Monet hanya bisa membuat sebuah ruangan atau kota dihujani salju.

Dua buah iblis lainnya yang dianggap lebih unggul menurut Oda adalah Ton Ton no Mi milik Machieves dibandingkan Kilo Kilo no Mi milik Miss Valentine. Dan juga Buki Buki no Mi milik Baby 5 lebih unggul dibandingkan Supa Supa no Mi milik Daz Bones. Jadi, intinya adalah dengan kekuatan yang sangat besar dan mengerikan butuh usaha lebih untuk mengalahkan para pengguna buah iblis ini.

After 6+ corazon art , bandai has to make this one happen for Luffy&Ace Plus: OnePieceTC

Contoh yang paling nyata adalah tidak mudah bagi Luffy untuk mengalahkan Sakazuki yang memiliki kekuatan magma yang dahsyat. Atau ketika Luffy dan kru Topi Jerami bertarung melawan Aokiji. Pasca time-skip sendiri (ditambah lagi sekarang Luffy sudah menguasai Ryuo) kekuatan Luffy sudah meningkat dengan tajam.

Dua buah iblis lainnya yang dianggap lebih unggul menurut Oda adalah Ton Ton no Mi milik Machieves dibandingkan Kilo Kilo no Mi milik Miss Valentine. Dan juga Buki Buki no Mi milik Baby 5 lebih unggul dibandingkan Supa Supa no Mi milik Daz Bones.  Jadi, intinya dengan kekuatan yang sangat besar dan mengerikan, butuh usaha lebih untuk mengalahkan para pengguna buah iblis ini.

Contohnya adalah tidak mudah bagi Luffy untuk mengalahkan Sakazuki yang memiliki kekuatan magma yang dahsyat. Oda Sensei sepertinya memang memiliki pertimbangan sendiri mengenai level kekuatan buah iblis dari para karakter, yang terinspirasi dari apa yang terjadi di kehidupan nyata. Dan hal ini bisa dibilang sangat menarik.

Belum lagi ketika pengguna buah iblis tersebut berhasil membangkitkan kekuatan penuh dari buah iblis tersebut, seperti yang terjadi kepada beberapa karakter. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan apa yang diperlihatkan oleh Oda Sensei ini?