Sosok Kaido saat ini sedang menjadi sorotan utama dalam seri One Piece, karena menjadi villain utama dalam arc Wano Country bersama dengan Yonko lainnya yaitu Big Mom. Kaido sendiri dikenal sebagai “makhluk paling kuat di seluruh dunia.” Nilai buruan dari Kaido sendiri diketahui berjumlah 4,611,100,000 Belly, yang mana membuatnya menjadi buronan termahal saat ini.

Kaido pernah berusaha untuk membunuh Whitebeard, sesuatu yang hanya sedikit orang berani melakukannya. Dia juga pernah beberapa kali bertarung melawan Shanks. Ketika Gecko Moria berada di puncak kejayaannya, Kaido sempat bertarung dengannya selama beberapa hari dan menang. Bahkan, Kaido hampir saja menghabisi seluruh krunya.

Kaido juga pernah bertarung melawan Big Mom secara terus menerus selama beberapa hari, dan tidak terluka sama sekali. Meskipun Red Scabbards melakukan sesuatu hal yang mustahil, yaitu membuat Kaido tertusuk pedang-pedang mereka dan mengeluarkan darah, namun nyatanya luka tersebut tidak begitu berefek bagi Kaido. Menurut Kaido, luka yang dibuat oleh Red Scabbards tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan luka yang dibuat Kozuki Oden.

Terkuak Alasan Yamato Menyamar Jadi Putra Kaido di One Piece 984 Halaman all - Kompas.com

Kaido juga memiliki tekad yang kuat, seperti yang diperlihatkan saat pertarungan melawan Luffy. Dia tidak terpengaruh oleh kemampuan Conqueror Haki milik Luffy. Kaido juga memiliki daya tahan yang sangat luar biasa, bahkan tanpa perlu menggunakan Armament Haki. Dengan daya tahan yang luar biasa tinggi inilah Kaido kemudian mendapatkan reputasi, sebagai makhluk paling kuat di dunia. Dia juga cenderung tidak bisa mati.

Berdasarkan informasi yang ada, Kaido sudah pernah tertangkap dan disiksa sebanyak 18 kali. Banyak orang yang berusaha untuk mengeksekusinya, termasuk pihak angkatan laut, namun selalu gagal. Kaido pernah menjalani 40 kali usaha eksekusi mati, namun dia selalu selamat karena alat yang digunakan selalu rusak karena tidak bisa menembus tubuh atau kulit Kaido.

Dengan kedahsyatan inilah dalam sebuah wawancara, Oda Sensei pernah menuturkan bagaimana dia belum tahu bagaimana caranya Luffy mengalahkan Kaido. Oda Sensei sendiri bertekad untuk mecari solusi bagaimana mengalahkan Kaido. Namun, dalam kolom SBS Volume 98 kemarin, Oda Sensei memberikan petunjuk mengenai kemunculan Gear 5 untuk menghadapi Kaido.

Salah seorang fan bertanya bahwa jika Gear 4 kemudian menjadi sesuatu yang luar biasa, apakah kemudian Gear 5 juga bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. Oda sensei sendiri tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan gamblang atau jelas, namun lebih kepada sebuah “pesan tersembunyi.” Menurut Oda, saat ini musuh yang sedang dihadapi adalah sosok paling kuat di dunia.

“Karena itulah dunia membutuhkan sebuah transisi dari “4G” ke “5G.” “G” artinya ‘gear,’ bukan?” Jika dilihat dari jawabannya, Oda seolah sedang melakukan twist antara 5G jaringan koneksi internet dan juga Gear 5. Namun, berdasarkan hal tersebut artinya bukan tidak mungkin jika kemudian Oda akan memperkenalkan Gear 5 dalam pertarungan melawan Kaido ini.

Selain “5G”, kata kunci lainnya adalah “karena itulah dunia membutuhkan sebuah transisi…” yang mana artinya Oda sendiri menyadari bahwa harus ada perubahan yang nyata atau transisi untuk menghadapi makhluk paling kuat dan paling dahsyat di dunia saat ini. Apakah Gear 5 akan kemudian diperkenalkan saat melawan Kaido dalam pertarungan klimaksnya? Kita nantikan saja ya Geeks!