Dunia anime dipenuhi oleh karakter yang memang sangat ahli dalam menggunakan pedang, entah dengan pedang katana atau pun pedang yang biasa digunakan oleh wilayah Barat. Salah satu karakter yang terkenal dalam penggunaan pedangnya adalah Tanjiro Kamado, salah satu protagonis utama di seri anime Demon Slayer. Tanjiro bertarung mati-matian bukan demi balas dendam, melainkan keadilan.

Dia berusaha untuk mengembalikan adiknya, Nezuko, kembali menjadi manusia setelah “dikutuk” menjadi iblis. Selain Tanjiro, karakter yang juga dikenal memiliki kemampuan berpedang yang luar biasa adalah Roronoa Zoro dari seri One Piece. Dia pada awalnya adalah pemburu bajak laut yang bertarung demi nilai buruan. Namun, tujuannya mulai berubah semenjak bertemu dengan Luffy. Dia bermimpi untuk menjadi ahli pedang terbaik di dunia. Apakah Tanjiro bisa menang dari Zoro dalam sebuah pertarungan?

Kemampuan Berpedang Tanjiro

Dibandingkan Zoro, memang Tanjiro bukanlah sosok yang sudah lama mengenal dunia pedang. Tanjiro benar-benar berusaha dengan keras untuk bisa menguasai teknik berpedang. Tanjiro sendiri baru mulai belajar berpedang setelah Nezuko berubah menjadi iblis. Dia menemukan sosok guru yang tepat untu kemudian menjadi bagian dari Demon Slayer Corps.

Tanjiro benar-benar mempelajari bagaimana memaksimalkan efisiensi oksigen saat berada di dalam air, menghindari jebakan yang ada di gunung dan hutan, bahkan belajar membelah batu dengan pedangnya. Tanjiro memiliki kemampuan untuk menggunakan teknik pernafasan air dalam pertarungan, yang membuatnya lebih cari dalam hal bertahan dan menyerang.

Namun, air bukan hanya menjadi elemen utama Tanjiro. Keluarganya memiliki kemampuan yang sudah diwariskan secara turun-temurun, yaitu teknik pengendalian nafas api (fire breathing). Tanjiro pertama kali menggunakan tekniknya saat bertarung melawan Rui dan berhasil menggunakannya dalam potensi penuh berkat bantuan keluarga Kyojuro Rengoku.

Tanjiro juga memiliki aset lainnya yang berguna dalam pertarungan. Dia mampu mendeteksi manusia dan iblis hanya dengan mencium aroma atau baunya. Hal ini tentunya menjadi keuntungan, untuk kemudian melakukan serangan dadakan. Tanjiro juga bisa memprediksi di mana sebuah serangan akan berhenti, yang mana hal ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan serangan balik.

Kemampuan Berpedang Zoro

Kemampuan berpedang Roronoa Zoro sudah mulai dilatih sejak dia masih kecil, dan masih terus berkembang sampai saat ini. Meskipun begitu, sedari kecil Zoro sudah membuktikan dirinya sebagai sosok yang mematikan. Bahkan, Dracule Mihawk sendiri mengakui kemampuan berpedang Zoro dan meyakini bahwa dia memang memiliki potensi yang sangat besar.

Zoro sudah dilatih untuk bisa mengendalikan pedangnya. Dia bisa saja memotong besi dengan mudah atau dia bisa saja tidak mampu memotong kertas yang tipis. Semuanya dia kendalikan. Yang paling epik tentunya adalah bagaimana Zoro mampu bukan hanya menggunakan satu atau dua pedang, melainkan tiga pedang sekaligus. Ini menjadi kemampuan yang jarang dimiliki oleh orang lain.

Zoro juga sangat senang berlatih di waktu senggangnya. Dia mampu mengangkat beban sampai ratusan kilogram. Diantara kru Topi Jerami, Zoro adalah sosok yang memiliki ketangguhan fisik yang paling besar alias yang paling kuat. Kecepatan, refleks, dan kelincahan dari Zoro pun tidak kalah mengerikan. Zoro sudah sering berada di ambang kematian, namun dia selalu bisa kembali bangkit.

Tanjiro vs Zoro – Siapa Yang Menang?

Tanjiro rasanya tidak akan sanggup untuk menandingi teknik tiga pedang milik Zoro. Sehingga, Tanjiro mungkin akan lebih baik untuk menggunakan teknik pernafasan air untuk bisa bergerak lebih leluasa dengan gaya yang elegan. Zoro tentunya harus berkonsentrasi untuk bisa menahan serangan Tanjiro ini. Teknik-teknik Tanjiro bisa menahan serangan dahsyat dari Zoro, seperti Oni Giri.

Zoro Slashes Using Seppuku Blade, Secret of Zoro's Shusui Sword, Samurai Slasher, One Piece Ep 892 - YouTubeSerangan api milik Tanjiro juga bisa saja dimanfaatkan untuk melakukan serangan balik, dengan memanfaatkan celah yang ada. Namun, Zoro sendiri tentunya sudah memperkirakan hal tersebut. Zoro mampu memotong api, seperti diperlihatkan saat pertarungan melawan Big Mom. Hal ini tentunya akan membuat Tanjiro sangat kerepotan.

Tanjiro bisa memanfaatkan kemampuan penciumannya untuk membuka serangan, namun dengan daya tahan yang tinggi, Zoro sepertinya tidak akan masalah dengan serangan dari Tanjiro. Zoro terlalu kuat untuk dihadapi oleh Tanjiro, belum lagi pengalaman yang berbicara. Jadi, berdasarkan pertimbangan tersebut dalam pertarungan ini Zoro adalah pemenangnya.