Monkey D. Luffy merupakan kapten dari kelompok bajak laut Topi Jerami dn merupakan sosok paling populer di kalangan bajak laut generasi baru. Luffy memulai petuangan bajak lautnya dari sebuah desa kecil di East Blue. Perlahan, Luffy mulai berubah menjadi sosok bajak laut yang besar yang banyak menjadi perbincangan orang-orang di seluruh dunia.

Meskipun Luffy pada dasarnya adalah seorang bajak laut, namun dia diperlihatkan berbeda dari bajak laut pada umumnya. Apa yang dia lakukan selama ini pun justru berbeda dengan pandangan orang-orang tentang bajak laut. Karena hal inilah, Luffy mendapatkan rasa hormat dari kelompok yang merupakan “musuh” bajak laut, yaitu angkatan laut. Berikut adalah berbagai momen Luffy dihormati oleh angkatan laut.

Membebaskan Sebuah Kota Dari Angkatan Laut Korup

Koby merupakan sosok yang pertama kali ditemui oleh Luffy dalam petualangannya. Dia adalah sosok yang diselamatkan oleh Luffy dari kapal bajak laut Alvida. Meskipun Koby bercita-cita untuk menjadi angkatan laut, Luffy sangat mendukung impian Koby tersebut. Karena hal inilah Koby kemudian mulai menghormati Luffy, bahkan sampai saat ini.

Bukan hanya Koby, Helmeppo pun menyimpan rasa hormat yang sama terhadap Luffy. Helmeppo merupakan anak dari Captain Morgan, sosok angkatan laut korup yang membuat penduduk Shells Town ketakutan. Helmeppo pada awalnya adalah sosok yang sombong, sampai kemudian dia mendapatkan pelajaran dari apa yang dia lakukan. Meskipun Helmeppo tidak menykai Luffy seperti halnya Koby, namun dia sangat menghormati Luffy. Para anak buah Captain Morgan pun merasa berterima kasih terhadap Luffy atas apa yang dia lakukan.

Mendapatkan Hormat Dari Tiga Admiral Terkuat

Arc Marineford merupakan salah satu arc paling epik di seri One Piece. Arc ini memperlihatkan bagaimana perjuangan Luffy dalam upayanya membebaskan Ace dari proses eksekusi angkatan laut. Dalam peperangan ini, kelompok Whitebeard bertarung langsung dengan seluruh pasukan angkatan laut. Meskipun begitu, ada banyak pihak juga yang terlibat termasuk Luffy.

Dengan menggunakan sisa-sisa tenaganya, Luffy berusaha menyelamatkan Ace. Dia berusaha dengan cepat pergi ke panggung eksekusi. Namun, sebelumnya Luffy sempat tiba di panggung yang menjadi tempat bagi tiga admiral terkuat angkatan laut. Luffy memang tidak menghadapi ketiganya, namun mereka menghargai keberanian dan juga aksi yang dilakukan Luffy.

Rasa Hormat Dari sentomaru

Luffy pertama kali bertemu dengan Sentomaru di kepulauan Sabaody, sebelum kelompok Topi Jerami menghilang dan melakukan time-skip. Keduanya pun sempat bertarung, dan memang Sentomaru menang saat itu – dia menggunakan Ryou. Meskipun Luffy kalah, Sentomaru memuji keberanian dari Luffy dan juga apa yang dia lakukan.

Meskipun Sentomaru sangat ingin menangkapnya, seperti halnya angkatan laut lain, dia memiliki rasa hormat terhadap Luffy dan memiliki ekspektasi tinggi terhadapnya. Hal ini terlihat ketika bajak laut Demalo Black mencoba untuk merusak nama baik Luffy, Sentomaru pun marah dan langsung menghajar bajak laut tersebut.

Tashigi Melindungi Luffy dan Kelompok Topi Jeram

Tashigi merupakan salah satu dari sedikit angkatan laut yang terlibat dalam petualangan Luffy dan kelompok Topi Jerami. Sebagai seorang angkatan laut, Tashigi memiliki keinginan untuk menangkap mereka demi keadilan. Namun, menariknya dia justru sering menolong Luffy dan kelompoknya. Contohnya di Alabasta Tashigi memberi tahu bagaimana menemukan Crocodile, meskipun Tashigi tahu Luffy adalah musuhnya.

Tashigi juga sempat menolak untuk menahan Luffy dan kru Topi Jerami ketika mereka lengah setelah pertarungan besar. Di Punk Hazard, Tashigi memperlihatkan rasa terima kasihnya kepada mereka karena sudah menyelamatkan anak-anak yang menjadi subyek penelitian. Tashigi bahkan membela mereka di depan angkatan laut lain. Dan sebagian fans juga merasa bahwa Tashigi bisa memiliki hubungan spesial dengan Zoro – karena mengingatkannya akan sosok Kuina.

Smoker Mencoba Menyembunyikan Kekagumannya Terhadap Luffy

Smoker adalah salah satu angkatan laut terkuat di seri One Piece, dan merupakan angkatan laut pertama yang dihadapi oleh Luffy di awal petualangannya sebagai bajak laut. Meskipun Smoker membenci Luffy pada awalnya, namun perlahan dia mulai memperlihatkan rasa hormat dan kekagumannya. Di arc Alabasta, Smoker berhasil diselamatkan oleh Zoro berkat perintah dari Luffy.

Di Punk Hazard, keduanya bekerja sama untuk mengalahkan musuh yang sama, dan koneksi keduanya pun semakin mendalam. Luffy sendiri menganggap Smoker sebagai salah satu temannya, meskipun Smoker berharap suatu hari dia bisa menangkap Luffy. Dan Smoker sendiri sering kali menyembunyikan rasa kagum dan hormatnya terhadap Luffy.

Admiral Fujitora Sangat Mengagumi Luffy

Admiral Fujitora adalah salah satu angkatan laut yang memiliki prinsip yang sama dengan Garp dan beberapa angkatan laut lainnya. Luffy dan Fujitora sempat saling bertemu di arc Dressrosa. Fujitora sendiri memang tidak bisa melihat, namun dia bisa merasakan bahwa Luffy adalah sosok yang baik, dan hal ini dia ungkapkan langsung kepada Luffy.

Fujitora bahkan berani bertaruh bahwa Luffy akan membebaskan negara Dressrosa dari penderitaan, dan dia menunjukan rasa terima kasihnya kepada Luffy karena sudah berhasil melakukannya. Luffy adalah sosok yang membuat Fujitora kembali ragu akan keputusannya untuk membuat dirinya sendiri menjadi buta. Dan dia pun berharap bahwa dia bisa melihat wajah dari Luffy.