Akatsuki merupakan sebuah organisasi yang lahir jauh sebelum Naruto ada. Organisasi ini menjadi salah satu komplotan yang membuat dunia Shinobi selama era Naruto cukup kacau. Kelompok ini terdiri dari beberapa orang berbahaya seperti Pain, Kisame, Sasori, dan lain-lain. Sebagian besar anggota kelompoknya adalah ninja buronan dari berbagai macam desa, itulah sebabnya mereka tergolong kelompok yang sangat mudah membunuh orang lain hanya untuk menjalankan rencana jahat. Namun meski mereka adalah kelompok penjahat terbesar di era Naruto, Akatsuki memiliki beberapa anggota yang akhirnya menjadi seorang pengkhianat bagi organisasi. Berikut lima anggota Akatsuki yang akhirnya menjadi pengkhianat.

Orochimaru

Saat Orochimaru pertama kali meninggalkan Konoha, dia bergabung dengan Akatsuki dan berpasangan dengan Sasori. Kedua orang ini sama-sama memiliki tabiat yang cukup licik dan susah untuk ditebak. Mereka sama-sama memiliki tubuh yang telah dimodifikasi hanya untuk mencapai kekuatan yang sempurna. Orochimaru awalnya tergolong anggota yang cukup setia.

5 Anggota Akatsuki ini Berkhianat!, Greenscene

Namun saat dia mengetahui bahwa Itachi juga bergabung dengan Akatsuki, Orochimaru berubah dan sangat ingin mendapatkan tubuh Itachi yang muda serta kuat. Orochimaru sangat menginginkan Sharingan yang dimiliki oleh Itachi. Dia yakin bahwa dengan Sharingan maka kekuatan besar akan dia miliki. Sayangnya rencana untuk mencuri tubuh Itachi gagal dan membuat Orochimaru keluar dari Akatsuki. Orochimaru sadar bahwa dia dan Akatsuki tidak cocok dan memilih untuk mencuri kekuatan sejenis seperti milik Itachi dengan mengincar tubuh Sasuke.

Sasori

Sasori merupakan mantan Shinobi terbaik dari Sunagakure. Dia adalah master dari teknik Kugutsu, sebuah teknik yang berasal dari desa Suna yang mengandalkan boneka sebagai senjata. Saat Sasori pertama kali masuk di Akatsuki, dia dipasangkan dengan Orochimaru karena memiliki sifat yang kurang lebih sama. Namun saat Orochimaru berkhianat, dia juga merasa memiliki tanggung jawab dan akhirnya menjadikan Kabuto sebagai mata-mata yang selalu menempel pada Orochimaru.

5 Anggota Akatsuki ini Berkhianat!, Greenscene

Sayangnya rencana itu telah tercium oleh Orochimaru dan akhirnya siasat yang telah disusun oleh Sasori gagal. Saat awal serial Naruto Shippuden, Sasori menjadi lawan yang cukup tangguh bagi kelompok 7. Sasori berhadapan dengan Sakura dan neneknya sendiri yang bernama Chio dari Sunagakure. Pertarungan melawan Sasori membuat si ninja pengkhianat itu menyesal dan mengerti arti dari kehidupan yang sebenarnya. Itulah sebabnya di detik-detik terakhirnya, Sasori membocorkan informasi yang telah dia ketahui mengenai Orochimaru dan Akatsuki kepada Sakura serta mendiang Nenek Chiyo.

Nagato (Pain)

Nagato, Yahiko, dan Konan adalah pendiri pertama Akatsuki serta murid terbaik yang pernah dimiliki oleh mendiang Jiraiya. Mereka bertiga awalnya adalah ninja yang sangat baik dan mengidolakan perdamaian seperti yang mendiang Jiraiya ajarkan kepada mereka. Namun karena perjuangan ketiganya sangat keras dan menemukan berbagai macam bentuk pengkhianatan saat awal-awal terbentuk Akatsuki, akhirnya Nagato menjadi jahat setelah terbunuhnya Yahiko. Sejak saat itu Nagato memiliki nama samaran Pain dan menjadikan Akatsuki sebagai organisasi kriminal di era Naruto.

5 Anggota Akatsuki ini Berkhianat!, Greenscene

Saat penyerangan ke Konoha, Pain bahkan hampir membunuh semua orang termasuk Kakashi. Namun setelah berunding cukup lama dengan Naruto, Nagato sadar bahwa tindakannya selama ini telah salah dan malah membuat situasi semakin kacau. Akhirnya dia memilih berubah dan menghidupkan semua orang yang terbunuh di desa Konoha. Sejak saat itulah dia berubah menjadi orang baik dan mati dengan bahagia.

Konan

Konan merupakan teman yang setia menemani Nagato dan Yahiko. Dia adalah seorang perempuan yang ahli dalam menggunakan jutsu kertas dan bisa membuat apapun yang berasal dari bahan dasar kertas. Saat Nagato memilih menjadi baik, Konan juga berubah dan mengkhianati Akatsuki. Sisa umurnya dia gunakan untuk menjaga mayat kedua temannya di sebuah wilayah tersembunyi.

5 Anggota Akatsuki ini Berkhianat!, Greenscene

Sayangnya Konan telah tewas setelah bertarung mati-matian dengan Obito yang bersikeras ingin mengambil mata Rinnegan milik Nagato. Pertarungan Konan dan Obito menjadi salah satu momen yang epik sebelum terjadinya Perang Dunia Ninja Keempat, karena Obito mengambil Rinnegan demi memenangkan perang besar yang dia buat bersama dengan Kabuto.

Itachi Uchiha

Itachi merupakan kakak kandung dari Sasuke dan merupakan salah satu ninja terbaik yang pernah dimiliki Konoha dan klan Uchiha. Sayangnya dia memiliki kisah yang cukup rumit, Itachi sejak awal serial Naruto merupakan kakak yang sangat ingin dibunuh oleh Sasuke karena tindakannya yang telah membunuh semua anggota klan Uchiha. Pembantaian yang dilakukan oleh Itachi hanya menyisakan Sasuke sendirian. Setelah berhasil membunuh semua anggota klannya, Itachi memutuskan untuk menjadi bagian dari Akatsuki hingga akhir hayatnya.

5 Anggota Akatsuki ini Berkhianat!, Greenscene

Namun sebenarnya dibalik tindakan jahat yang dilakukan Itachi, ternyata dia memiliki tujuan untuk menggagalkan rencana kudeta yang akan dilakukan oleh klan Uchiha pada pemerintah Konoha. Pada masa itu klan Uchiha dan Pemerintahan Konoha memang tidak bisa menyatu sama sekali, akhirnya pihak Uchiha ingin melakukan kudeta. Sebelumnya Itachi telah berusaha untuk mendamaikan situasi namun akhirnya gagal. Oleh sebab itu akhirnya Itachi membunuh semua anggota klannya termasuk ayah dan ibunya sendiri, dia melakukan itu semua atas perintah Danzo. Itachi bahkan menjadi bagian dari Akatsuki hanya untuk memata-matai perkembangan Organisasi ini dari dalam. Jadi sebenarnya, Itachi tidak pernah benar-benar menjadi anggota yang solid untuk Akatsuki.