Siapa sosok “Nika” yang dimaksud oleh Who’s Who? Apakah sosok yang dimaksud tersebut adalah Monkey D. Luffy? Cerita One Piece karya Eiichiro Oda selalu menghadirkan sesuatu yang menarik. Dan terkadang, Oda Sensei juga selalu menghadirkan kejutan yang mampu mengguncang seluruh fans. Kejutan besar terjadi di chapter 1018 kemarin, di mana kita diperkenalkan dengan sosok legendaris baru dari serinya.

Nama sosok legendaris tersebut adalah Nika. Dia memiliki julukan sebagai “dewa matahari” atau Sun God. Menurut Who’s Who, sosok Nika tersebut adalah sosok kuno yang dianggap sebagai pahlawan bagi sebagian orang, khususnya para budak. Hal ini dikarenakan Nika adalah sosok yang selalu berusaha membebaskan mereka yang tertindas.

Pertanyaanya kemudian apakah “Nika” sendiri merupakan sosok asli atau nama panggilan? Atau merupakan sebuah titel? Untuk saat ini, memang semuanya masih menjadi sebuah misteri. Namun, terdapat sebuah spekulasi mengenai sosok yang muncul dalam ramalan tentang Nika tersebut. Siapa sosok tersebut? Tidak lain dan tidak bukan adalah Monkey D. Luffy.

Who’s Who menjelaskan bahwa dia adalah sosok “pahlawan” yang selalu berusaha membebaskan para budak. Julukan Nika sebaga “dewa matahari” dianggap sebagai petunjuk tentang kemunculan fajar di masa yang akan datang. Fajar tersebut dianggap sebagai sebuah perubahan besar bagi seluruh dunia ini. Wano pun sekarang sedang menantikan fajar terbaru bagi wilayahnya yang ingin terbebas dari cengkraman Kaido.

Berbicara mengenai ramalan tentang masa depan, dalam dunia manga atau anime – atau fiksi secara keseluruhan – Geeks semua rasanya sudah paham seperti apa polanya. Diawali dengan munculnya kisah dari zaman dahulu bahwa pada suatu hari akan muncul seseorang yang bisa membawa perdamaian atau membawa “fajar baru” bagi seluruh dunia.

Apa yang diungkapkan oleh Who’s Who mengenai salah seorang petugas penjara yang bercerita tentang sosok Nika, memberikan petunjuk bahwa ramalan mengenai kemunculan sosok yang dijanjikan tersebut bisa jadi benar – meskipun sebenarnya petugas tersebut berniat mengejek Who’s Who. Dan Who’s Who percaya bahwa sosok tersebut akan muncul dan menolongnya.

Oda's Symbolism behind Luffy vs Kaido Fight - Pagina 2 di 2 - One PieceMengapa Luffy? Jawaban yang paling jelas dan paling masuk akal adalah karena dia merupakan protagonis utama dalam serinya. Dalam ceritanya pun kita sudah sering mendapatkan berbagai petunjuk mengenai Luffy, yang akan menjadi sosok ancaman baru bagi Pemerintah Dunia. Misalnya ramalan mengenai Luffy yang akan membawa “badai” baru dari klan D.

Ini artinya Pemerintah Dunia pun menyadari bahwa ramalan mengenai sosok baru yang akan kembali membangkitkan semangat D itu nyata. Dan karena itulah mereka waspada. Hal ini juga mungkin disadari oleh Im, yang mana dia mungkin merasakan bahwa memang Luffy adalah sosok yang menjadi ramalan tersebut. Dialah yang akan membawa perubahan besar bagi dunia.

Dracule Mihawk pun menyadari potensi besar Luffy di mana dia menyebutkan bahwa Luffy adalah sosok yang paling berbahaya di dunia. Dia mampu membuat orang-orang di sekitarnya mau ikut berjuang bersama denganya tanpa ragu. Dan satu hal yang juga bisa menjadi petunjuk penting adalah Luffy sesuai dengan apa yang digambarkan oleh Who’s Who.

Luffy sering kali membantu orang-orang yang tertindas atau membantu wilayah-wilayah yang dalam cengkraman kekuatan lain. Misalnya Alabasta, Dressrosa, atau pun pulau manusia ikan. Dia bahkan mendeklarasikan pulau tersebut sebagai wilayah yang berada di bawah perlindungannya. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.