Setelah sempat menjadi misteri dan membuat para fans penasaran, Oda Sensei memberikan sedikit petunjuk mengenai seberapa kuat sosok Yamato. Sebagai anak dari Kaido, Yamato tentu bukanlah sosok yang sembarangan. Namun, seberapa besar kekuatan dari Yamato? Seberapa tangguh sosoknya? Itulah yang kemudian menjadi pertanyaan banyak fans, sampai akhirnya chapter terbaru rilis.

Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa kelompok bajak laut Beasts adalah kelompok bajak laut yang sebagian besar anggotanya adalah pengguna buah iblis bertipe Zoan. Kaido sendiri bahkan adalah seorang pengguna buah iblis bertipe Zoan. Berdasarkan hal itu, para fans sempat berspekulasi bahwa Yamato juga merupakan pengguna buah iblis berjenis Zoan. Dan hal ini bisa kita lihat di chapter 996 kemarin.

Dalam momen tersebut Yamato masih berhadapan dengan Sasaki. Saat itu Yamato berusaha melindungi Shinobu dan Momonosuke yang sudah tidak berdaya. Sasaki sempat menyerang Yamato, tapi semua serangannya tidak berguna dan tidak melukai Yamato sama sekali. Yamato juga melakukan serangan balik, yang dapat ditahan dengan baik oleh pasukan Sasaki dan persenjataannya.

Namun, momen menarik terjadi ketika Sasaki mengatakan akan menghabisi Yamato. Dia terlihat akan berubah menjadi sosok yang mengerikan. Di panel tersebut terlihat Yamato menumbuhkan gigi-gigi runcing dan juga taring yang tajam. Perubahan wujud tersebut membuat Sasaki terkejut. Namun, sebelum Yamato benar-benar berubah menjadi sosok monster, untungnya Hacha muncul bersama Franky dan menghancurkan lantai di tempat pertarungan tersebut sehingga membuat jalan bagi Yamato, Shinobu, dan Momonosuke.

Kita memang masih belum diperlihatkan bagaimana bentuk Zoan dari Yamato dengan buah iblisnya, namun di chapter 1019 kemarin kita akhirnya melihat bagaimana bentuk hybrid dari Yamato. Banyak yang menduga bahwa spekulasi tentang Yamato mengonsumsi buah iblis Zoan model Byakko benar adanya. Namun, tentu kita masih perlu menunggu konfirmasi dari pihak Oda Sensei.

Yang menjadi pertanyaan juga kemudian adalah seberapa kuat kemampuan Yamato. Sejauh ini, para fans baru sekedar menduga-duga mengenai kekuatan Yamato, sambil juga mengambil beberapa petunjuk yang sudah diperlihatkan di ceritanya. Tetapi, berdasarkan percakapan dengan Kaido di chapter 1019 kemarin kita mungkin akhirnya tahu bahwa Yamato memang adalah sosok yang kuat.

One Piece: Yamato Batal Gabung Luffy? | GreensceneDi tengah-tengah pertarungan antara Yamato dan Kaido, Yamato sempat membeberkan fakta mengejutkan. Menurut Yamato, dia sudah berkali-kali mencoba untuk bertarung dan membunuh Kaido. Artinya upaya tersebut mungkin sudah Yamato lakukan sejak dia masih kecil. Dan meskipun Yamato sekalu gagal dalam upayanya untuk membunuh Kaido, dia tidak kecewa atau pun marah.

Dia justru merasa bahwa setiap kekalahan yang dia terima membuatnya semakin kuat, seperti sekarang. Berdasarkan hal tersebut bisa diasumsikan bahwa memang Yamato jauh lebih kuat dibandingkan All-Stars ataupun Flying Six. Logikanya, All-Stars sendiri tidak ada yang sanggup atau mau bertarung melawan Kaido – meskipun hanya sekali – karena mereka tahu seberapa besar kekuatannya.

Di sisi lain, Yamato sudah sering bertarung melawan ayahnya meskipun kekuatannya kalah jauh. Tetapi, seperti yang dia katakan, justru hal itulah yang membuatnya semakin kuat. Ini juga yang bisa menjadi alasan mengapa Sasaki nampak sangat ketakutan saat Yamato hendak berubah ke mode hybridnya. Jadi, kesimpulannya adalah Yamato memang jauh lebih kuat dari pasukan Beast lainnya.

Selain karena Yamato mewarisi berbagai hal yang berkaitan dengan kemampuan fisiknya, kekuatan Yamato juga diraih setelah dia berkali-kali bertarung melawan ayahnya, yang mana hal itu justru semakin meningkatkan kekuatannya. Pertarungan Yamato dan Kaido sendiri masih berlangsung, kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!