Buat Geeks penggemar seri One Piece, tentu sudah tidak asing dengan karakter Shanks si rambut merah. Dia merupakan mantan anak buah dari Gol D. Roger yang kemudian tumbuh menjadi salah satu Yonko atau penguasa samudera, bersama Big Mom, Whitebeard, dan Kaido. Tidak terlalu banyak informasi yang diketahui tentang sosok Shanks ini, selain dia memiliki kekuatan yang dahsyat dan dihormati oleh banyak orang.

Shanks pada dasarnya memanglah seorang bajak laut. Namun, dia berbeda dengan bajak laut kebanyakan. Jika umumnya pihak angkatan laut dan pemerintah dunia begitu membenci angkatan laut, mereka justru sangat menghormati Shanks. Bahkan, di salah satu chapter kita sempat melihat bagaimana Shanks pergi ke Mary Geoise dan berbicara kepada lima tetua bintang.

Juga kita bisa melihat bagaimana Sengoku begitu hormat kepada Shanks di akhir arc Marineford. Mengapa mereka begitu menghormati Shanks? Apa yang membuat Shanks begitu dihormati? Para fans sendiri banyak yang mencoba berspekulasi mengenai hal tersebut. Dan ada beberapa poin yang mungkin bisa menjadi jawabannya.

Kekuatannya

Sudah bukan hal yang aneh menjadi seorang Yonko artinya level kekuatannya harus berada di atas rata-rata bajak laut atau bahkan di atas para pasukan angkatan laut. Sama seperti Big Mom. Kaido, Whitebeard yang mendapatkan gelar Yonko salah satu alasannya karena kekuatan yang besar yang mereka miliki. Kekuatan yang dahsyat itulah yang membuat mereka ditakuti dan dihormati oleh para bajak laut lainnya.

Jika berbicara masalah kekuatan, Shanks memiliki kru bajak laut yang lengkap. Dia memang tidak memiliki keluarga atau divisi seperti halnya kelompok Whitebeard. Shanks juga tidak memiliki keluarga besar seperti Big Mom. Dan dia tidak memiliki pasukan yang banyak seperti Kaido. Meskipun Shanks hanya memiliki krunya saja, tapi kekuatan mereka pun tidak kalah kuat dibanding Shanks.

Seperti yang dijelaskan di Databook, hampir seluruh kekuatan kru bajak laut Rambut Merah setara dengan Shanks. Dan hal ini bisa kita lihat di chapter 1017 dan 1018 kemarin, di mana kelompok Shanks berhasil mencuri buah iblis Gomu Gomu yang dijaga oleh CP-9. Artinya kekuatan mereka tidaklah main-main.

Shanks Sang Penjaga Perdamaian

Banyak fans yang menyebutkan bahwa Shanks bisa jadi merupakan “pintu terakhir” menuju Laugh Tale. Artinya dia akan memilih dan menghindarkan bajak laut yang dianggap tidak pantas yang akan pergi ke Laugh Tale untuk menemukan One Piece. Bisa jadi, dia sudah membuat sebuah kesepakatan dengan pihak Pemerintah Dunia, yang menyatakan bahwa dia akan melindungi One Piece.

Apakah kesepakatan ini yang kemudian membuat Shanks “diangkat” menjadi salah satu penguasa samudera? Bisa jadi. Ada kemungkinan karena kesepakatan inilah Shanks dihormati oleh angkatan laut maupun Pemerintah. Berurusan dengan Shanks, artinya berurusan juga dengan pihak Pemerintah Dunia.

Tahu Tentang Masa Lalu

Shanks mungkin sama dengan Doflamingo, di mana mereka tahu tentang apa rahasia besar yang disembunyikan oleh Pemerintah Dunia. Bedanya, Doflamingo berasal dari salah satu keluarga kerajaan yang juga menjadi bagian dari Pemerintah Dunia. Sedangkan Shanks kemungkinan tahu tentang semua itu dari apa yang diceritakan oleh Roger ketika pulang dari Laugh Tale.

Shanks sediri sebenarnya tidak ikut dalam perjalanannya ke Laugh Tale, karena dia lebih memilih menjaga Buggy yang demam dan tidak diperbolehkan untuk ikut. Jadi, kemungkinan selama dalam perjalanan pulang atau selama petualangannya menuju Laugh Tale, dia sudah melihat semuanya. Shanks juga terlalu kuat untuk dibunuh, sehingga Pemerintah Dunia lebih memilih bekerja sama dibandingkan menjadi musuhnya.

Kebenaran Di Balik Kesepakatan Dengan Pemerintah

Jika memang Shanks menjalin kerja sama dengan Pemerintah Dunia untuk melindungi One Piece, bisa jadi alasan sebenarnya bukanlah itu. Dia tidak melakukan hal itu untuk membuat One Piece tetap menjadi sebuah misteri dan melindungi Pemerintah Dunia. Dia melakukan hal tersebut untuk meyakinkan bahwa harta karun paling berharga tersebut ditemukan oleh orang yang tepat, yang bisa jadi adalah Monkey D. Luffy. Dan Pemerintah Dunia tidak tahu tentang hal ini.

Shanks Adalah Bagian Dari Keturunan Kaum Naga Langit

Salah satu teori yang juga tidak kalah menarik dari sosok Shanks adalah bahwa Shanks merupakan keturunan dari kaum naga langit. Teori ini sebenarnya sudah cukup lama berkembang di kalangan fans, yang mana mungkin teori ini bisa menjadi salah satu poin alasan mengapa Shanks begitu dihormati oleh pihak Pemerintah Dunia atau pun pihak lain.

Berdasarkan teorinya, Shanks berasal dari salah satu keturunan kaum naga langit. Namun, berbeda dengan kaum naga langit lainnya, Shanks dan keluarganya merupakan bagian dari kaum naga langit yang dianggap baik. Mereka sama seperti halnya orang-orang lain, dan tidak ingin memiliki derajat yang lebih tinggi

Teori ini juga yang sempat dikaitkan dengan apa yang terjadi dengan Who’s Who 12 tahun yang lalu, di mana dia penjara setelah kehilangan buah iblis Gomu Gomu yang dia jaga. Meskipun dalam ceritanya dia dipenjara karena kehilangan buah iblisnya, namun sebagian fans memprediksi Who’s Who dipenjara karena mencoba menyerang Shanks – yang merupakan kaum naga langit. Karena itulah dia sangat membenci Shanks sampai saat ini.