Semenjak DC Comics mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan kembali Earth-3 dalam cerita, yang menjadi rumah bagi Crime Syndicate, para pembaca pun penasaran apakah di universe tersebut terdapat versi pahlawan dari Joker. Red Hood versi Earth-3 alias Dr. Harleen uinzel, mengkonfirmasi bahwa memang ada sosok Joker di realita tersebut, yang mana uniknya justru dialah pahlawannya dan Justice League adalah musuh utamanya.

Red Hood menghadirkan sebuah komentar yang mengejutkan ketika dia bertarung melawan Owlman alias Thomas Wayne Jr. Pertarungan tersebut menjadi kelanjutan dari pertarungan sebelumnya, di mana Legion of Justice berusaha untuk menangkap Atomica dan Johnny uick yang sudah melakukan kejahatan berat. Dalam momen tersebut Emerald Knight tidak sengaja membunuh Johnny.

The Crime Syndicate mencoba melawan dengan menyerang markas operasional dari Lex Luthor untuk merekrut Emerald Knight sebagai upaya mereka untuk mengambil alih dunia dalam komik Crime Syndicate #5 yang ditulis oleh Andy Schmidt, Bryan Hitch, Kieran McKeown, Dexter Vines, Alex Sinclair, dan Rob leigh. Ketika Red Hood dan Venus (versi baik dari Poison Ivy) menghadapi versi jahat dari Batman yang disebut Owlman, Red Hood sempat melontarkan sebuah perkataan yang mencengangkan.

Sambil mengayunkan palu New God yang futuristik ke arah Owlman, Red Hood mengatakan bahwa “Mistah J. mengirimkan salam.” Owlman pun keberatan dengan apa yang diucapkan oleh Red Hood, di mana dia mengatakan bahwa badut tersebut sudah tewas. Namun, Red Hood kemudian menjawab, “kau tidak pernah menemukan tubuhnya, bukan?”

Melihat bagaimana Lex Luthor mengkonfirmasi bahwa Red Hood merupakan Dr. Harleen uinzel di awal seriny, dan bagaimana koneksi diantara mereka berdua di Earth-3 sama dengan versi timeline utama, bisa diasumsikan bahwa sosok Jester adalah versi baik dari Joker di Earth-3. Ide tentang sosok Joker yang baik dan merupakan pahlawan dari Earth-3 ini sebenarnya memunculkan banyak pertanyaan besar.

Seperti yang selama ini diperlihatkan, Joker merupakan sosok yang unik dan sulit dipahami. Dia adalah bagian dari kekacauan, dan merupakan teka-teki besar yang sulit untuk dipecahkan. Memberikannya “versi baik” dalam sebuah universe yang semuanya serba terbalik, dianggap sebagian fans bukanlah ide yang baik – meskipun tentunya menarik. Sosok Jester sendiri masih belum muncul di ceritanya. Artinya kemungkinan apa pun masih bisa saja terjadi. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi kepada Joker di Earth-3 ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.