The Incredible Hulk merupakan salah satu dari karakter terkuat yang dimiliki oleh Marvel Comics. Namun, rival dari Marvel Comics, DC Comics, juga memiliki karakter yang sam-sama memiliki brute force yang sangat besar. Dia adalah Doomsday. Banyak para fans yang kemudian bertanya, jika keduanya saling bertarung mana yang akan menjadi juaranya.

Masing-masing memiliki kekuatan dan masing-masing memiliki kelemahan. Kedua karakter ini juga memiliki asal-usul yang berbeda. Hulk sendiri pertama kali muncul dalam komik The Incredible Hulk tahun 1962 yang ditulis oleh Stan Lee. Seorang ilmuwan bernama Bruce Banner harus terkena radiasi dari sinar gamma dalam jumlah yang besar. Hal tersebut ternyata memberikan dampak besar dalam hidupnya.

Setiap kali dia marah atau emosi, dia akan berubah menjadi sosok monster besar berwarna hijau bernama Hulk. Ketika Bruce Banner berubah menjadi Hulk, dia harus kehilangan kendali akan tubuhnya. Meskipun Hulk sering menghadirkan korban tambahan, pada dasarnya Hulk merupakan seorang pahlawan. Berbeda dengan Hulk, cerita asal-usul Doomsday sedikit mengerikan.

Doomsday muncul pertama kali pada 1993, di mana diceritakan seorang ilmuwan menciptakan sebuah makhluk (lifeform) dan kemudian meninggalkannya di planet Krypton. Makhluk uji coba tersebut pada akhirnya tewas akibat seleksi alam. Ilmuwan tersebut terus melakukan kloning dan uji coba, sampai Doomsday menjadi makhluk yang sangat kuat, yang bukan hanya bisa membunuh sang ilmuwan, tapi juga membajak kapal luar angkasanya, dan menciptakan kekacauan di berbagai planet, sampai kemudian dia menemukan bumi.

Di bumi, dia kemudian bertarung melawan Superman dan kemudian peristiwa besar yang dikenal sebagai Death of Superman pun terjadi. Doomsday adalah sosok yang tidak bisa dianggap remeh. Dia sudah berhasil selamat dari berbagai bencana yang ada di alam raya DC selama ratusan ribu tahun. Yang ada dalam benak Doomsday hanyalah menghancurkan apa pun yang ada di depannya.

Di dalam dirinya, Doomsday hanya memiliki beberapa emosi: benci, marah, dan rasa ingin bertarung atau menang. Doomsday bisa terus menerus bertarung, bahkan dia pernah bertarung selama berminggu-minggu tanpa merasa lelah sekalipun. Yang paling luar biasa adalah bagaimana seluruh Justice League tidak ada yang mampu untuk sekedar melukai Doomsday.

Hulk—Secret Wars Homage, David Nakayama on ArtStation at https://www.artstation.com/artwork/kWY8A | Avengers fan art, Hulk, Spectacular spider manPencapaian terbesar dari Doomsday tentu saja adalah membunuh Superman, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh banyak villain. Meskipun pada akhirnya Doomsday bisa tewas dalam pertarungan brutal, namun dia tetap dikenang sebagai sosok yang sangat luar biasa. Lalu, bagaimana dengan Incredible Hulk? Dalam segi kekuatan fisik, Hulk juga tentu tidak kalah luar biasa.

Selama kemunculannya di komik Marvel, dia akhirnya sudah mampu mengendalikan emosinya. Sebelumnya, Hulk tidak mampu membedakan mana musuh dan kawan. Namun, kecerdasannya perlahan meningkat. Dia juga sudah mampu mengikuti taktik atau instruksi yang ada. The Hulk tentunya bisa sangat diandalkan di medan pertempuran. Dia kebal terhadap peluru atau serangan lainnya.

Dia bisa mengangkat gedung, tank, dan bahkan dalam cerita di Secret Wars, Hulk bahkan bisa mengangkat sebuah gunung. Kekuatan terbesar dari Hulk adalah juga kelemahan dari Hulk itu sendiri, yang tidak lain adalah amarah dan juga kepribadiannya, Bruce Banner. Amarah dari Hulk adalah sumber kekuatannya. Semakin marah atau emosi Hulk maka akan semakin besar juga kekuatan tersebut.

Battle of the Week: Hulk vs Doomsday - Battles - Comic VineNamun, amarah tersebut juga menjadi kelemahan dari Hulk. Hal ini seolah menjadi batasan dari kekuatan Hulk. Artinya jika kemudian Bruce Banner tidak emosi atau emosinya tidak cukup kuat untuk merubahnya menjadi Hulk, maka dia tidak lebih dari sekedar manusia biasa. Artinya Bruce Banner bisa hancur dengan mudah oleh serangan Doomsday.

Meskipun begitu, seperti disebutkan di atas, ini juga menjadi kelebihan Hulk. Bruce Banner adalah manusia dan seorang ilmuwan – berbeda dengan Doomsday yang merupakan mahluk ciptaan tanpa akal. Bruce Banner sebagai ilmuwan tentunya bisa mencari cara untuk menetralkan kekuatan Doomsday. Jadi, meskipun tanpa kekuatan fisik dari Hulk, Bruce Banner masih memiliki kecerdasan atau akalnya untuk mengalahkan Doomsday.

Mungkin rasanya tidak adil dengan memasukan kecerdasan Bruce Banner dalam perbandingan ini. Tanpa kecerdasan Bruce Banner pun, Hulk masih memiliki peluang besar menang dari Doomsday. Hulk mungkin bukanlah mesin pembunuh seperti halnya Doomsday, tetapi kecerdasannya sudah cukup untuk menandingi kekuatan dari Doomsday.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.