Para monster atau Titan di MonsterVerse bentukan Legendary Pictures sering kali digambarkan menjadi ancaman besar bagi bumi dan juga umat manusia. Dan di kala manusia tidak bisa berbuat apa pun untuk menghadapi para monster tersebut, muncul sosok monster lainnya yang justru menjadi “pahlawan” bagi umat manusia – meskipun tidak selamanya manusia berada di pihak para monster.

Para MUTOs yang diperkenalkan pertama kali di film Godzilla pada 2014 sudah sering mengancam keberadaan bumi. Dan puncaknya adalah di film Godzilla: King of the Monsters, Ghidorah memberikan gambaran jelas dan mengerikan dari para monster tersebut. Namun, dalam versi novelnya sendiri terdapat empat monster yang dianggap sebagai pahlawan bagi manusia untuk menghadapi para Titan yang jahat. Siapa saja?

Godzilla

Rasanya tidak perlu diragukan lagi bahwa Godzilla, sang Titan alpha, merupakan monster atau Titan pelindung dan sosok penting dari planet ini. Lagipula, sejauh ini hanya Godzilla yang sudah sering muncul dan bangkit untuk melindungi bumi dari berbagai ancaman yang muncul. Ketika para MUTOs lainnya dikendalikan oleh rasa lapar mereka akan radiasi, Godzilla adalah monster yang memburu mereka.

Hal ini juga terjadi saat menghadapai Ghidorah dan Mechagodzilla di film Godzilla vs. Kong. Semuanya berkat reaksi cepat dari Godzilla, yang mampu merasakan adanya bahaya di planet ini. Godzilla sering kali menghabiskan waktunya untuk mengamati, dan ketika dia menemukan keanehan, dia akan langsung bertindak.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Kong

King Kong memiliki insting melindungi yang sangat besar dan kuat. Namun, harus diakui bahwa Kong mungkin tidak seaktif dan sekuat Godzilla. Hampir sebagian besar hidupnya dia habiskan di sebuah pulau terpencil di wilayah Pasifik Selatan. Semuanya dilakukan demi melindungi dirinya dan juga para manusia yang ada dari para Skullcrawlers. Sekarang, Kong sudah dipindahkan dari asalnya ke Hollow Earth, dan tanggung jawabnya pun sekarang mulai berkembang. Kong menjadi “pemimpin” dari Hollow Earth, yang artinya dia mungkin akan banyak menerima ancaman dari monster lainnya selain Skullcrawlers.

Mothra

Sosok Titan yang dianggap pahlawan lainnya adalah Mothra. Bukti nyata dari sisi heroik monster ini adalah ketika dia mengorbankan nyawanya bagi Godzilla, yang mencoba menyelamatkan bumi dari Ghidorah. Berdasarkan apa yang sudah diperlihatkan sejauh ini mengenai Mothra, sepertinya titan ini justru lebih banyak memiliki koneksi yang indah dan berarti dengan manusia bumi dibandingkan Godzilla.

Mothra sendiri memiliki konseksi dengan sebuah pemujaan zaman kuno, di mana dia bisa dibangkitkan dengan menggunakan musik. Mothra juga dipuja sebagai sosok pelindung bumi. Mothra sendiri dikenal mampu kembali hidup atau bereinkarnasi, dan dia masih akan terus menjalankan tugasnya tersebut

Behemoth

Behemoth merupakan salah satu dari empat monster yang bergabung dengan Rodan untuk kemudian mengakui kekuatan dari Godzilla di akhir film King of the Monsters. Seperti yang disebutkan di akhir filmnya, Behemoth pada akhirnya tinggal di hutan hujan Amazon, dan radiasi yang ada di tubuhnya justru membuat wilayah tersebut kembali asri, membawa kembali kecantikan dari area tersebut.

Novel dari Godzilla vs. Kong sendiri lebih detail menjelaskan hal tersebut dengan menjelaskan bahwa para manusia benar-benar mengapresiasi dan menghargai apa yang dilakukan oleh Behemoth tersebut. Hal ini dikarenakan Behemoth, berbeda dengan para Titan lainnya, adalah sosok monster yang cinta damai yang justru lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini pun sepertinya disadari oleh Godzilla, dan karena itulah dia datang membantu Behemoth ketika dia diserang oleh Amhuluk dalam novel prekuelnya, Dominion.