Ending serial Loki season 1 cukup mengejutkan penggemar dengan mengungkap sosok Kang He Who Remains yang menjadi penjahat di serialnya. Dengan terbunuhnya Kang oleh Sylvie, akhirnya Timeline Suci pecah dan terjadi banyak kejadian nexus yang sudah tidak bisa dikendalikan lagi, bahkan oleh TVA. Hal tersebut membuka segala kemungkina untuk terjadi di MCU kedepannya, bahkan membuka alam semesta baru yang sebelumnya tidak mungkin terjadi.

Setelah akuisisi Disney atas 20th Century, banyak penggemar yang bertanya-tanya tentang nasib waralaba X-Men dan Fantastic Four. Marvel Studios sudah mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan film Fantastic Four, sedangkan untuk X-Men sepertinya tidak akan semudah itu, mengingat cerita mutan sangat kompleks dan erat dengan mitologi Marvel di komik. Sekarang, dengan kehadiran multiverse, Marvel Studios tidak usah-repot-repot lagi membangun alam semesta baru untuk X-Men, alam semesta X-Men tampaknya sudah ada di salah satu timeline multiverse.

Asal-usul Kang di Loki tidak dijelaskan secara detail, tetapi di komiknya, ada salah satu kisah yang menceritakan bahwa Kang adalah keturunan Reed Richards dari Fantastic Four. Dengan begitu bisa saja film Fantastic Four nanti akan lebih mudah untuk diceritakan. Salah satu versi alternatif Kang, yang muncul pertama kali di Marvel Comics adalah Rama-Tut, dan versinya ini bertemu langsung dengan Fantastic Four di Mesir. Sehingga banyak kemungkinan cerita untuk Fantastic Four di MCU, baik itu hanya dihubungkan dengan kilas balik Kang atau cerita tentang pertempurannya dengan Rama-Tut di Mesir.

Mesir memiliki ikatan besar dengan X-Men juga, di situlah mutan pertama, En Sabah Nur alias Apocalypse muncul. Kemunculan X-Men dari salah satu alam semesta di multiverse bisa dikaitkan dengan karakter mutan pertama tersebut. Walaupun sebelumnya Apocalypse pernah diceritakan di film X-Men: Apocalypse pada tahun 2016, tetapi MCU bisa saja membawanya kembali dan mengabungkannya dengan salah satu karakter varian Kang yaitu Rama-Tut. Selain itu juga, MCU sudah menyiapkan banyak hal untuk alam semesta X-Men, salah satunya adalah Madripoor erat hubungannya dengan para mutan.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Yang jelas dengan adanya multiverse di MCU, kedatangan X-Men dan Fantastic Four kemungkinan besar akan segera terjadi. Dengan ramalan Kang He Who Remains yang mengatakan bahwa Kang dalam jumlah yang tak terbatas akan muncul, hal tersebut dapat mengarah ke perang multiverse berikutnya. Kemungkinan Marvel Studios berencana akan mengangkat kisah komik Secret Wars, di mana ada kemungkinan Marvel akan mengangkat versi cerita Jonathan Hickman, yang sangat bergantung pada Fantastic Four dan Doctor Doom.

Mempertimbangkan semua hal ini, dan menggabungkannya dengan apa yang sudah dikonfirmasi oleh Marvel Studios, sepertinya aktor Jonathan Majors akan memiliki banyak proyek MCU kedepannya. Kang tampaknya akan muncul di Loki season 2, Ant-Man and the Wasp: Quantunmania, dan juga sangat mungkin memiliki peran di film Fantastic Four atau X-Men. Bahkan jika Majors tidak melakukannya, ada banyak varian Kang yang bisa muncul kapan saja. Kita berdoa saja semoga saja Marvel Studios segera memberikan kabar terbarunya mengenai Fantastic Four dan X-Men versi MCU dalam waktu dekat ini.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.