Dengan selesainya serial Loki season 1, para penggemar menyaksikan kejadian luar biasa di Marvel Cinematic Universe, di mana multiverse akhirnya pecah. Serial Loki awalnya menceritakan bahwa Timeline Suci diciptakan oleh Time-Keepers dan dijaga oleh Time Variance Authority, seiring berjalannya enam episode Loki, penggemar dikagetkan bahwa Time-Keepers adalah sosok palsu yang diciptakan oleh sosok besar di Marvel Universe yaitu Kang. Namun, Kang di sini adalah salah satu varian Kang, yang jika dia tidak ada makan multiverse akan pecah dan Kang lain yang lebih berbahaya akan muncul.

Selain memperlihatkan perkembangan karakter Loki, secara keseluruhan serial Loki season 1 juga bertujuan untuk membentuk fondasi konsep multiverse yang akan menjadi tema utama pada masa depan MCU. Dengan banyak karakter baru dan seluruh peristiwa perubahan multiverse di serialnya, cukup aman jika mengatakan bahwa Loki adalah tayangan serial paling menarik yang tayang di Disney+ sejauh ini. Loki episode 6 telah berhasil mengatur landasan untuk Loki season 2 dan masa depan MCU yang lebih luas. Berikut penjelasan ending Loki episode 6, kamu bisa membaca versi artikelnya atau melalui video di bawah ini.

Mengapa Kang Dibunuh

Keputusan Sylvie untuk membunuh varian Kang He Who Remains mungkin merupakan salah satu peristiwa penting di serial Loki, karena hal tersebut telah mengakibatkan pecahnya multiverse dan memungkinkan varian Kang lain yang lebih berbahaya muncul pada masa depan MCU. Namun, belum begitu jelas apa motif Sylvie untuk mengambil keputusan besar tersebut. Kemungkinan Sylvie melakukan hal tersebut karena dendamnya yang sangat besar kepada penanggung jawab TVA, karena TVA telah merenggut masa kecil Sylvie sekaligus menghapus timeline-nya beserta semua isi di dalamnya.

Mengapa Mobius Hilang Ingatan

Hubungan Loki dan Mobius merupakan salah satu bagian menarik di serialnya. Namun, setelah Sylvie membunuh He Who Remains dan menciptakan banyak timeline, Mobius tampaknya tidak mengenali sahabatnya tersebut. Dan hal yang lebih mengejutkannya lagi adalah patung Time-Keepers telah berubah menjadi patung Kang, yang mengindikasikan bahwa Kang sekarang adalah pemimpin sebenarnya di TVA. Mobius yang tidak ingat Loki sepertinya merupakan salah satu efek dari kacaunya multiverse, sehingga tercipta timeline di mana Mobius tidak pernah bertemu Loki sama sekali.

Penjelasan Tentang Patung Kang

Selain kejadian luar biasa di mana multiverse pecah, sepertinya patung Kang yang menggantikan patung Time-Keepers di akhir Loki episode 6 adalah kejadian yang tidak kalah mengejutkannya. Walaupun waktu yang dihabiskan Loki di istana Kang He Who Remains tidak lama, tetapi ramalan Kang HWR tentang kemunculan varian Kang lain yang lebih berbahaya, langsung terbukti bahkan sebelum Loki sempat memperingatkan Mobius. Dengan Kang yang sekarang terang-terangan memimpin TVA, tidak diragukan lagi bahwa dia akan menghadirkan banyak masalah bagi para pahlawan MCU kedepannya.

Kemungkinan Plot Loki Season 2

Mid-credit Loki episode 6 mengungkapkan bahwa akan ada Loki season 2. Namun ke mana arahnya season 2 nanti? Setelah Sylvie membunuh Kang HWR, sejauh ini hanya Loki utama satau-satunya yang mengingat semua kejadian di season 1. Kemungkinan season 2 nanti akan menceritakan lebih lanjut tentang hubungan Loki dan Sylvie, setelah Loki dilempar ke TVA. Loki juga mempunyai tugas untuk meyakinkan sahabatnya yaitu Mobius, tentang bagaimana waktu yang telah mereka lalui bersama dan semua hal tentang kebusukan Kang dan TVA. Apakah Loki akan menyamar menjadi agen TVA? Kita lihat saja nanti.

Kematian Kang Bisa Menyebabkan Perang Multiverse

Kematian varian Kang HWR tampaknya telah memungkinkan perang multiverse untuk kembali terjadi. Di komik Secret Wars, perang multiverse disimbolkan dengan pertarungan besar antara para pahlawan dan penjahat Marvel. Dan dengan dikonfirmasinya kemunculan varian Doctor Octopus dan Electro di Spider-Man: No Way Home, dan juga kemungkinan varian Spider-Men Tobey Maguire dan Andrew Garfield, kemungkinan perang multiverse MCU menjadi sangat terbuka lebar. Sudah tidak bisa dibedakan lagi mana pihak yang jahat atau sebaliknya, semuanya hanya tentang kemenangan alam semestanya masing-masing.

Kemungkinan Penjahat Baru MCU yang Akan Muncul

Selain Ravonna Renslayer yang berhasil melarikan diri dan juga Sylvie yang ada kemungkinan akan kembali berlawanan dengan Loki, pecahnya multiverse telah membuka kesempatan untuk varian Kang lain muncul dan menyebabkan kekacauan di multiverse. Banyak varian Kang di Marvel Comics yang bisa saja muncul sebagai penjahat baru di MCU, termasuk Kang the Conqueror, Rama-Tut, Immortus, Scarlet Centurion, dan masih banyak lagi. Masing-masing dari mereka mempunyai sejarah komik sebagai musuh yang sulit untuk dikalahkan, bahkan oleh Avengers sekalipun.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.