Oda Sensei konfirmasi bahwa Sanji memiliki kemampuan dahsyat untuk bisa melihat ke masa depan, alias Sanji memiliki kemampuan ‘future sight.’ Hal ini merupakan bagian dari salah satu kemampuan Hakinya yang jauh lebih baik dari Zoro dan Luffy, yaitu Observation Haki. Seperti yang sudah kita ketahui, Haki bisa dibangkitkan dengan berbagai macam cara, seperti latihan yang sangat keras.

Hal inilah yang dilakukan oleh Roronoa Zoro dan juga Monkey D. Luffy serta Sanji. Sisanya adalah mereka yang secara tidak sadar memiliki kemampuan ini, contohnya adalah Koby (dan Luffy). Haki memang bisa dibangkitkan melalui berbagai macam cara dan juga oleh siapa saja yang ada di dunia One Piece. Tapi, hanya sedikit orang yang bisa menggunakannya dengan sangat baik.

Selain masalah penggunaanya, tidak banyak juga orang yang mampu meningkatkan kemampuan level dari Haki tersebut. Kebanyakan mereka yang memiliki Haki hanya memiliki kemampuan dasarnya saja. Haki sendiri sebenarnya terdapat beberapa level, dan untuk bisa menguasai semua level Haki ini butuh pengalaman dan juga latihan. Sanji merupakan salah satu yang mampu menggunakan level tertinggi dari salah satu Haki.

Hal ini dikonfirmasi melalui Vivrecard Databook. Menurut Databook tersebut, Sanji sepertinya memang bisa menggunakan level tertinggi dari Observation Haki untuk bisa “melihat ke masa depan.” Berikut adalah hasil terjemahannya: “Dengan membaca pergerakan tanda dan juga emosi yang ada, penggunanya bisa merasakan apa yang terjadi di sekitarnya dan menghindari bahaya yang datang. beberapa orang bisa melihat sedikit ke masa depan karena latihan yang sangat keras.”

Jika melihat beberapa contoh yang ada, apa yang diungkapkan oleh Databook memang ada benarnya. Misalnya, di arc Whole Cake Island Sanji seolah mampu membaca serangan dari Katakuri. Dan yang menariknya adalah Katakuri, yang memang memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan, juga bisa melihat bagaimana reaksi dari Sanji yang mengatakan bahwa Sanji akan menghindari serangannya.

Kemampuan melihat ke masa depan ini merupakan kemampuan yang memang dirasa pantas bagi Sanji, karena dia memang sosok yang tenang dan mampu menyatukan semuanya. Lalu, bagaimana sistem “melihat ke masa depan” ini bekerja? Sejauh ini, diketahui baru ada 2 penggunaan berbeda dari Advanced Observation Haki. Pertama adalah precognition dan sensory.

Sedangkan bagi Sanji, dia seolah mampu “menghentikan waktu” untuk sementara. Sanji mampu memperlambat waktu atau menghentikan waktu untuk mengendalikan pikiran dan otaknya, demi berpikir dengan cepat dan bertindak dengan tepat. Contoh ini bisa kita lihat saat Sanji menyelamatkan Chiffon dari Oven di Whole Cake Island, dan juga ketika Sanji menyelamatkan Chopper dari serangan Queen di Onigashima.

Kemungkinan ada lagi jenis dari Advanced Observation Haki, di mana penggunanya bisa menyembunyikan aura keberadaannya di sebuah tempat. Contohnya adalah ketika Lafitte dari kelompok Blackbeard melakukan penyusupan ke Mary Geoise, tanpa ada yang menyadari kehadirannya. Bahkan, Mihawk sendiri pun tidak bisa meraskan keberadaan Lafitte.

Juga yang paling epik tentunya adalah di chapter 998 kemarin, di mana Sanji mengatakan pada Luffy dan Jinbe bahwa dia mendengar sebuah suara aneh yang berasal dari lantai tiga gedung tersebut. Sanji kemudian memfokuskan pikirannya dan mendengar suara yang sangat menggoda begitu jelas di telinganya. Suara itu bahkan tidak bisa didengar oleh Jinbe atau bahkan Luffy.

Ada kemungkinan, di akhir cerita nanti, Sanji mungkin akan memiliki keempat kemampuan Advanced Observation tersebut dan menjadikan Sanji sebagai karakter yang ahli dalam menggunakan Observation Haki. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya di chapter yang akan datang ya Geeks!